Setelah perbincangan dengan papinya Kina, gua merasa bersyukur banget karena papinya Kina ga panik dan ngelempar gua. Bahkan papinya Kina tau suatu hal tentang perpindahan jiwa gua ini. Itu udah termasuk satu langkah gua balik ke tubuh asli.
Gua pun berjalan kembali masuk ke kamar. Lalu gua menutup pintu itu dengan sekuat tenaga menggunakan tenaga gajah yang tidak sekuat gajah. Di situ Kina masih tertidur. Aku pun merebahkan diri di dekatnya dan tertidur.
Setelah tertidur entah berapa lama, gua merasakan guncangan di tubuh gua.
"Ar, bangun, Ar. Udah sore nih."
Ternyata itu Kina yang sedang duduk di dekat gua dan lagi goyang-goyangin gua.
"Iya Ki, ini gua udah bangun. Tadi gua juga udah ngobrol sama papi lu."
"Hah? Lu ngobrol? Lu balik ke tubuh lu yang asli?" tanya Kina dengan ekspresi kaget.
"Engga. Ya begini aja.."
"Hah? Lu ngobrol begini? Papi gua sadar lu begini? Seriusan aja lu?" tanya Kina dengan ekspresi yang lebih kaget.
"Iya, gua ketauan dan ketangkep pas lagi jalan-jalan. Jadi yaudah. Udah lah Ki, itu udah aman. Papi lu ngajak kita jalan tuh."
"Hah? Jalan? Engga ah," jawab Kina tanpa pikir panjang.
"Dih.. Kenapa..?"
Tok tok tok..
"Kinaa.. Kina udah bangun?" terdengar suara papinya Kina di balik pintu.
Lalu Kina pun berdiri, turun dari ranjang, berjalan dan membuka pintu kamar. Tapi dia ga membawa gua.
"Iya udah," jawab Kina.
"Kina mau jalan-jalan ga? Sama papi dan sama Ardo?" tanya papi Kina.
"Papi tau soal Ardo?" tanya Kina.
"Iyaa.. Abisnya tadi dia jalan-jalan sendiri, jadinya ya ketauan.."
Lalu Kina menengok ke arah gua dan menggerakkan mulutnya tapi ga ada suaranya. Tapi gua tau dia pasti lagi nyalah-nyalahin gua.
Kina pun berbalik kembali melihat papinya. "Kina ga mau, Pi."
"Ayo dong Na, kita kan jarang bareng bisa punya waktu kayak gini. Apalagi sama Ardo juga."
Papi Kina berusaha merayu supaya Kina mau jalan-jalan keluar. Gua pun turun dari ranjang dan mendekat ke mereka. Gua berdiri di dekat papi Kina, di hadapannya Kina.
"Iya Ki, ayo dong.. Ini kan papi lu yang lu jarang ketemu.." kata gua berusaha merayu Kina juga.
"Ar, lu kalo mau jalan-jalan ya jalan-jalan aja berdua sana. Gua ga mau ya gua ga mau. Kalian sama aja tau ga, sama-sama ga mau ngertiin, ga mau peduli sama perasaan orang. Tinggalin aja gua sendiri di sini." Lalu Kina membalikkan tubuhnya dan membanting pintu.
Gua kaget melihat respons Kina. Kenapa tiba-tiba dia kayak gitu? Gua cuma bisa terdiam ga mengerti sama apa yang terjadi barusan.
Gua pun menengok ke samping atas, melihat raut muka papi Kina. Dia menunduk. Raut mukanya seperti ingin menangis. Dan benar aja, tiba-tiba air matanya menetes.
Papi Kina pun berjalan ke sofa dan duduk termenung di sana. Gua pun mengikuti papi Kina. Gua duduk tepat di sampingnya.
"Om, sebenernya Kina kenapa?" kata gua dengan volume yang lebih pelan karena melihat papi Kina yang sedang sedih.
"Bukan Kinanya Ar, tapi Om yang salah," jawab papi Kina.
"Emangnya ada apa, Om?
"Mungkin kamu sadar kalo Om udah ga pernah keliatan kalo kamu ke rumahnya Kina, tapi kamu belum tau alasannya kenapa." jawab papi Kina dengan suara yang pelan dan terus melihat ke bawah. Lalu papi Kina terdiam sebentar dan menghela napas.
Kemudian ia lanjut berkata, "Om seharusnya balik lagi ke rumah di Jakarta, tapi Om sekarang udah ga bisa balik lagi."
"Gapapa ya Ar, Om cerita gini. Ardo ambil pelajarannya aja ya. Jangan sampe kayak Om."
"Iya Om, gapapa,"
"Sebenernya Om ke Malang cuma untuk ngurusin kantor cabang yang baru. Rencana awalnya Om di sini selama sebulan, tapi setelah sebulan Om blom balik ke Jakarta. Pas itu Om juga jarang kasih kabar ke maminya Kina. Entah gimana caranya, maminya Kina tau kalo di sini Om punya hubungan sama orang lain. Di situ, maminya Kina marah dan ga ngebolehin Om balik ke rumah. Om udah coba balik ke Jakarta, tapi diusir sama maminya Kina. Lama-kelamaan Kina juga tau masalahnya dan sejak saat itu Kina ga mau ketemu Om lagi."
Mendengar cerita papi Kina, gua menyadari sesuatu. Gua tau kenapa Kina mati-matian ga mau gua pergi jauh, apalagi ke Malang.
"Terus sekarang Om sama mami Kina udah..?" Gua pun menggerakkan kedua tangan kecil gua, mendekatkan dan menjauhkannya, membentuk gestur berpisah.
Di situ, papi Kina langsung menjawab, "Cerai? Om sama mami Kina ga cerai sih. Menurut Om ga ada kata cerai dan rasanya mami Kina juga setuju. Tapi ya walaupun ga cerai, tetep aja kami udah ga ada kontakan."
"Terus akhirnya Om sama yang di sini gimana?"
"Om tau Om salah. Gimana pun juga, istri Om ya maminya Kina. Om ga bisa lanjutin hubungan sama orang itu. Nikah itu komitmen satu kali seumur hidup dan Om udah ngerusak itu. Om ga mau tambah ngerusak komitmen itu lagi dengan ngelanjutin hubungan sama orang itu. Jadi, om selesain hubungan Om sama orang itu dan ga pernah kontakan lagi."
Menurut gua, papinya Kina memang salah, tapi dia pria yang berani ngakuin kesalahannya. Gua sangat ngehargain keputusan dan prinsipnya di samping apa yang udah dilakuin papi Kina. Tapi mau gimana pun juga, Kina pasti kecewa banget tau papinya selingkuh dari maminya. Bahkan gua pun juga ga pernah nyangka karena yang gua liat papinya Kina itu baik dan sayang banget sama mami Kina. Sedih sih ngebayangin Kina dan maminya yang harus menghadapi kenyataan ini.
Lalu papi Kina pun menatap ke samping, ke arah gua. Lalu papi Kina memanggil gua, "Ar.."
Gua pun juga menengok ke samping dan menatap papi Kina.
Papi Kina lanjut berkata, "Ardo sayangin dan jagain Kina baik-baik ya. Ya memang masih jauh sih, tapi kalau kalian nanti sampe pernikahan, kalian jaga komitmen itu baik-baik ya. Om percaya sama Ardo."
"Amin, Om. Doain kami terus ya Om, supaya bisa langgeng. Apalagi pas sekarang ini harus jalanin LDR."
"Kalian bakal LDR? Oh iya, ngomong-ngomong ngapain kalian ke Malang? Ardo atau Kina yang bakal kuliah di sini?" tanya papi Kina.
"Aku diterima kuliah di UM, Om. Jurusan psikologi."
"Ohh psikologi UM, bagus itu. Salah satu jurusan favorit di UM itu," kata papi Kina. "Semangat ya nanti jalanin LDR-nya."
"Iya makasih, Om. Yang penting sih ini aku balik ke tubuhku dulu. Kalo engga mah aku ga bisa kuliah, Om."
"Coba kita tunggu besok pagi ya pas kamu bangun. Sekarang kamu mau ikut keluar ga beli makan?" tanya papi Kina.
"Aku ga perlu makan Om, kan aku boneka."
"Oh iya ya bener juga. Yaudah kita beli bungkus buat Kina sama Om juga mau bungkus biar makan bareng nanti." kata papi Kina.
"Okee, Om.."
Lalu papi Kina membawa gua, mengambil kunci mobil, keluar dari rumah, dan masuk ke mobil. Papi Kina menaruh gua di kursi depan sebelah kursi pengemudi. Lalu ia mengenakan sabuk pengaman ke gua. Lalu ia menyalakan mobil.
"Om.."
Papi Kina pun menengok ke arahku dan berkata, "Yaa, Ar?"
"Ini aku cuma bisa liat langit.."
"Oh iya yaa.. Om taruh kamu di atas sini aja ya.." kata papi Kina sambil mengangkat gua dan menaruh gua di dekat kaca depan. "Gapapa ga pake seat belt?"
"Gapapa Om, aku jatoh juga ga kenapa-kenapa. Kan aku boneka."
"Ahahaha ada untungnya ya jadi boneka," kata papi Kina.
Lalu papi Kina pun menjalankan mobilnya dan kami pergi mencari makan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Boneka Berjiwa
Teen FictionSinopsis: Perasaan tumbuh seiring teman masa kecil ini beranjak remaja. Namun, mereka harus terpisahkan oleh jarak. Harapan pun mulai memudar dari hubungan mereka. Tetapi saat mereka berjauhan, tiba-tiba boneka yang diberi Ardo kepada Kina menjadi h...