PROLOG
-
Sebelum mulai membaca, diperingatkan bahwa cerita ini sepenuhnya fiksi, tidak nyata, juga merupakan acuan yang sepenuhnya salah untuk menggambarkan dunia nyata.
Banyak kejadian di cerita ini yang terinspirasi pada kejadian nyata bahkan kisah di kitab-kitab suci, namun bisa dipastikan semua itu hanyalah versi fiksi dan yang telah diubah, dipelintir, dibengkokkan.
-
Prolog ini akan menceritakan lebih detil apa-apa saja yang tidak akan banyak dibicarakan dalam cerita utama namun sebenarnya cukup penting. Kamu bisa melewati bagian prolog ini karena hal-hal di prolog akan dibahas singkat di dalam cerita, namun mungkin kamu tidak akan tahu dengan detil tentang hal-hal yang dibahas di bagian ini.
-
1. ORANG-ORANG SPEZ
-
Di banyak cerita di dunia, dapat dikenali beberapa orang yang konon berkemampuan unik dan seperti tidak nyata. Pada awalnya, banyak yang menyangka itu bohongan, namun lama-kelamaan manusia telah menyadari ada banyak individu unik di dunia yang kemudian disebut dengan Orang-orang Spez.
Penemuan para Spez sebenarnya bukanlah hal baru, banyak yang telah mencatat keberadaan mereka. Namun, karena kurangnya bukti ilmiah pada catatan-catatan itu, keraguan besar timbul dan pada akhirnya mayoritas manusia cerdas tidak mempercayainya, atau setidaknya tidak sepenuhnya. Penelitian yang lebih jelas baru dilaksanakan pada tahun 1944 oleh seorang ilmuwan, Profesor Willem Morgenn, yang kemudian membuka semua mata di dunia akan keberadaan Orang-orang Beson yang ternyata benar-benar ada-dari penelitian ini pula didapat nama Spez, yang diambil dari bahasa Jerman: speziell
Mula-mula Profesor Morgenn mengumpulkan banyak tahanan perang, kemudian menyeleksi mereka yang mempunyai kemampuan spesial, selanjutnya ia menguji mereka dengan metode yang agak keji namun menghasilkan hasil yang benar-benar mengagumkan. Para tahanan yang ia teliti mempunyai berbagai kemampuan yang sangat variatif: terbang, regenerasi super, menciptakan api dari kehampaan, mengendalikan struktur atom, bahkan menembus dinding. Ia menguji mereka semua lalu meneliti cara kerjanya. Bagaimana mereka bisa terbang? Mereka mengendalikan angin di sekitar; bagaimana mereka membuat api tanpa bahan bakar? Mereka mempunyai kulit khusus yang dapat terbakar kapanpun mereka mau; dan seterusnya. Itu semua dilakukan saat perang: diniatkan untuk menjadi senjata biologis, namun negaranya kalah sebelum sempat mengaplikasikannya.
Karena tujuan awalnya tak mungkin diwujudkan setelah pelarangan senjata biologis dalam perang pada tahun 1946, alur dan hasil penelitian itu pun berakhir dipublikasikan untuk publik dalam sebuah buku berjudul bahasa Inggris "Spez the Specials" yang membuka mata dunia dan menjawab berbagai kejadian aneh juga melengkapi berbagai penelitian sebelumnya. Dari sana, berbagai penelitian mulai bermunculan di dunia terutama di Eropa dan Amerika Utara: membuka berbagai pandangan baru pada subjek penelitian terlebih di bagian bagaimana tubuh mereka bekerja.
-
Banyak penelitian telah dilakukan oleh berbagai ilmuwan di dunia, dan pada masa kini mereka telah mengelompokkan manusia-manusia Spez menjadi beberapa kelompok, diantaranya berdasarkan cara penggunaan kemampuan, apa kemampuan mereka, dan berapa jumlah kemampuannya.
Berdasarkan cara penggunaannya, mereka dibagi menjadi tiga jenis besar, yaitu pemancar, pengubah, dan campuran. Spez pemancar memancarkan gelombang unik-spesifik saat menggunakan kemampuan unik mereka, biasanya berkemampuan untuk mengendalikan objek sekitar; sementara pengubah merupkan orang-orang Spez yang mengubah atau memodifikasi bagian-bagian tubuhnya saat menggunakan kemampuan mereka, biasanya mereka adalah orang-orang Besen yang berkemampuan mengubah bagian tubuh atau mengeluarkan sesuatu dari tubuh; orang-orang Spez campuran merupakan mereka yang menggunakan kedua cara di awal secara bersamaan, biasa ditemukan pada yang mempunyai banyak kemampuan. Dan jika ingin lebih spesifik lagi, bisa ditemukan jenis seperti pra-pengubah yang perubahan tubuhnya terjadi sejak lahir dan tidak bisa berubah.
Berdasarkan kemampuannya, dibagi menjadi tiga, yaitu pengendalian, organ unik, dan pengubahan tubuh. Pengendalian merupakan kemampuan untuk mengendalikan materi-materi di sekitar, seperti membuat benda melayang dan mengubah bentuk benda; organ unik berarti mempunyai organ-organ tambahan diluar manusia biasa, seperti insang, selaput, dan tanduk; sementara pengubahan tubuh adalah kemampuan untuk mengubah-memodifikasi tubuhnya, seperti menumbuhkan cakar atau tanduk.
Jika merujuk ke seberapa banyak kemampuan yang dimiliki seorang Spez, mereka dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu homoskill dan heteroskill. Homoskill merupakan sebutan bagi mereka yang hanya memiliki satu kemampuan unik, sementara heteroskill adalah golongan yang berisikan para Spez yang memiliki lebih dari satu kemampuan unik. Untuk para Spez heteroskill sendiri, jumlah mereka jauh lebih sedikit dari pada mereka yang hanya punya satu kemampuan, perbandingannya sekitar satu banding seribu.
-
Dahulu, orang-orang Spez jarang ditemui atau jarang diketahui, karena mereka sendiri yang tidak mau menunjukkan kemampuan mereka: mereka takut dikira sebagai penyihir, apa lagi yang hidup di Eropa. Namun sekarang, walau masih banyak diskriminasi di sana-sini, tapi sudah banyak yang menerima keberadaan mereka terlebih setelah banyak organisasi kemanusiaan yang menunjukkan perhatiannya pada mereka. Meski begitu, tetap banyak rumor buruk bermunculan, salah satunya adalah menghilangnya para Spez berpotensi yang kerap terdengar. Sayang, rumor itu benar, banyak dari mereka yang berpotensi bahaya atau manfaat telah dikirim paksa ke tempat yang tidak diketahui banyak orang: tempat yang dibina langsung oleh PBB, Spez Shelter. Tempat itu diketahui banyak orang, tapi banyak orang yang dimaksud bukanlah khalayak umum.
KAMU SEDANG MEMBACA
Freak Show: The Family
Mystery / ThrillerKeluarga, beberapa orang menyebutnya sebagai harta yang paling berharga dalam hidup mereka. Namun, bagaimana kalau semuanya telah terencana? Bagaimana kalau semua yang terjadi: tangis, tawa, gembira, dan sedih adalah skenario besar hasi rancangan pi...