❝ Happy Reading ❞
Andra Pov
"Yuk nikah sama saya."
"..."
Jangan kaget, gue aja gak kaget. Ini mah udah jadi makanan gue sehari-hari. Ngajak nikah kayak ngajak ngopi. Ngajak pacaran kayak ngajak beli bakso. Segampang itu emang didunia sekarang.
Ya resiko, gue gak mau sombong atau gimana-gimana. Gue ini guru baru di SMA Tigawarna. Umur gue baru jalan dua puluh tujuh sih. Ya belum tua-tua banget kan. Gue punya muka ganteng, ini katanya sih. Gue gak mengakui tapi kalo iya gue bersyukur dikasih muka kayak gini.
Gue guru bahasa Indonesia, yang dipindah tugaskan di SMA ini. Tentang kepindahan gue dua minggu yang lalu tentu aja ini sekolah pada heboh. Kebanyakan siswinya yang heboh.
Ya gue maklumin, soalnya disekolah sebelumnya juga kayak gini. Tiap ngajar dikelas-kelas, godaan, rayuan itu gue denger. Gak muak sih, cuma gue akui mereka agak alay. Tapi gapapa, kan maklum masih masa-masa pubertas.
Oh iya gue belum nikah ya. Gatau dah, kenapa gue gak minat nikah. Padahal temen-temen gue udah pada gendong bayi, gue mah gendong kucing gue aja.
Gak ada kepikiran buat nikah, kenapa ya itu.
Mungkin gue mau mapan dulu kali ya, beli rumah, beli mobil, beliin kucing gue royal canin. Karena gue masih guru honorer disini, nyesek kan, tapi gapapa gue jalanin aja. Kalo rejeki mah ada aja.
Kayak sekarang nih, tiba-tiba gue dikasih coklat sama murid didik gue. Katanya hari ini hari valentine. Apaan lagi coba itu. Gue terima kok. Nanti bisa gue kasih ke mama atau adek gue.
Gue bisa dibilang guru gaul, ya gue gak mau jadi guru jadul. Gimanapun perkembangan dijaman sekarang tuh melejit banget. Gue juga jadi guru harus bisa ngimbangin murid gue. Biar kagak ngebosenin juga kan.
Itulah biodata singkat gue. Sekarang gue mau ngelanjutin ngajar setelah tadi sempat tertunda gara-gara ada yang ngajak nikah tadi. Itu murid gue cewe, emang anaknya blak-blakan.
"Pak kenapa ada bahasa Indonesia? kenapa kita gak pake bahasa purba aja?" celoteh murid cowo yang duduk dibelakang sendiri.
Gue baru juga masuk kelas, belum juga pantat gue panas duduk dikursi ini. Udah ditanyain pertanyaan nyeleneh begini. Gue ngeliat ke murid cowo yang lagi cengengesan.
Namanya Dericko River.
Panggilannya River. Gue cuma tau namanya aja. Gue ngajar di sebelas dua ini seminggu dua kali. Dalam empat kali pertemuan di dua minggu ini, gue gak begitu ngeliat itu anak.
Katanya emang anaknya jarang masuk gitu. Hari ini aja katanya ada keajaiban dia mau masuk sekolah, katanya pengen ngeliat gue. Gue liat-liat mukanya kayak anak bangor gitu.
"Yakan manusia makin pinter, jadi ya harus ada perkembangan dong." jawab gue agak ngasal, gue udah lupa jawabannya apa.
"Kalo saya belajar bahasa purba sama bapak bisa gak?"
"Kamu liat sekarang, saya keliatan kayak manusia purba kah?"
"Waduh..." River ketawa ngakak, seakan-akan gue ini lelucon. Baru juga masuk, udah bikin gue gak begitu suka sifatnya. Tampangnya juga tengil.
"Yaudah ya, sekarang kita ke materi. Tolong dibuka buku paketnya."
"Pak." River ngacungin tangan kanannya. Gue ngehela napas dan balik badan buat natap anak itu. Pantes gue tadi jatuh dari kasur, ternyata ada makna tersembunyi dibalik itu semua.
"Kenapa?"
"Buku paket Bahasa Indonesia itu yang warnanya apa? ijo bukan?" tanya sambil ngobrak-abrik tasnya.
"Kan ada judulnya itu River."
"Iya saya bawa tiga buku paket Bahasa Indonesia. Ada warna biru, merah, sama kuning. Tapi kok punya Adhes warna ijo?"
"Kamu ngapain bawa buku paket banyak itu." gue ngedeket ke meja River dan Adhes. Ngeliat jejeran buku paket Bahasa Indonesia yang dibawa River.
"Astaga River, ini buku paket SMP. Ngapain kamu bawa itu?"
"Loh iya pak? waduh saya tadi asal ngambil aja dimeja. Hehe."
"Lagian buku paket itu dikembaliin diperpus, ini dulu gak kamu kembaliin ya?" tuduh gue.
"Perpus SMP dulu bau kaos kaki pak. Gak sanggup saya."
Anjirlah.
"Yaudah, gabung dulu sama Adhes."
"Gabung sama bapak aja deh. Bapak kan punya itu bukunya." tawar River.
Gue natap tajam River, bener-bener dah ini anak. Baru kali ini loh ada yang kayak gini. Gue tuh males sebenarnya ngajar modelan begini, tapi gimana udah tugas gue. Sabar juga gak bisa keknya.
"Yaudah, kamu kedepan. Kamu yang ngajar temen-temen kamu pake buku paket saya, biar saya gabung sama Adhes. Gimana?"
"Loh... saya kan belum jadi guru pak." elak River.
"Ya makanya, udah kamu gabung dulu sama Adhes." kata gue mutlak.
Jadi guru itu emang kudu punya kesabaran se kutub utara. Kalo kagak beneran dah gue jitak kepalanya River ini. Masalahnya gue guru baru, kalo ini anak ngadu, alamat kehilangan pekerjaan gue.
Gapapa Andra, lu ngajar dikelas ini cuma seminggu dua kali. Sabar-sabarin aja. Orang sabar dadanya lebar. Oke.
"Jangan berisik ya, kelas sebelah lagi ulangan." kata gue setelah nyuruh murid-murid ini ngerjain tugas tapi boleh nyontek. Gue udah ngebiarin itu, prinsip gue tuh yaudah ngajar sesuai jadwal, mau murid gue nyontek juga gapapa, kan gampang gue ngoreksinya.
Jangan ditiru, cuma gue yang boleh begitu. Aslinya mah jangan nyontek.
"Pak, saya izin ke toilet." River ngedeket ke meja gue.
"Silahkan, jangan lama-lama. Apalagi sampe keluyuran." jawab gue sambil natap River. Ternyata dia tinggi juga, kalo kita berdiri kayaknya hampir sama. Jaman gue dulu SMA gak setinggi dia ini.
"Bapak mau nitip ngga?" tawarnya.
"Ya nitip cicak toilet, udah sana River." usir gue.
"Kalo saya ditoilet ngerokok boleh ngga pak?" tanyanya dengan polos.
"..."
"Berani kamu nanya kayak gitu ke saya?" sentak gue. Ini anak beneran berani banget sama gue. Kayaknya perlu gue kerasin dikit. Bisa-bisanya izin ke gue buat ngerokok.
"Siapa tau bapak mau ngerokok bareng saya. Saya baru beli kok pak masih disegel pula."
"Mana. Coba ngerokok didepan saya sekarang." tantang gue.
"Ga ah pak nanti bapak kena efeknya, gimana kalo sebagai gantinya saya gak ngerokok, saya pinjem bibir bapak?"
"..."
tbc...
✎ nv 15/10/24
KAMU SEDANG MEMBACA
RIVER
Teen Fiction⚠️BL SHORT Jadi guru di era sekarang emang susah, bukan susah ngatur muridnya. Tapi susah ngehindari siswi yang suka heboh karena guru yang ngajar ganteng. Itu yang dirasain Andra Kamaldya, guru baru yang berparas tampan, suka berbaur sama muridnya...