Chapter 9

2.8K 437 33
                                    

Happy Reading

Saat ini memasuki era dimana gue lagi sibuk-sibuknya, setor nilai, revisi, dan hal-hal yang ngebut otak gue berasap. Bentar lagi River bakal pembagian ijazah.

Cepet ya, iyalah. Hari-hari gue selalu dikelilingi sama orang baik kayak River dan temen-temennya, ngebuat gue makin bersyukur. Emang ya kita gak bisa ngeliat sesuatu tuh dari kulitnya.

Maksud gue tuh gini, awal kenal River, awal tau seluk beluknya River, didalam benak gue tuh udah nih anak masuk ke kategori yang gue hindari. Dia kan suka bolos, ngerokok, dan keisengan dan kenakalan lainnya yang dia berbuat.

Ternyata yang diisukan banyak orang tuh gak bener, waktu gue deket sama River, dia anaknya baik, kek semangat belajarnya tuh tinggi, udah gak pernah bolos, begitu juga kawan-kawannya.

Bahkan mereka pernah, kayak ngumpulin donasi di lampu merah buat beberapa kawan mereka yang kena musibah. Makin terenyuh guenya.

Anak yang luarnya keliatan nakal, urakan, justru dia bisa memanusiakan manusia.

Gue tersenyum dalam hati ngebayangin gimana kehidupan mereka, atau lebih tepatnya kehidupan River setelah ini. Dia sih katanya mau daftar sekolah kedinasan. Keren kan.

Satu sisi juga gue ngerasa agak kosong, karena setelah River keluar dari sekolah ini. Gue akan menjalani hari-hari seperti awal, seperti awal sebelum River datang.

Gue bisa gak ya.

Ngebayanginnya ngebuat gue makin pusing, sekarang gue hendak jalan ke parkiran motor buat ngambil tas. Sampe disana ada gerombolan anak, yang lagi ngerokok. Kok berani banget sih mereka.

"Jagoan kah kalian? ngerokok disini udah merasa jagoan?" sindir gue.

"Emang jagoan pak, mau adu sama saya gak?" celetuk salah satu yang duduk diatas motor guru. Kayaknya bosnya.

Senakal-nakalnya gengnya River, mereka gak pernah sejagoan mereka ini. River masih ngehargai gurunya.

"Saya ngerasa gak ada harganya ya disini, saya ini guru kalian loh."

"Lah kan emang gak ada harganya, guru mah seharusnya ngasih contoh yang baik, ini malah ngehomo cuih."

"Lubang memek masih enak pak, milih yang kek pentungan hansip." sahut yang lainnya diiringi ketawa.

Berita tentang gue sama River sebetulnya masih jadi rahasia gue. Tapi karena tingkah River setiap harinya, rumor yang menjadi fakta itu mulai kedenger diseluruh warga sekolah.

Sebetulnya gue bodo amat, ini urusan gue bukan urusan mereka, tapi ini menyangkut jabatan gue, jabatan gue sebagai guru yang jadi contoh buat muridnya.

Beberapa kali gue dipanggil ke ruangan kepsek, ya gue jelasin sejujurnya kalo ya emang bener kayak gitu. Tapi gue gak nyoba nunjukin sisi itu ke dalam pembelajaran kok.

Berkat River gue gak dikeluarin dari sekolah. River yang nanggung semua, dia gak pernah peduli sama omongan orang. Gue beneran salut.

"Buang itu semua rokoknya, sebelum saya laporin ke BK?" gue memicingkan mata supaya ngeliat bed nama mereka, dan mereka pinter banget, bed nama dan kelas mereka dilepas.

"Sok asik banget dah."

"Saya ini guru, saya negur kalian supaya kalian semua ini gak makin keseret ke ruang BK. Kurang baik apa saya?"

"Udahlah pak kalo mau nih, gausah cepu-cepu kek gitu." gue malah dilempari rokok. Harga diri gue ilang seketika.

Karena kesulut emosi, gue ngedeket ke mereka dan ngambil rokok-rokok yang ada ditangan mereka. Bahkan tangan gue kesudut sama rokok.

"Apasih pak, dih main ngambil aja, orang kita beli pake duit kita sendiri."

"Mending gausah sekolah kalo disekolah kelakuan kalian kayak gini. Ada anak yang pengen sekolah, tapi kalian malah nyia-nyiain itu."

"Basi basi, balikin dan rokok kami."

"Gak. Ini bakal saya bawa ke BK." gue hendak pergi dari parkiran, tapi tangan kiri gue ditarik paksa, ngebuat gue mundur dan kehilangan keseimbangan, berakhir gue terjerembab di semak-semak.

"Ini gak ada urusan sama bapak. Daripada saya bikin hancur muka bapak, mending kesiniin rokoknya." ancam cowo ini, tubuh dia bongsor, apalagi sekarang pantat gue sakit banget kayak ketusuk rating. Tapi tangan kanan gue masih ngegenggam rokok itu.

"Gak, kalian pelajar, ini gak bener."

"Bacot banget, cipok aja dah Ren." sahut temen-temennya.

"Gak sudi anjing, pasti mulutnya bekas ngokokop kontol." cowo ini mandang gue hina, entah ya gue sakit hati banget digituin sumpah.

"Najis."

"Dia tuh sebenarnya pengen rokoknya aja Ren, kasih aja lah, keliatan banget ngemisnya." timpal yang lain.

"Ambil dah pak ambil, nih koreknya juga." gue dilemparin lagi korek tepat di dada gue. Sakitnya dobel.

"Dah ya, kita udah gak ada urusan lagi, kalo masih dendam calling-calling saya." ucapnya terakhir kali sebelum mereka semua ketawa dan pergi ninggalin gue diposisi kayak sekarang. Gue menyesal, kenapa gue gak bisa setegas itu, kenapa gue gak nyoba ngehindar, kenapa gue nyoba melindungi diri.

Gue takut, ada banyak berita kalo guru yang nyoba ngedisplinin muridnya malah gurunya yang dijadi pelaku. Gue masih belum ngebahagiain mama.

Gue bangkit sambil nahan tangisan penyesalan gue, dan duduk dibangku semen yang tersedia di depan parkiran guru. Nunduk sambil meratapi nasib, dan mikir kayaknya gue gak cocok jadi guru.

"SAYANGKUUU." teriakan seseorang yang gue kenal mendekat ke arah gue, dan buru-buru gue ngusap mata gue yang sempat berair.

River, dia datang dengan senyuman lebar. Gue harus berusaha senetral mungkin, meski gue gatau rupa gue sekarang kayak gimana.

"Saya cariin bapak muterin sekolah, ternyata disini."

Gue cuma menanggapi dengan senyuman kecil dan masih nunduk, gue gak mau ngeliatin mata gue yang entah makin berair.

"Mau makan apa? biar saya beliin pak."

"S-saya masih kenyang."

"Eh pak Andra?" River narik pelan dagu gue, ngebuat gue mendongak natap mata sipit River. Jatuh perlahan dah air mata gue. Gue gak bisa nahan, sakit banget perlakuan mereka barusan.

"Loh loh kenapa? heh pak Andra kenapa?" suara kepanikan River terdengar.

Sedangkan gue cuma bisa ngegelengin kepala sambil nangis. Lemah banget ya gue, sama murid yang seharusnya gue bisa tegas malah gue yang tertindas.

"Siapa? bilang sama saya." suara River kembali, namun sekarang seperti emosi yang tertahan, tangannya tergerak ngusap air mata gue.

Jawaban gue masih geleng-geleng aja, gue gak mau ngebuat masalah lagi. Gue makin ngerasa cupu kalo selalu dilindungi sama River, yang seharusnya River jadi tanggung jawab gue.

"Saya tau." ujar River, ngebuat gue natap matanya dengan terkejut.

"Maksud kamu?"

"Tenang ya, saya bakal ngelindungin pak Andra dari apapun. Sekarang pak Andra pilih kanan atau kiri."

"Apanya?" bingung gue.

"Ini loh pak, mau dicium di pipi yang kanan atau yang kiri?" River malah ngegodain gue, gimana gue gak senyum dibuatnya.

"Atau dua-duanya nih?"

"Apasih, udah ah." sela gue.

"Wahaha salting cuy beliau ini. Eh saya kebelet berak pak. Bentar yaa, abis ini saya bawain soto kesukaan pak Andra. Tunggu ya.."

River tiba-tiba langsung lari ninggalin gue. Gue pun agak tenang, semoga aja River gak sadar, dan mulai sekarang gue harus lebih tegas sama murid gue.

tbc...

✎ nv 7/11/24

RIVER ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang