3. Saat Dia Menggenggam Tanganku Erat

4 0 0
                                    

Semenjak peristiwa bersejarah nan malu-maluin itulah (thanx to Heri si usil!). Sekarang ni aku mesti nahan lebih dari sorot aneh mata anak-anak. Mereka seakan punya ide baru buat nambahin dosis pusat perhatian ke diri aku. Seakan bertekad buat ngebuat aku nambah bête soalnya tiada hari yang mesti aku jalanin tanpa dengerin kata-kata, "Adeuu, Asep ma Naya! Bagaikan Sharmila & Erlangga euy!" (Buset dah aku disamain ma kisah di sinetron dangdut SCTV!)

Nice. Rasanya aku pengen banget ngelontarin hujan kutukan pas para warga 3D uda sukses nyampein gossip antara aku + Asep ke telinga para guru. Beliau-beliau jadi suka sengaja ngejadiin aku & Asep objek contoh kasus, kaya yang dilakuin pa Tatan (guru biologi), yang eksis nyebut namaku & Asep pas nerangin bab reproduksi. Ato pa Nandang (guru agama) yang nyinggung nama kita berdua pas nyinggung bab munakahat sekilas.

Tapi ga da guru yang ngerespon hal ini dengan ekspresi sedemikian happy ngelebihin pa Kunrat. Dengan perantara gossip antara aku & Asep itulah, pa Kunrat seakan sengaja ngatur frekuensi aku + Asep berdua jadi lebih sering. Pa Kunrat juga iseng becandain aku & Asep waktu kita belajar Seni Rupa yang diajarnya. Nyiptain kemungkinan nama anak aku & Asep nantinya, Sepnia, gabungan nama kita berdua. Walah, lagi-lagi se3D heboh berat, itu bibir pada ngakak aja. Ninggalin aku yang cuma bisa mesem sambil gondok. Ngebuat Maurin-partner nya Asep kegirangan, langsung ngoretin kata Sepnia di bangkunya pake tip-ex, buat godain cowo itu. Yang otomatis bikin Asep mencak-mencak kaget, riweuh buru-buru mupusin kata itu.

Aku kadang heran juga kenapa pa Kunrat ko bisa baek banget ma aku. Apa yang ngebuat beliau begitu care. Kadang, pas pulang sekolah aku & Asep sengaja dipanggil ke ruangannya, ato sekedar nangkring di Koperasi sambil ngobrol & becanda. Kadang, beliau juga tanya gimana keadaan keluarga aku. Aku jadi ga bisa nahan curiga kalo ibuku yang baik itu punya peranan gede dalam hal ini.

Masalahnya, waktu aku didaftarin ibuku ke SLTPN Ciwidey ini, aku dikasi tau kalo jatah murid kelas 3 uda penuh banget. Tapi ibuku keukeuh pengen masukin aku ke sekolah ini juga. Alesan jarak sekolah yang lebih deket rumah, jadi motivasi utama ibu buat merjuangin masuknya aku ke sini. Bahkan, ibu juga (bikin aku miris dengernya) bongkar kartu cerita tentang masalah keluarga yang ngebuat aku wajib hijrah dari Cimahi ke Ciwidey. Cerita (yang uda didramatisir abis), kalo aku ditinggalin ayah. Mereka uda cerai (padahal cerita aslinya mah ga gitu banget). Dan aku cuma bisa nunduk aja ga berdaya di TU, dihujani ma tatapan bernada kasian dari para staf TU yang akhirnya janji kalo mereka bakal merjuangin nasib aku di SLTPN 1 Ciwidey.

Makanya, aku ga bisa nahan curiga kalo pa Kunrat baik ke aku juga karena kasian ma nasib aku. Hmph.

Jujur aja, aku ga suka kalo cerita idup aku di korek-korek. Walo aku tau mungkin pa Kunrat cuma pengen aku curhat, ngurangin beban yang bercokol di hati, sekaligus nyariin aku jalan keluarnya. Tapi aku ga peduli. Aku tetep tutup mulut rapet-rapet, kalo pa Kunrat mancing aku buat curhat. Dan untungnya, pa Kunrat juga ga maksa aku buat cerita. Pa Kunrat cuma becanda-becanda, bareng ma Asep yang seakan uda ngejelma jadi komplotannya, bertekad buat aku happy & enjoy tiap hari. Pa Kunrat juga ngejadiin aku & Asep kandidat penerima beasiswa di 3D. Kadang, beliau sengaja traktir aku & Asep jajan baso bareng ato bahkan ngasi ongkos pulang buat kita berdua. Baik banget.

Dan, ga ada yang nyamain ekspresi happy pa Kunrat pas nanggepin gossip ter Hot antara aku+Asep, selain Asep sendiri.

Asep uda berubah jadi makin baek aja dari hari ke hari. Makin care. Dia setiap hari nyamperin aku kapanpun ada kesempatan. Pas jeda pelajaran, pas istirahat, pas kebetulan dipanggil pa Kunrat waktu pulang sekolah buat nyamperin ke ruangannya, pokonya pas kapanpun.

Asep ga pernah keabisan ide buat sekedar nanya ,

"Naya, PR ekonominya uda beres?"

"Naya, tugas pa Kunrat uda dikerjain?"

"Naya, uda sarapan belom?"

"Naya, pas libur ngapain aja?"

Semua hal kecil yang penting ampe ga penting pun dia tanyain. Ditambah ma senyuman yang selalu terukir di wajahnya yang perfect itu. Wadooh, bikin aku makin perang batin aja nih.

Yang bikin bete, hati aku aku ko selalu berhianat ya ma aku. Padahal aku selalu rutin ngingetin diri aku sendiri buat selalu fokus, "Liat, Asep tu kampungan tau, Asep juga (ternyata) cuma anak supir!" Aku yang akhir-akhir ini sering interaksi ma Asep, jadi tau kalo nenek moyang Asep tu asli dari keluarga petani, walo bapa nya supir. Semua itu harusnya bikin aku ngerasa tambah ga pantes buat kagum ma Asep.

Tapi kenapa sih, diem-diem, hati aku kegirangan kalo Asep deketin aku & ngajak aku ngobrol. Kenapa juga sih, senyumnya selalu setia nangkring di wajahnya tiap kali kita (kebetulan) ketemu mata. Uda gitu binar matanya selalu aja keliatan jelas pas kita deketan. Haduh, bikin aku ke-Gran. Sukses banget bikin aku feeling stupid!

Aku ga nyangka kalo aku bakal ngalamin hal yang bisa bikin aku tambah ngerasa stupid aja, sebelom akhirnya aku ngalamin kejadian bersejarah lain, seperti yang ini.

Di jam istirahat ini, Asep & aku lagi jalan berdua, sebelahan, balik ke sekolah. Kita baru aja fotocopy bahan tugas anak 3D mata pelajaran pa Kunrat. Asep & aku lagi asik ngobrol, pas di seberang jalan ada anak-anak berseragam SMA yang tereak-tereak godain aku. Aku, yang beberapa bulan ini uda biasa ngedepin berbagai godaan & candaan berbau ndeso kaya, "Naya manis, kenalan atuh", ato "Ih, si neng meuni geulis!", biasa-biasa aja nanggepinnya & sukses nyuekin mereka. Tapi ngga dengan Asep. Responnya bener-bener diluar dugaan.

Aku ngga tau apa yang ada di pikiran Asep pas tiba-tiba aja dia pegang tangan kanan aku erat-erat pake tangan kirinya. Dia spontan nyentakin tangan aku, ngebuat bahu aku otomatis berbenturan ma lengannya, ngebuat kita berdua jadi rempetan, ga berjarak. Dan gokilnya, aku ngedadak ngerasa anget plus damai aja dalem genggaman tangan Asep.

Rasanya aliran rasa panas yang uda dikenal, rasa malu yang ngebuat pipiku kaya jambu monyet itu ngejalar lagi di mukaku. Aliran listrik juga seakan nyetrum seluruh pundi-pundi badan aku. Aku nyaris bisa denger denyut jantungku berdentum riang diantara helaan nafas yang mulai sesek ga terkendali. Oh My, seumur-umur aku belom pernah pegangan tangan ma makhluk bernama cowo! Apalagi pegangan tangan ma makhluk manis sejagad raya kaya cowo disebelahku ini!! Ini yang namanya mimpi di siang bolong kali ya!

Di tengah rasa kaget, aku reflex dongakin kepala buat natap Asep. Cowo itu anehnya lagi ngedelikin matanya ke rombongan anak SMA yang tadi godain aku. Mukanya asli keliatan super bête. Tangan kanannya yang lagi megang fotocopian keliatan gemeteran nahan marah. Sementara anak-anak SMA yang dipelototinnya cuma ketawa ngakak dari seberang. WOW ini pertanda buruk!

Aku langsung ketakutan setengah mati. Ngeri ngebayangin gimana seandainya kalo Asep ilang kontrol terus nekat ngejadiin jalanan jadi arena perang. Mikir ke arah situ, aku balik ngetatin genggaman tangan aku ke Asep. Aku tarik tangannya buat cepet-cepet jalan ke sekolah yang jaraknya uda ga berapa jauh lagi. Syukurlah Asep nurutin aku. Kita jalan balik ke sekolah, jalan dalam diem, ampe akhirnya berhasil lewatin gerbang berlabel SLTPN 1 Ciwidey dengan selamat.

Kita terus pegangan tangan, ga nyadar uda nyuekin pandangan mata anak-anak berseragam putih biru lainnya di sekitar gerbang, yang mulutnya pada nganga ngeliatin kita berdua.

Mungkin mereka nyangkain kita lagi mesra-mesraan. Padahal aku masih tegang gara-gara insiden jalanan tadi. Asep juga keliatan masih sama tegangnya dengan aku.

Kita baru ngeh & spontan ngelepasin cengkraman tangan masing-masing pas kita berdua ngadep pa Kunrat di ruangannya.

***

Jurnal Hati Cinta Pertama NayaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang