7. Aku Ibarat Beauty Queen di Matanya

3 0 0
                                    

Romadhon tiba di akhir taun 2000 ini. Sekolah ngadain Sanlat selama 2 minggu, yang artinya ngewajibin aku & siswi muslimah laennya buat pake jilbab. Aku yang ngga punya stok baju panjang, untungnya nemu koleksi ibuku buat dipinjem.

Pagi itu, aku berangkat sekolah masih dengan mata terkantuk-kantuk. Hati ini sebenernya males-malesan kudu ngorbanin waktu tidur abis sahur. Tapi ga ada pilihan laen. Lha wong sanlatnya wajib! Jadinya abis sahur nih, sambil dengerin Ulfa Dwiyanti & Eko Patrio bawain acara "Sahur Kita" di SCTV, aku langsung bongkar-bongkar lemari buat ngambil stok baju panjang & kerudung punya ibuku yang sebelomnya uda aku incer kemaren-kemaren.

Aku berkerudung pink pucat, celana caduroy ketat putih ma kaos katun pink pucat yang sengaja aku gulung tiga perempat. Kakiku pake sepatu sandal Eagle yang sporty, tanpa kaos kaki. Hehe, aneh ya, mau sanlat apa mau ke mall nih! But, bagian tersulit dari tema fashion kali ini adalah bagian:pake Kerudung! Well, Aku belom biasa nyembunyiin rambut semi kriwilku yang uda lumayan panjang (sebahu lebih) ke dalem ciput emak-emak, sebelom ditutup lagi pake kerudung. Aku juga ngabisin waktu ampir setengah jam sendiri cuma buat maksa si kerudung supaya mau tunduk ma kepalaku, ngga menyon sana menyon sini.

Begitu masuk gerbang sekolah, ternyata suasana SLTP ku ini uda berubah jadi kaya pesantrenan aja. Anak cowo pada kompakan pake baju koko, ato kemeja rapih. Anak cewe nya jadi ngedadak anggun berjilbab semua. Aku jalan (setengah sadar setengah ngga saking ngantuknya), nyeret langkah kakiku ke kelasku tercinta. Kepalaku nunduk merhatiin lantai, asli ampir ga nahanin nih kantuknya! Aku baru aja mau ngelangkahin kaki kananku ke ambang pintu kelas D, pas di dalem sana tiba-tiba ada seseorang yang kebetulan mau ngelangkah keluar. Aku, yang setengah ketiduran langsung reflex ngerem ngedadak, berhenti buat ngehindarin tabrakan. Wajahku cuma jarak beberapa inci aja (kayanya sih cuma 2 inchi aja deh!) dari dada seorang cowo yang pake baju koko warna putih. Ngebuat aku tersentak & spontan mundurin beberapa langkah ke belakang sebagai responnya. Dan rasa kantukku pun langsung ilang seketika! Kaget berat!

"Aduh Naya, punten, saya ngga sengaja!" suara Asep masih kedengeran kaget (kalo ga mau dibilang panik). Dia juga keliatan masih shock ma insiden ampir tubrukan tadi. Tangannya reflex megangin dadanya yang pasti lagi ampul-ampulan juga tuh deg-degan kenceng. Sama kaya aku.

Aku ngga bisa jawab apa-apa, mulut ini masih kekunci. Ampuun, kok di hari pertama puasa uda ada kejadian kaya gini sih!!

"Tapi Naya cantik pake jilbab!" suara Asep uda kedengeran normal, tulus. Ngebuat aku ngedongak bengong natap dia. Ga nyangka. Sempet ngeliat ekspresinya yang bercahaya, senyum. Sebelum akhirnya, aku ngeloyor gitu aja masuk ke kelas ngelewatin dia tanpa sadar. Tanpa respon, tanpa senyum, tanpa kata!

Aku nyampe di bangkuku dengan perasaan linglung. Belum koheren ma situasi. Ya ampuun, barusan tu Asep bilang aku cantik ya?? Beneran bilang aku cantik?? Rasanya ga percaya! Belum pernah ada cowo yang nyebut aku cantik secara langsung kaya yang dilakuin Asep tadi. Ternyata rasanya luar biasa ngagetin banget! Ampir sama sensasinya kaya waktu aku & Asep pegangan tangan yang dulu itu. Hati ini ngedadak aja ngelayang-layang bahagia. Waaah, rasanya kaya mimpi deh, barusan aku baru dipuji sama cowo yang wajahnya ngalahin Keanu Reaves & matanya sekiyut Fernando Colunga!! Mimpi apa ya aku semalem, perasaan malah kurang tidur deh!

Tapi, pelan-pelan kesadaranku mulai konek. Kenapa aku malah langsung ngeloyor gitu aja ya? Ga sopan banget tau ga! Aduh, bego banget sih gue! Gimana coba kalo Asep kesinggung?!

Aku langsung natap bagian depan kelas tempat aku&Asep ampir tabrakan tadi, tapi Asep ga ada di situ. Kayanya dia uda keluar kelas. Rasa nyesel nyelusup pelan ke hati aku yang sontak was-was, takut Asep kesinggung.

Ga lama kemudian, Asep uda masuk ke kelas lagi, ekspresinya biasa-biasa aja, tetep cerah. (But, i don't know isi hatinya kaya gimana). Dia langsung duduk di bangkunya yang biasa. Aku yang tadi sempet ada niatan mau minta maaf ato say something lah ma Asep, eh malah terus membisu di tempat. Masih shock, bingung, linglung plus kaget ma situasi.

Aku bener-bener ga nyangka pujian Asep hari itu, ternyata bukanlah pujian terakhir yang bakal aku terima.

Abis lebaran & maaf-maafan ma seluruh penjuru 3D, guru & temen-temen laen kelas yang dikenal, semua anak kudu ready lagi buat belajar setelah liburan 2 minggu buat ngerayain idul fitri.

Selama liburan itu, aku uda mutusin buat mangkas rambut semi kriwilku yang bikin aku sebel, soalnya uda kaga bisa diatur lagi. Susah banget disisir seolah sisirnya itu kebelit-belit ma kriwilku (padahal ga kriwil banget sih, tapi ko mampu ngebuat aku keki berat, susah nyisir!) So, here I am, aku balik lagi ke sekolah ku dengan rambut shaggy super pendek! Haha.., aku nyaman sih, cuma emang rada ga pede aja dikit. Ga biasa. Rambut kaya gini bikin postur badanku yang kutilang (kurus tinggi langsing!) jadi tambah kaya freaky supermodel yang kena penyakit anorexia, alias tambah keliatan kurus menjuulang!

Uh, rasanya ke kurang PD anku ber shaggy pendek jadi tambah menjadi aja deh pas aku uda masuk zona 3D. Begitu aku duduk di bangkuku, anak-anak di sekitarku berceloteh ngomenin gaya rambutku yang baru.

"Naya, ih sayang banget rambutnya jadi gitu."

"Bagus rambut panjang loh, Nay."

"Naya kurang pantes atuh dipotong pendek kaya gitu teh, jadi tambah keliatan kurusnya."

Diantara riuh komenan anak-anak, aku nyaris bisa ngeliat senyum kemenangan Maurin yang ngeliatin aku dari bangku depan. Bikin aku tambah bête seketika. Manyun. Tapi anehnya, disebelah Maurin, Asep ga ikutan senyum, ekspresinya malah kaya yang kuatir ngeliatin aku. Ngebuat aku heran.

Dan seakan belum cukup, guru bahasa inggrisku pun ga mau ketinggalan ngomenin penampilanku. Bu Detty komen pas aku ngumpulin tugas bahasa Inggrisku ke bangkunya, diakhir pelajaran.

"Naya, meuni lebar rambutnya dipotong, sae keneh rambut panjang!"

Aku cuma senyum (ato lebih tepatnya lagi, maksain senyum!), ngeliat Bu Detty yang mandang aku dengan tatapan kasian banget.

Hah, jadi begitulah! Jadi jangan heran sodara-sodara, kalo di jam istirahat ini aku belom bisa pulih dari syndrome ke BETE anku. Aku duduk sendiri di bangkuku, buka buku tulisku buat nulisin kata-kata di lembar paling belakangnya. Aku bikin puisi. Udah jadi hobiku selalu ngoretin kata-kata kalo aku lagi dikepung ma berbagai emosi. Senjataku biar ngebuat diriku lega soalnya bisa ngungkapin semuanya.

Aku sempet ngeliat KM 3D jalan dari bangkunya buat nyamperin aku lagi di bangkuku yang letaknya di paling belakang kelas.

"Naya, lagi apa?" suara Asep kalem, ekspresinya juga kalem, pelan-pelan ngalirin suasana tenang nyentuh ke BETE anku. Asep udah duduk di kursi depan bangkuku.

"Nggak ngapa-ngapain Sep, cuma bikin puisi," aku natap dia sekilas, senyum singkat terus langsung musatin perhatian ke bukuku lagi.

"Oh gitu...Oiya Nay, saya suka ngeliat Naya rambut pendek kaya gini. Jadi nambah seger, nambah cantik, jadi beda lah pokoknya!" Asep komentarin semangat. Berhasil ngebuat perhatian aku sekarang terpusat ke Asep seluruhnya.

Aku ngeliat sinar mata Asep yang penuh semangat, senyumnya yang tulus. Yang ngebuat aku ga tau kenapa, ngerasa kata-kata Asep tu jujur, bukan sekedar gombal kaya cowo-cowo yang tukang ngerayu di TV. Langsung aja Im feeling better at once. Hatiku damai, terbius ma kata-kata & raut wajah Asep. 

***

Jurnal Hati Cinta Pertama NayaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang