Aku udah nyoba pasrah tentang kemungkinan putusnya komunikasi aku dan Asep buat selamanya. Nggak mau nyoba buat berspekulasi lagi. Cuma nambahin sedih aja mikirin itu. Makanya aku nggak punya ide apa yang terjadi.
Asep nyamperin aku lagi.
Siang ini Asep nyamperin aku yang lagi masukin buku pelajaran ke tas, siap-siap pulang. Kebetulan emang udah jam pulang sekarang. Kelas dari tadi heboh ngerayain ga masuknya guru biologi yang lagi sakit, (tega banget ya, ngerayain sakitnya guru!) yang artinya mereka punya waktu bebas buat having fun. Ngelakuin apa yang mereka suka (walo kita sebenernya dapet tugas ngerangkum Biologi bab 12 yang harusnya dipelajarin hari ini). Anak-anak 3D sendiri uda nyaris pada bubaran duluan dari tadi. Semi-bolos. Pulang sebelum jam resmi.
"Naya, pa Kunrat nyuruh kita berdua ke ruangannya", suara Asep yang lembut (yang aku kangenin akhir-akhir ini), spontan ngeberhentiin aktivitas aku yang lagi beresin buku.
"Oh gitu ya, kira-kira ada apa ya Sep?" aku natap dia, campuran ekspresi kangen (banget), kaget & heran.
"Ngga tau Nay, kita kesana aja sekarang yuk. Mm atau saya duluan aja kesananya ya, Naya kan masih beres-beres", Asep senyum lembut. Tapi masih ada yang aneh ma senyumnya, aga kaku, seolah dipaksain. Aku juga bisa ngeliat raut mukanya yang jauh dari cerah. Ya Alloh, Asep masih aja murung!
"Ya udah, ngga apa-apa. Ntar aku nyusul ya", aku nyoba nyantai kaya biasanya, padahal tenggorokan udah mulai kecekik nahan sedih. ASLI! aku kepengen nangis liat ekspresi Asep dari jarak dekat yang keliatan banget uda berubah 180 derajat. Asep yang biasanya hangat meledak-ledak, ko jadi melempem ga bergairah gini sih.
Asep ngangguk, dia keluar kelas duluan. Bahunya yang bidang, ngegendong tas biru kesayangannya. Langkahnya pelan.
Aku langsung beresin buku-buku aku pake kecepatan super speedy. Ini pertama kalinya aku bakal interaksi berdua lagi bareng Asep di ruang pa Kunrat, setelah beberapa minggu kebelakang. Mungkin di ruang pa Kunrat ntar aku bakal dapet jawaban pasti apa penyebab Asep jadi berubah kaya gini.
Di ruangan pa Kunrat yang lokasinya sebelahan ma ruang Koperasi, aku clingak-clinguk di depan pintu. Aku juga ga lupa ber-Assalamualaikum, dulu.
Suara pa Kunrat yang khas membahana itu, nyambut kedatengan aku, "Waalaikum salam. Hayu kadieu bungsu!"
Si bungsu tu sebutan favorit pa Kunrat buat aku, soalnya as a newcomer, aku nempatin absen paling bungsu di kelas.
Aku ngelangkah pelan-pelan, rada malu-malu. Aku emang belom pernah sepenuhnya bisa ngilangin rasa segan kalo ketemu pa Kunrat yang doyan bawa alat pemukul kayunya itu kemana-mana. (Walo alat pemukul andalan beliau cuma diperuntukkan buat mukul pantat anak yang bandel ato tukang bolos aja). Segimanapun baiknya beliau & sesering apapun frekuensi kita ketemu.
"Sok duduk didinya, di sebelah Asep". Pa Kunrat lagi duduk nyantei di kursi singgasananya yang biasa. Nunjuk kursi plastik kosong di seberang mejanya yang tepat diletakin sebelahan ma Asep, yang uda duduk duluan di jatah kursinya.
Begitu aku duduk, pa Kunrat ngejelasin ke aku dan Asep kalo kita berdua diminta nulisin rapor bayangan anak 3D CAWU 2 buat dibagiin seminggu lagi.
Abis mastiin aku & Asep ber-angguk-angguk-ria tanda ngerti, Pa Kunrat berdiri dari bangkunya, "Sok, bungsu engke ngobrol duaan jeung Asep we nya! Bapa aya perlu heula ka Ruang Guru!"
Pa Kunrat pun langsung ngeloyor pergi. Nutup pintu ruangannya. Bikin atmosfir ruangan pa Kunrat yang biasanya selalu gelap, jadi tambah gelap. Aku langsung aja dapet feeling pa Kunrat kayanya sengaja ngasih ruang privasi buat aku & Asep biar bisa ngobrol berdua.
Aku ngelirik Asep di sebelahku, mau ngeraba situasi dulu sambil nimbang-nimbang, sekarang ni sikonnya uda tepat belom ya buat ngubur kapak peperangan yang terjadi tanpa aba-aba akhir-akhir ini antara aku dan Asep. Tapi ternyata ekspresi Asep masih datar. Dingin. Bikin ciut nyali aku seketika. Akhirnya akupun milih diem aja. Ngerjain tugas pa Kunrat sambil ngerasain perasaan kecewa & marah yang nyeruak di hati.
Weleh, kayanya hari ini, momen ini, genderang perang masih bersahut-sahutan nih. Sikap Asep yang kaku itu seakan nolak bendera putih yang tadinya uda siap mau aku kibarin ke udara. Okey, kalo Asep masih betah diem-dieman, aku jabanin deh! Siapa takut!
Aku & Asep totally quiet dengan keras kepalanya. Ga ada diantara kita yang mau ngeduluin buka ajang perbasa-basian mancing obrolan. Ampe setengah jam kemudian (yang rasanya kaya setengah abad), pa Kunrat balik ke ruangannya. Beliau duduk lagi di singgasananya lagi. Pasti pa kunrat ngerasain suasana tegang antara kedua murid di depannya ini. Aku yakin itu. Soalnya, aku bisa ngerasain mata pa Kunrat nyapu wajah aku+Asep sekilas sebelum akhirnya jadi orang pertama yang mecahin kesunyian.
"Meuni sarerius kitu! Kalem we atuh kayak yang ngerjain apa aja!" suara pa Kunrat sukses nyentakin aku & Asep. Sumpee deh kaget banget!
"Bungsu, katanya sekarang udah punya pacar?" pak Kunrat nanyain aku pertanyaan yang aku ga nyangka bakal ditanyain ke aku. Buset, siapa yang tega bocorin kasus aku+Isep ini sih. Tapi sedetik kemudian aku inget satu-satunya orang yang bertanggung jawab kesebarnya gossip ini. Siapa lagi kalo bukan sang ma'comblang dadakan, Eci (yang belakangan keliatan bangga, ngerasa berjasa banget uda nyatuin aku ma Isep). Aku yakin pasti makhluk mungil itu deh biang keroknya!
Aku komat-kamit dalem hati. Gemes berat.
"Enng.., iya Pak, kayanya gitu," aku gelagepan, salah tingkah. Nggak biasa ngobrolin privasi ma seorang guru.
"Siapa namanya? Tuh Asep mau kenalan cenah," pa Kunrat ngarahin dagunya ke arah Asep.
Aku cuma bengong aja, ngelirik Asep yang sekarang ni uda nyairin suasana. Sambil becanda, Asep jawab pertanyaan pa Kunrat, "Iya pa, ntar mau saya ajakin panco".
Pa Kunrat & Asep langsung ketawa barengan.
Aku diem, tercabik. Selama ini aku selalu ngerasa pa Kunrat ma Asep tu seolah berkomplot. Bertekad buat aku seneng & nyaman jadi murid baru. Makanya mereka tu kompakan terus. Selalu keliatan sehati, walo mereka guru & murid. Aku selalu ngerasa pa Kunrat pengen ngejadiin Asep tangan kanannya, mata-mata para murid yang bermasalah (kaya aku&keluargaku yang bermasalah). Terus berupaya ngebantuin para murid itu buat keluar dari masalahnya. Psycholog style.
Tapi sekarang ini pa Kunrat & Asep ko malah berkomplot buat nyelidikin privasi aku soal cowo sih. Ini kan out of content. Aku manyun. Pikiran aku ngelantur ga tau juntrungan. Masih kebawa suasana bête waktu Asep & aku diem-dieman tadi, kayanya.
Suara pa Kunrat buyarin lamunanku lagi, "Bungsu, cenah pacar teh anak kuliahan?"
Aku narik nafas dulu sebelum ngejawab, "iya Pak, baru semester satu."
Begitu kata-kata itu meluncur keluar dari mulut aku, dari sudut mataku aku liat ekspresi Asep udah balik lagi bagaikan tokoh di judul cerita "Asep si Anak Muram". Sudut bibirnya yang tadi sempet ngukir garis tawa, berubah jadi garis lurus yang kaku. Matanya yang tadi sempet bercahaya sejenak oleh tawa, jadi kembali meredup. Aku terkesiap. Hati aku bergemuruh oleh luapan emosi.
Aduh, Sep, sebenernya what happened with you sih? Aku tu nggak ngerti!! Beneran aku nggak ngerti! Kenapa kamu nunjukin raut muka seolah kamu lagi terluka. Apa sebenernya yang bikin kamu luka. Apa aku? Apa gara-gara aku jadian sama orang lain? Atau apa?!! Kamu nggak pernah ngomong apa-apa ma aku! Tapi, aku sadar kalo selama ini, aku pun nggak pernah berusaha nanya langsung ke kamu tentang apa yang terjadi. Jadi, siapa dong yang salah??
Aku bingung !!
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurnal Hati Cinta Pertama Naya
Teen FictionPernahkah kamu ngalamin cinta pertama yang unbreakable and unforgettable? Mungkin semua ngalamin, tapi mungkin juga ga semua orang nanggepin dengan sebegitu lebaynya like I do. Tapi faktanya adalah, ternyata cinta pertama itu ada, saudara-saudara...