Pagi itu, aku lagi nyapu-nyapu keliling kelas. Mata aku konsen banget ngebidik sampah-sampah yang ada di kolong bangku.
"Naya, meuni rajin ih!", suara Asep yang khas itu ngegetin aku. Ngebuat aku dongakin kepala natap si perfect boy itu yang baru ngelangkahin kaki masuk ke kelas.
"Iya nih Sep, biasa..kalo hari Rabu kan harus ngerjain piket dulu," aku cengar-cengir jelasin ke dia.
Aku bisa ngeliat Asep senyum ke arah aku. Manis banget. Di luar dugaan, dia simpen tas birunya ke atas meja, uda gitu ngambil sapu di pojokan depan kelas. Dengan gesit dia ikut bantuin aku nyapu-nyapu di bagian kelas yang laen. Bikin aku terkesiap seketika, ngerasa ga enak "Aduh Sep, biar aku aja. Asep ga usah ngebantuin. Kan ini jadwal piket aku!"
Asep nggak ngejawab, dia cuma senyum-senyum. Tangannya terus gerak nyapuin sampah di kelas.
Ya Alloh, aku jadi gemes deh ngeliat kelakuannya. Asep, Asep, kenapa kamu tu sebaik ini sih ma aku?!
Acara nyapuku ini pun segera beres gara-gara di bantuin ma Asep.
"Naya, saya mau ke warung dulu ya. Mau sarapan," Asep senyum, nyimpen sapu terus buru-buru keluar kelas sebelom aku sempet ngucapin makasih ato ngerespon kata-katanya.
Seketika aku bengong. Ngga biasanya Asep ngga ngajakin aku ke warung bareng. Padahal kemaren-kemaren tiap kemana aja Asep mau pergi, dia pasti ngajuin penawaran ma aku, mau ikut dia apa ngga. Aneh deh.
Aku komat-kamit sendiri, nyimpen sapu ke pojokan depan kelas. Males-malesan jalan ke bangkuku yang uda di rolling jadi persis di belakang bangkunya Asep.
Ah, apa gara-gara Aan ya Asep jadi ga mau keliatan ke warung bareng aku?Asep takut Aan cemburu kali ya, kalo ngeliat aku & Asep berduaan? Ato malah Asep sekarang lagi janjian ma Aan disana? Ah, au ah gelap! Aan ko beruntung banget sih! Aku jadi ngiri sendiri.
Bel berdentang di jam 7 teng!, anak-anak juga uda komplit masuk ke kelas, pas mataku nangkep sosok Asep yang setengah lari-lari masuk kelas & segera duduk di bangkunya. Untung aja belom ada guru yang masup..
Aku cuma bisa manyun aja ngeliatin Asep dari belakang. Ngeliatin dia bongkar-bongkar buku dari tasnya, buat siap-siap nyambut Pa DX, sang guru matematika. Hati ini sewot berat. Idih, lama banget sih Asep dari warungnya, ampe jam 7 gini baru masuk. Sarapan di Bogor ya! Beneran ketemuan ma Aan nih pastinya. Seru ngobrol ampe lupa dunia! Huh!
Lima menit kemudian. Pa DX pun masuk ke kelas. Dengan cueknya, berhamburan lah rumus-rumus phi dan soal-soal latihan. Sontak bikin anak-anak mumet mabok soal.
Di jam pelajaran kedua, tibalah giliran pa Nandang yang punya kekuasaan ngedidik kita ma pelajaran agama. Gaya ngajar pa Nandang yang nyantei dan slow down bikin atmosfer anak-anak yang sempet dipuyengin pa DX akhirnya kembali berangsur normal. Pa Nandang nyuruh kita baca buku paket halaman sekian ampe sekian, karena beliau ada perlu dulu bentar ke ruang guru.
Semua anugerah ini bikin anak-anak pada beringas semangat (of course). Apapun yang berkaitan dengan absennya para guru, walo cuma bentar, akan disyukuri sedemikian rupa. Jadi, mulailah itu kelakuan anak-anak pada primitive semua. Ada yang nekat jajan di kantin, ada yang nerusin acara gossip-gosippan yang sempet kepotong tadi pagi. Ada juga yang tetep kalem, diem, kaya Cahyani & Tita ato Maurin & Asep yang milih nurut ma perintah pa Nandang. Lha kalo aku sendiri? Aku lagi khusu merhatiin bagian belakang kepala Asep diem-diem, masih ngerasa keki berat ma tu anak.
Tingkah Eci berikutnya narik perhatian aku balik ma dia. Eci nyentuh punggung Maurin dari belakang, bikin cewe berjilbab itu noleh ke arah Eci.
"Maurin, katanya waktu ke Bandung beli loose leaf baru ya? Boleh liat ngga?"
'Oh, boleh. Bentar ya."
Aku mendengus dalem hati. Dasar Ciwidey, cuma masalah loose leaf aja bisa heboh. Waktu di Cimahi dulu aku malah udah kenal loose leaf dari SD.
Eci nerima map loose leaf Maurin dengan raut muka penasaran, dia deketin map itu ke aku, "Naya, liat deh. Koleksi Maurin banyak banget."
Aduh, pliis deh!! Koleksi loose leaf jaman SD ku juga banyak banget tapi ngga usah lah didramatisir sedemikian rupa ampe dipamerin segala kan? Tapi ya udahlah. Itung-itung nyenengin temen sendiri. Aku pura-pura tertarik liat loose leaf Maurin & ikut bongkar-bongkar kertas warna-warni itu satu demi satu.
Lambar demi lembar aku liat tanpa minat yang berarti. Kadang aku nemu tulisan tangan Maurin disitu. Puisi-puisinya, ato malah gambar-gambar love bertuliskan Maurin cinta Dicky (pacarnya) bertebaran disitu. Kadang, aku juga nemu tulisan Maurin yang nulisin Asep & Aan, di gambarin juga love-love sedemikian rupa diantara tulisan Maurin & Dicky. Nice. Aku mulai ngerasa gondok & baru niat mau ngomong ke Eci kalo aku mau baca buku agama suruhan pa Nandang aja, pas tiba-tiba mataku tertuju ke satu tulisan di antara lembar loose leaf itu. Tulisan seseorang yang bener-bener aku kenal betul. Tulisan rapih, kecil-kecil dan elegan itu berbunyi, "I like a new student in my class. She's white, tall, clever & diligent. But she's aerogant."
Aku terbengong-bengong merhatiin tulisan yang satu itu. Ketika tangan Eci gerak mau buka lembar berikutnya, aku spontan nahan tangan tu anak, "Bentar dulu, Ci".
Eci langsung penasaran, "Ada apa gitu Nay? Emang lagi baca apa gitu? Tulisan yang mana? Yang ini? Pake bahasa Inggris ya? Apa sih artinya?"
Baru aja Eci ngomong gitu, dari bangku depan aku liat Asep muterin kepalanya noleh ke aku. Tatapan matanya jatoh ke map loose leaf yang aku baca. Dan saat ituah aku bisa ngeliat ekspresi Asep berubah kaget campur paham. Serasa ada bunyi klik yang nandain Asep ngerti apa yang terjadi. Mukanya perlahan berubah jadi merah.
Secepat kilat dia puter lagi kepalanya ke depan. Tangan kanannya numpu kepalanya sementara tangan kirinya nyiku lengan Maurin. Bikin Maurin heran & ikutan ngeliat ke belakang, ngeliatin lembar loose leafnya yang lagi aku buka. Dan hampir kaya Asep, Maurin juga terperangah kaget. Dia langsung tergagap minta balik loose leafnya, "Aduh Ci, Nay, saya pinjem dulu ya map nya, takut ketauan pa Nandang."
Tanpa kata, aku kasihin map itu balik ke pemiliknya.
But it's been too late. Hati aku terlanjur berspekulasi sendiri. Ya Alloh, berjuta rasanya. Di antara rasa ngga percaya, bingung, GR sekaligus seneng tapi ragu. Semuanya nyampur aduk jadi satu.
Tangan Eci gerak buka buku paket agamanya sendiri & mulai baca.
Terus aku sendiri?
Swear!! Aku ngga bisa konsen baca apa-apa lagi. Perasaan aku masih nguasain semua saraf motorik yang aku punya. Kalo feeling aku betul, kalo firasat aku tepat, barusan itu aku baru baca isi hati Asep yang bilang kalo dia tu naksir temen baru di kelasnya yang putih, tinggi, pinter dan rajin tapi sombong.
Dan si murid baru yang dimaksud itu kemungkinan besar adalah :
Aku?
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurnal Hati Cinta Pertama Naya
Teen FictionPernahkah kamu ngalamin cinta pertama yang unbreakable and unforgettable? Mungkin semua ngalamin, tapi mungkin juga ga semua orang nanggepin dengan sebegitu lebaynya like I do. Tapi faktanya adalah, ternyata cinta pertama itu ada, saudara-saudara...