08

1 1 0
                                    


Aku tahu ini berat, tapi kamu harus mendengarnya. Aku tidak bangga dengan apa yang sudah kulakukan. Kesalahan dan keputusan burukku telah membawa kehancuran besar. Sekarang, aku hanya bisa berharap, di masa depan, kamu bisa belajar dari ini dan berbuat lebih baik.

Saat wabah mulai menyebar, tak ada yang tahu seberapa parah itu akan menjadi. Kami tidak pernah membayangkan kalau sebagian besar populasi akan musnah, dan yang selamat akan bermutasi menjadi makhluk buas. Awalnya, kami mencoba menolong mereka, tapi akhirnya kami harus memilih untuk melindungi mereka yang masih manusia.

Kami juga tidak sadar bahwa kami sedang bermain sebagai Tuhan. Kami pikir kami hanya mencoba membuat obat untuk menyembuhkan mereka yang terinfeksi. Tapi yang kami lakukan malah mengubah mereka. Kami menghilangkan sisi kemanusiaan mereka dan menggantinya dengan sesuatu yang lain. Aku baru menyadari hal ini ketika semuanya sudah terlambat.

Satu-satunya harapanku sekarang adalah bahwa suatu hari nanti, kamu bisa memperbaiki semua ini. Membalikkan apa yang sudah kami rusak. Aku minta maaf atas semua penderitaan yang kami sebabkan. Semoga kamu bisa memaafkan kami.

—Dr. Mira Kline

Maya selesai membaca dan melipat surat itu kembali. Dia menatap Eli. "Jadi?"

"Itu saja?" tanya Eli. "Hanya itu yang dia tulis?"

"Ya," jawab Maya.

"Jadi, apa katanya soal obat penawar?" tanya Eli lagi.

Maya ragu sejenak. Ia tidak tahu bagaimana cara mengungkapkan pikirannya. "Dia bilang, obat penawarnya tersembunyi di salah satu laboratorium di kota," ucapnya akhirnya. Itu bohong, tapi dia belum siap untuk menjelaskan kebenaran kepada Eli. Ia berharap Eli tak akan mendesaknya lebih jauh.

Eli mengangguk pelan. "Baik, kita akan pergi dan mengambilnya," katanya dengan yakin.

"Benar," sahut Maya, meski dalam hatinya ada keraguan yang besar.

Eli menatap Maya tajam, seolah mencoba menilai apakah Maya mengatakan hal yang sebenarnya. Tapi Maya segera mengalihkan pandangannya, menghindari tatapan itu. "Ayo," katanya tiba-tiba, "kita cari makan dulu." Dia cepat-cepat berjalan menuju ruang makan, dan Eli mengikutinya tanpa bicara.

Setelah selesai makan, mereka kembali ke asrama. Di luar sudah hampir gelap, dan Maya merasa lelah. Ia berbaring di salah satu tempat tidur di sudut ruangan, tapi Eli menghentikannya.

"Maya," panggil Eli dengan nada ragu, seolah bingung bagaimana memulai. "Kamu ingat yang aku bilang tadi malam? Tentang sesuatu yang ingin aku bicarakan?"

Maya mengerutkan kening, mencoba mengingat. Tidur belakangan ini tak cukup, dan malam kemarin terasa buram. "Aku kurang ingat," jawabnya. "Apa itu?"

Eli terdiam sejenak, matanya menunduk ke lantai. Maya mulai merasakan kecemasan yang aneh di perutnya.

"Itu tentang obat penawar," ucap Eli akhirnya.

"Penawar?" Maya menatapnya, bingung.

"Aku tahu kenapa kamu enggan mencarinya," bisik Eli, suaranya rendah seperti tak ingin orang lain mendengar.

Maya hendak menjawab, tapi Eli buru-buru melanjutkan.

"Victor akan menemukannya jika kamu tidak bertindak," katanya dengan suara penuh kemarahan yang tertahan. "Kamu tahu dia akan menggunakannya untuk mengendalikan orang."

"Aku tidak—"

"Dia akan mengubah mereka jadi monster, membuat mereka melakukan apa saja yang dia inginkan," lanjut Eli, nadanya semakin tajam. "Dia akan menjadikan kota ini tempat penuh budak dan makhluk-makhluk menakutkan."

Maya tertegun. Dia sebenarnya tidak terlalu memikirkan rencana Victor. Yang ada di pikirannya hanyalah kenangan tentang orang tuanya—bagaimana mereka meninggal karena penawar itu. "Aku tahu," ucap Maya pelan.

"Kalau begitu, kenapa kamu tidak menghentikannya?"

Maya memalingkan wajah, tak mampu menjawab. "Tidurlah, Eli," ujarnya lirih.

Eli menghela napas berat, seakan ingin membantah, tapi akhirnya dia menyerah. Ia berjalan ke salah satu tempat tidur dan mulai melepas sepatunya. Maya memperhatikan dengan rasa bersalah. Seharusnya dia sudah jujur sejak awal, tapi dia menunggu waktu yang tepat. Dia hanya berharap waktu itu datang segera. Ia tak ingin Eli marah padanya.

Setelah Eli berbaring, Maya mendekat. Eli membuka matanya dan menatapnya. "Maya," ucapnya pelan.

"Iya?"

"Jawab aku satu hal saja," Eli berkata dengan nada serius. "Kamu akan mencari penawar itu atau tidak?"

Maya diam. Setelah beberapa detik, Eli duduk, terlihat tidak sabar.

"Apa?" desaknya.

"Aku belum tahu," jawab Maya jujur, berharap itu cukup untuk menenangkan Eli sementara waktu.

Eli menatapnya dalam. "Maksudmu apa? Kamu sudah punya petunjuk. Kamu tahu di mana penawarnya."

"Aku tahu."

"Lalu kenapa?"

Maya menarik napas dalam dan duduk di tepi ranjang. Ia menatap Eli, yang masih menunggu penjelasan darinya. Maya sendiri tak yakin harus mengatakan apa.

"Eli," ucapnya akhirnya. "Aku hanya... Aku tidak ingin kamu terlalu berharap. Kamu harus bersiap-siap."

Eli mengerutkan dahi, bingung. "Bersiap untuk apa?"

"Aku tahu mungkin ini bukan yang ingin kamu dengar," Maya berkata dengan lembut, "tapi kamu harus siap jika ternyata semuanya tidak berjalan seperti yang kita harapkan. Atau... mungkin penawar itu memang tidak ada."

Eli menatapnya seperti baru saja mendengar hal yang tak masuk akal. "Apa maksudmu—"

"Aku tahu apa yang aku katakan sebelumnya," Maya memotong. "Tentang menemukan penawar. Tapi, sekarang aku tahu lebih banyak dari yang aku tahu dulu."

"Lebih banyak apa?"

Maya menggeleng pelan. "Aku hanya merasa... mungkin ini tidak akan berjalan seperti yang kita bayangkan."

Last Night on EarthWhere stories live. Discover now