Tak seorang pun tahu bahwa Kaisar menginginkan kematian Permaisuri, maka tak seorang pun akan percaya bahwa ibu negara yang bermartabat itu akan mengorbankan nyawanya sendiri hanya untuk membantu Selir Senior Xian melenyapkan Selir Rong.
"Bawa Permaisuri untuk dirawat."
Kenyataannya, semua orang mengerti bahwa Permaisuri tidak dapat diselamatkan lagi. Dia tidak hanya menghirup asap tebal yang berlebihan, tetapi juga tertimpa balok atap yang terbakar. Luka bakar di wajahnya adalah luka yang paling ringan; luka yang benar-benar fatal menutupi seluruh tubuhnya.
Tidak ada sehelai pun kulit yang tidak terluka di punggungnya, dan di beberapa tempat, luka bakarnya begitu parah hingga tulang-tulangnya terlihat. Jika bukan karena tirai yang digunakan para penjaga yang membawanya keluar untuk menutupinya, pemandangan mengerikan dari luka-lukanya akan membuat para wanita yang lemah ini ketakutan.
Fen Yun mengikuti dari belakang tandu. Sebelum pergi, dia melirik Jiang Xinyue sekilas.
Dia hanyalah seorang pelayan rendahan yang telah melayani di sisi Permaisuri sejak dia masih menjadi putri Komandan Agung Chang'an.
Perasaannya terhadap sang Ratu sangat dalam, namun ia hanyalah seorang pelayan kecil.
Dia tidak tahu apakah dia harus membenci Selir Senior Xian karena keadaan Permaisuri saat ini, atau apakah dia harus membenci Kaisar karena telah menghancurkan hati majikannya.
Kebenciannya tidak berarti dan tidak bisa menyakiti siapa pun.
Dia harus mematuhi perintah Permaisuri: bertahan hidup, tinggal di istana, tetap berada di sisi Selir Senior Xian, mengawasinya atas nama Permaisuri, dan merawat Pangeran Kelima untuknya.
"TIDAK!"
Selir Rong menggelengkan kepalanya dengan panik. "Yang Mulia, itu bukan saya, sungguh bukan!"
Dengan adanya keterangan saksi dan bukti fisik, dan telah tertangkap di tempat kejadian perkara - jepit rambut yang menusuk Fen Yun dan pemantik api yang menyebabkan kebakaran keduanya terjatuh dari tangannya - bagaimana mungkin itu bukan dia?
Mungkinkah Permaisuri telah membakar dirinya sendiri hingga tewas? Apakah Fen Yun telah mengukir luka sedalam tulang di wajahnya sendiri?
Para wanita menghargai penampilan mereka di atas segalanya, namun baik Permaisuri maupun Fen Yun wajahnya hancur, bahkan Selir Senior Xian hampir mati di dalam.
Kalau bukan dia, lalu siapa?
Permaisuri menyipitkan matanya dan bergerak ke sisi Jiang Xinyue. "Selir Senior Xian biasanya sangat cerdas dan banyak bicara. Mengapa kamu begitu pendiam hari ini? Apakah kamu juga melihat Selir Rong menyalakan api?"
Api sudah hampir padam, hanya beberapa kobaran api yang masih menyala-nyala di sana-sini.
Dalam keheningan, sesekali terdengar bunyi derak kayu terbakar yang sangat mengagetkan.
Jiang Xinyue butuh waktu lama untuk mengangkat kepalanya dan menatap Ibu Suri. Dengan sikap lemah dan lesu, dia melirik sekilas ke arah Ibu Suri sebelum menundukkan matanya ke tanah lagi. Suaranya lemah saat dia berbicara, "Apa yang Ibu Suri ingin dengar dari selir ini? Aku dipanggil oleh Ibu Suri untuk berbicara hari ini. Kami baru saja bertukar beberapa patah kata ketika api memerangkap kami berdua di dalam. Aku bersama Ibu Suri sepanjang waktu. Tentunya Ibu Suri tidak mengatakan bahwa akulah yang memulai api?"
"Aku tidak pernah mengatakan hal seperti itu," Ibu Suri mendengus dingin. "Jadi maksudmu kau tidak melihat Selir Rong menyalakan api. Bagaimana mungkin Kaisar percaya cerita sepihak Permaisuri? Pelayannya itu juga ada di pihaknya, jadi bagaimana mungkin dia menuduh Selir Rong? Hanya jika Selir Senior Xian juga mengaku menyaksikannya, barulah itu mungkin benar."
KAMU SEDANG MEMBACA
The Female Psychology PhD Who Time Traveled to the Royal Harem Book 2
Historical FictionLanjutannya Dari bab 201 sampai tamat