“Kok belum pulang, Mas Cikal?” Hari Sabtu gini kantor tutupnya cepet, tapi Cikal masih ngemper aja di selasar teras waktu Pak Satpam kelar ngecek udah pada cabut belum. Beliau yang tadinya udah mau kunci pintu, malah jadi tertunda. “Iya, Pak, lagi nungguin jemputan, orangnya masih di jalan.”
“Lho, motor putih yang biasanya itu ke mana? Tumben dijemput.” Cikal senyum tipis merespon basa-basinya beliau. Meski dia di sini kerja paling baru dapet enam bulanan, satpam kantor udah lumayan kenal sama dia. “Lagi masuk bengkel, kemarin saya abis jatoh, hehe.” Anak itu tunjukin lengannya yang ketutupan kain jaket, ada beberapa barut sama plester luka nempel di kulitnya. Dua hari lalu dia habis ciuman sama aspal akibat ngantuk pas bawa motor, untung aja gak disamber kendaraan lain pas dia njungkel. “Oalah, kepleset, Mas? Ini lagi sering hujan juga ... itu langit aja udah mulai mendung. Mau tunggu di dalem aja, Mas? Daripada hujan.”
Cikal angkat mukanya tengok awan abu-abu berarak nutupin matahari. Sejak tadi juga bunyi guntur udah kedengeran dari jauh, belum disusul bau petrikor aja ini, soalnya pasti bakal hujan. “Gak usah, Pak, dikunci aja, paling cuma bentar kok saya di sini.” Kilah anak itu, enggan repotin satpam kantor buat pulang lambat gara-gara dia. Beliau masih nanya lagi, tapi jawaban Cikal gak berubah, jadi beliau kunci pintunya. “Kalau gitu saya duluan, Mas.” Pamit bapak usia kepala empat itu; Cikal sambut satu senyum sama anggukan, dan kini dia lagi-lagi sendirian. Bohong kalau dia bilang tinggal nunggu bentar karena jemputan udah di jalan, nyatanya si penjemput belum respon juga sejak satu jam lalu dia kabarin. Cikal bisa aja memilih buat pesen ojol daripada kejebak hujan, tapi pacarnya—orang yang janji mau jemput—bilang hari ini bakal luangin waktu buat samperin.
Manik mata sang jauza turun lagi, tatap layar ponsel yang mati-nyala berkali-kali karena dia bosen nunggu. Banyak pesan udah terkirim, tiga kali panggilan gak dijawab, kira-kira ke mana pacarnya ini. Harusnya udah pulang dari tadi jam duaan, soalnya weekend itu hari pendek. “Agas, kamu berak dulu apa gimana, sih?” Dengus Cikal; nungguin cowoknya online kok susah banget. Emang iya Agastian itu pantang diganggu pas lagi kerja, tapi kan minimal bisa ngabarin kalau emang ternyata lembur apa gimana.
Aroma khas tanah ditimpa air mulai memenuhi udara di sekitar Cikal, pun hawanya jadi agak gerah dan adem dalam satu waktu. Anak itu kembali lihat ke atas, langit mendung tiba-tiba terang akibat kilatan petir. Gemuruh guntur menggelegar keras sampai bikin kaca kantornya getar dan Cikal tutup telinga. Kayaknya sore ini bakal awet dan deres banget hujannya. Dia buru-buru nyalain ponsel buat ngetik pesan ke pacarnya, setelah kekirim, dia sibuk ganti sepatu ke sendal yang dibawanya dalam tas. “Semoga di tempatnya belum hujan.” Harap Cikal, gak mau pacarnya sampai kehujanan tiba-tiba waktu di jalan.
Tapi sebenernya dia gak perlu amat khawatir, soalnya Agastian sama sekali nggak lagi kejebak hujan.
Boro-boro kebasahan di tengah jalan, bocahnya masih seru-seruan sama anak kantornya main PS sejak jam pulang tadi. Ngomongnya lembur, tapi mereka banyakan main doang.
“Keknya bakal deres,” rekan kerjanya bilang, ngecek cuaca dari jendela di samping mereka. “Lah, tinggal turu di sini kalo gak reda-reda juga.” Yang lain nyahut, sementara Agas tim iyain aja biar cepet. Mata si cowok katanya udah pedes seharian mantengin layar komputer—dia desainer grafis btw—tapi giliran main game betah banget. Ponselnya dari tadi geter mulu, jadi dia keluarin dari saku biar gak bikin distraksi waktu tangan sama pikiran sibuk kendaliin konsol. Tapi, karena HP itu ditaruhnya di atas meja, malah orang lain yang gemes. “Gas, itu HP pajangan doang apa, angkat kek ada yang telepon.”
“Ck, palingan nomer gak jelas mau nipu, gua belakangan dapet tawaran kek gitu banyak banget.” Kilah Agas, sibuk banget badan iku miring-miring demi ngepasin kendali konsol di PS yang lagi dimainin lawan temennya. Namun, denting notifikasi dateng lagi dengan beruntun, bikin cowok leo itu frustrasi dengerinnya. “Anjing, siapa, dah?” Dia kasihin konsol ke temen yang nunggu giliran, terus serobot HP-nya di meja dengan kasar. Agas melipir dulu buat ngecek—kalau itu tukang tipu, kan dia bisa bebas mau ngamuk-ngamuk. Tapi, kenyataannya bukan. “Fak, gua lupa lagi.” Semua pesan serta panggilan tak terjawab datengnya dari nomor yang familier;
KAMU SEDANG MEMBACA
The Baby Trap | ft. Nahyuck (✓)
FanficSeberapa cogil yang namanya Cikal? Jawabannya, secogil nekat ngejebak pacarnya sendiri! Demi nggak diputusin sama Agas setelah dua tahun pacaran, Cikal sengaja pura-pura hamil dan minta pertanggungjawaban.