Sore-sore di jendela lantai dua rumah itu ada penampakan; seorang balita laki-laki menyangga dagu di kusen, udah rapi dengan kostum pilot, tapi orang yang ditunggu-tunggu belum juga tiba. Helaan napasnya entah berapa kali, bahkan mainan pesawat miliknya digeletakin aja di atas lantai karena terlalu bosen main. Melihat pemandangan gemas putra kecilnya itu, sang ibu hampiri dan ikut sangga dagu juga di sana. “Adit gak mau di bawah aja nunggunya? Di atas gak ada apa-apa, kalau di bawah kan bisa sambil nonton film bareng Ibu, Ayah, sama Adek.” Lembut sosok manis bermata cokelat di sampingnya. Beliau senyum tipis, telapak halusnya naik mengusak rambut si balita dan lepas itu terulur mengajak.
“Ayo?” Tawaran tersebut pun diterima meski jalannya si kecil lesu menuruni tangga. Pipi tembem anak itu lalu jadi sasaran cubit saking gemesnya. “Kok kamu lucu banget, sih? Anaknya Ibu lucu~” ibunya emang gak pernah ada habis-habisnya urusan ngunyel pipi anak. Gak Adhitya, gak adiknya, jadi korban semua sejak bayi. Kenapa dia bisa tau? Ya soalnya hampir semua pose foto bayi mereka, Ibu selalu cubit atau gigit pipi anak. “Ih, aku nda gemes, tau! Aku keren kayak Ayah!” Putranya tunjuk topi seragam pilot yang tampak kegedean di kepala, bikin posisinya agak miring. Sang ibu jadi harus benerin sambil tahan tawa.
“Iya, kamu keren kok. Jagoannya Ibu pasti keren.” Pucuk hidung mungil si sulung dicolek, tetep aja gemesin dia ternyata. Ayahnya dulu pas bayi apa gembul begini juga, ya, kan anaknya plek-ketiplek bapak. “Nah, udah rapi, yuk ke tempat Ayah sama Adek?”
Mereka kembali melanjut agenda menuruni tangga, lalu menuju ke ruang TV yang udah ditempati oleh seonggok pria dewasa serta bayi satu tahun tiduran di dadanya. Dua orang itu kompak hanyut mendalami tontonan kartun animasi buah yang joget-joget dengan iringan melodi repetitif—yakin abis ini si Ayah bakal bikin kuping Ibu capek dengerin lagu animasi itu dinyanyiin terus. “Eh, ada Kak Adit mau gabung ... sini karaoke sambil joget bareng Ayah sama Dek Emil.” Ceria Ayah. Beliau yang karena tanggung jawab kerja jadi jarang bisa di rumah, sekalinya lagi libur, pasti bakal nempel kayak perangko ke anak-anaknya.
“Ganteng juga kamu, Kak, pake topi sama seragam kayak Ayah.” Pujian dari beliau bikin si sulung tegakkan posisi berdiri; dadanya membusung sombong biar orang tuanya bisa lihat pin bertuliskan kata ‘pilot’ di dadanya. Anak itu juga yang merengek minta dibeliin kostum tersebut, soalnya dia selalu diem-diem pijem topinya Ayah kalau lagi mau main pilot-pilotan.
“Iya, dong! Adit besok terbang tinggi, Ibu sama Emil ikut!” Tutur anak itu dengan nada pamer, seolah dia udah paham cara mengendalikan pesawat. Tapi bukan cuma itu, ayahnya juga jadi heran, “Kok Ayah gak diajak?”
“Ayah bisa pergi sendiri. Ibu sama Adek enda.” Perkataannya bikin sang ibu geleng kepala, sementara si ayah mencibir; heleh, seraya senggol pelan topi seragam sang anak—jadi nutupin mata, deh. Bocahnya ngomel-ngomel lucu banget, tapi sehabis itu anteng lihat kartun di TV bareng si bontot yang dilepas ke karpet sama Ayah, biar nonton bareng. “Kal, mereka ke sini jam berapa, kok Adit udah rapi gitu?” Tanya si pria dewasa ke istrinya—Cikal—yang lantas pindah duduk ke sandingnya. Dia langsung dirangkul dan diberi kecup di pelipis. “Bentar lagi, deh, katanya mampir cari kado buat Adit.” Sang suami beri angguk kilas, beralih menatap ke depan lagi, pada objek dua bayi-bayi yang kini anteng mantengin layar TV. Senyuman manis terlukis di bibirnya.
“Kal, kamu marah gak, sih, kalau Adit malah pengen jadi kayak aku, bukan ayahnya sendiri?”
“Kamu ayahnya, Mas.” Cikal potong pembicaraan itu, tapi dia sadar kalau sang suami masih tatap wajahnya dan menanti respon lebih serius. Helaan napas sang jauza lolos, milih menyamankan diri balas peluk tubuh sang dominan dari samping seraya nyender kepala. “Oke, mungkin bukan secara biologis, tapi tetep aja dia besar sama kamu, Mas. Wajar kalau sosok ayah yang dijadiin role model adalah kamu.” Jawaban itu adalah yang paling diplomatis menurut ide Cikal—mencegah ada kecemburuan dan hal lain yang gak diinginkan.
Lama mereka santai menikmati peluk satu sama lain, bunyi deruman mesin kendaraan kedenger baru terparkir di depan rumah. Adhitya jadi si paling awal nengok, “Ayah!” Seru balita itu; dia posisi mangku adeknya, keburu mau lari sampai hampir bikin si bayi kejengkang. Cikal sama suami kaget banget, jadi si Ayah sibuk angkat si bungsu lagi buat digendong, sedang si Ibu nyusulin anak sulung ke depan.
“Adit, adeknya jangan didorong gitu, gak bagus! Jangan lari-larian juga!” Peringat Cikal, sayang putranya udah ugal-ugalan banget ke pintu depan, gak peduli ibunya di belakang pas lari rem kakinya kurang pakem. “Haduh, anaknya Agas emang bener-bener!” Keluh sang jauza. Akhirnya tiba juga menyusul si sulung yang terpantau udah lari nemplok ke gendongan ayahnya; ayah kandungnya.
“Ayah Gaga! Adit jadi pilot kayak Ayah Asel, keren banget, ’kan??” Mulai lagi agenda pamernya si sulung, kali ini ke dua orang yang baru tiba; ayah serta ibu tirinya. “Ih, Bunda mau dong diajak naik pesawat sama Adit.” Tutur sosok yang berdiri di samping Agas, perutnya udah bulat besar, sebentar lagi mereka bakal punya bayi; adik tiri buat Adhitya dari ayahnya. Cikal dari ambang pintu mengamati interaksi mereka; ternyata memang indah lihat tawa riang sang putra bertemu pemilik senyum yang diwarisinya.
“Kak Adit, minta maaf dulu sama Adek, itu tadi kalau adeknya jatuh gimana kamu dorong gitu?” Ketiga manusia di halaman sontak nengok ke pintu depan, terus si kecil dapat pertanyaan interogasi dari sang ayah. “Beneran tadi kamu dorong Adek?”
“Enda sengaja, ih, tapi kan Adek nda nangis,” sungut anak itu, wajah serba merengut dan tangan memilin ujung baju seragam pilotnya. Meski kayak gitu, si ayah nggak luluh. “Gak boleh gitu, Kak, tetep aja adeknya bisa luka. Besok kalau adek yang ada di perut Bunda udah lahir, mau didorong juga?” Bibir si kecil menukik ke bawah, dia geleng kepala lesu, terus nangis keras-keras. Mana dia juga meronta minta turun dari gendongan sang ayah. “Huwa, Ayah Asel, Ayah Gaga marah-marah!” Teriak Adhitya sambil lari-larian masuk rumah, dan orang yang merasa dipanggil lekas nongol dari balik Cikal.
“Lho, kenapa itu tadi?” Bingungnya, terlebih lihat raut wajah capek istri serta mantan suami istrinya. Mereka kayak depresot banget kalau udah menyangkut kelakuan Adhitya. Apa pun itu, dia tetep harus menyambut tamunya dengan baik. “Apa kabar, Gas?” Tangan terulur dan salaman sama si jangkung, sementara yang keluar dari bibir Agastian sebatas, “Marcel,” dan angguk kilas. Padahal kenal udah lebih dari tiga tahun, tapi masih kayak kutub kalau ketemu. Coba aja Marcel mau jahat dan gak kasih izin dia ketemu sama Adhitya, bakal tantrum kayak apa itu Agastian.
“Maklumi aja, dia masih kecil. Lama juga kan dia jadi anak tunggal buat dua keluarga, sekarang tiba-tiba mau nambah adek lagi.”
“Yah, mungkin. Adaptasi ulang emang gak pernah gampang.”
•
•
•“Kal, kita ...”
“Jangan. Aku udah denger gimana perasaanmu yang sebenernya. Jangan dipaksa, apalagi demi anak.”
“...”
“Gak papa, ya, Gas? Mungkin lebih baik emang kayak gini, daripada kita ngorbanin Adhitya kalau diterusin.”
“Makasih, Kal, makasih banyak buat semuanya.”
“Kembali kasih, Agastian.”
End
siapa yang bilang bakal hepi? dari awal mereka emang not meant for each other ... epilog supposed to be pendek kan ya haha
btw ada yang nyadar namanya Adit tu depannya Dimas dari nama panjang Cikal gak sih
KAMU SEDANG MEMBACA
The Baby Trap | ft. Nahyuck (✓)
FanficSeberapa cogil yang namanya Cikal? Jawabannya, secogil nekat ngejebak pacarnya sendiri! Demi nggak diputusin sama Agas setelah dua tahun pacaran, Cikal sengaja pura-pura hamil dan minta pertanggungjawaban.