Story after UN

272 11 1
                                    

Akhirnya sampai juga waktunya untuk si Kadal mengahadapi Ujian Nasional. Yang udah ngelewatin UN pasti tau perjuangan para pelajar mengahadapi monster ini. Ngerjain UN sih ga susah banget, yang susah pas Try Out dan menjelang UN. biasanya orang-orang ngerjain Try Out setengah mampus, tapi lain sama si Kadal. Kadal punya dua senjata. Pertama, si Jono sama Maman. Kedua, kartu turf paling handal, asal-asalan. Lagian kalo udah UN bukan cuma muridnya yang stress, orang tuanya juga. Anaknya nyari bocoran, orang tuanya lebih stress lagi, ngebayarin bocorannya.

Alhamdulillah si Kadal melewati UN dengan lancar. si pengawas panik gara-gara si Kadal pup di celana, di tengah kepanikan itu si Jono minta jawaban ke Maman dan jawabannya diselipin di kolong meja Kadal. makanya abis si Kadal ke toilet, ngebuang kolornya tepatnya, dia dengan mudah menjawab soal.

akhirnya waktunya tiba bagi Kadal untuk masuk ke Universitas pilihannya nanti. sekarang si Kadal tinggal milih kampus pilihan. suatu hari sang nyokap nanya ke si Kadal "tung, kamu nanti mau masuk kampus mana? kampusnya yang bagus ya supaya ada hal kedua yang bisa membanggakan mama selain kamu lulus UN." dengan santai si Kadal ngejawab "UPAR mah."

"UPAR? kampus apaan tuh?" tanya si nyokap. dengan mantap, setengah males-malesan si Kadal ngejawab "Universitas Separo-Separo mah. jadi enak separo belajar,separo main,separo tidur,separonya lagi jalan-jalan".

"Yaudah kalo kamu mau disitu, tapi uang jajan kamu separo juga ya" timpal sang nyokap. Kadal berpikir dua kali soal uang jajan. dia takut kalo uang jajannya separo nanti dia gabisa beli DVD Spongebob yang baru lagi. Yaudah mau gamau si Kadal mengikuti saran nyokapnya untuk satu kampus sama Jono dan Hana.

Hari-hari di kampus mereka lalui bertiga, bersama dengan teman baru yang bernama Dimas.Dimas adalah anak yang dari bungkusnya kayak anak culun. pendiam, pake kacamata, rambut disisir ke samping, dan muka polos. Tapi aslinya anak ini lebih mengerikan, ralat: menjijikan dari si Kadal. disaat suasana yang tenang, lagi pada ngobrol-ngoborol tiba-tiba dia melakukan hal yang bodoh, yaitu mengupil. kenapa dibilang bego? yaiyalah capek-capek nyari upilnya eh abis dapet malah dibuang. susah sih masyarakat Indonesia.

Kekecewaan si Kadal masih membekas di hati karena ga bisa masuk Universitas Separo-separo yang gajelas dimana letak alamat dan alamnya, apakah di alam dunia apa di akherat, apa di alam mimpi kita semua gatau. si Kadal selalu mencari alasan biar bisa pindah. kejadiannya berlangsung setiap hari. dia beralsan seperti:

"ma, tadi aku ketemu dosen mukanya ancur mah, kayak aspal depan rumah kita itu. gara-gara ngeliat dosen itu aku sekarang mandi di kamar mandi abang!" kata si Kadal. "Lah kan emang kamu berbagi kamar mandi sama abang kamu dari SMA?" jawab si nyokap. "oiya lupa" kata si Kadal, terus di balik ke kamar terus mikirin alasan lain.

si Kadal ke kamar mamanya lagi dan bilang "ma! gara-gara aku masuk kampus itu temen-temen SMA ku gamau temenan lagi sama aku!". santai si nyokap jawab "sejak kapan kamu punya temen selain si Jono?" dengan tampang standarnya dia nunduk sambil balik ke kamar.

besoknya, pas pulang abis kuliah pagi, si Kadal beralasan lagi "ma! gara-gara tadi kuliah pagi muka aku jadi jelek!" kayaknya ini yang terakhir. terus si nyokap jawab "Kamu ngerasa ganteng?"

JEGER

kata-kata si nyokap membuat si Kadal terjatuh dan tak bisa bangkit lagi. Tenggalm dalam lautan luka dalam. Tersesat dan tak tahu arah jalan pulang. Makanya dia pulang naik ojek soalnya kalo naik Taxi ongkosnya ga cukup. seakakn-akan dia berubah menjadi butiran kentut. kayaknya ga ada  hal yang dibanggain sama nyokapnya dari si Kadal. Kasian bener lu.

lambat laun si Kadal melupakan soal UPAR dan menjalani hari-harinya sebagai mahasiswa normal,ralat: separo normal. kenapa separo normal? sejak jadi mahasiswa si Kadal mulai menjadi sedikit normal.Dia mulai meninggalkan Spongebob dan beralih ke film yang lebih laki, Karate Kid. dan hasratnya terhadap perempuan mulai muncul, karena selama ini yang kita tau si Kadal adalah seorang semi-maho. mulai mau nonton film-film drama, dan berpenampilan lebih kece.

To Be Continued

Kadal BuntungTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang