Kehidupan kampus si Kadal berjalan normal. bersama-sama dua orang sahabatnya, Jono dan Andre. dan, kejadian aneh, yang sebenernya ga terlalu aneh tapi aneh kalo Kadal yang ngalamin, terjadi hampir setiap hari. si Kadal otaknya seakan-akan terbuka, dia bisa ngejawab soal dengan baik. dan herannya si Kadal selalu kedapetan soal nomor 6, duduk di urutan 6, dan pulang dengan sisa uang 6 ribu.
kampus si Kadal itu universitas favorit, tapi dengan mudahnya dosen-dosen di kampus itu menerima pernyataan bego dari si Kadal. pernah terjadi ketika sang dosen menanyakan apa yang akan dilakukan kadal setelah lulus sarjana. dan si Kadal jawab dia pengen bikin ujan bakso. seisi kelas ketawa, tapi si Kadal ga. dia langsung mengeluarkan pernyataan
"mimpi itu adalah awal dari cita-cita!".
semua diem, terus si dosen nanya lagi "jadi kesimpulannya apa?"
dengan mantap si Kadal ngejawab "Kalo mau cita-citanya tercapai, banyak-banyak lah tidur!"
si Kadal itu suka Stand Up Comedy. dia suka Stand Up yang di Kompas TV. dia mengidolakan Arie Kriting, comic juara 3 di SUCI 3. saking terobesesinya apapun dikaitkan dengan Arie Kriting.
contoh, waktu itu si Sidiq nanya ke Kadal "eh tung, gue lagi ada masalah nih sama nyokap. lo bisa ngasih saran ga buat ngadepin nyokap yang garang begitu?"
terus si Kadal jawab "Kita tackling"
si Kadal juga ngegambar pemandangan yang sama kayak yang si Arie deskripsikan. dia gambar dua gunung, sawah, sungai, di tengah dua gunung ada burung. tapi dalam versi yang berbeda, jadinya... ahsudahlah.
si Kadal juga jarang taat sama aturan. si Kadal pernah bawa motor, pas pulang kuliah, dia nerobos lampu merah. akhirnya si Kadal ditilang polisi. si Kadal tenang aja ngehadapinnya
"kamu tau apa kesalahan kamu?" tanya pak polisi
"tau pak" jawab Kadal.
"Kamu tau kalo lampunya masih merah?" tanya lagi pak polisi
"Tau pak" jawab si Kadal lagi
"Kenapa masih kamu terobos?" tanya pak polisi untuk ketiga kalinya
"saya ga tau kalo ada bapak" jawab Kadal santai
"kamu mahasiswa dari kampus itu kan?" tanya si polisi
"bapak kepo ah nanya mulu" jawab si Kadal langsung jalan ninggalin asep buat si polisi. kalo gue jadi polisinya langsung gue tangkep,borgol,masukin sel,terus gue kencingin.
karena kepolosan si Kadal, dia jadi orang paling ditakuti di kampus. bukan ditakuti karena garang, tapi karena dia gak takut apapun. banyak orang yang mau belajar jadi si Kadal. ada temen si Kadal yang namanya Bagas. dia nyoba bertingkah kayak si Kadal, eh dia malah digamparin dosen. ada juga si Rafi, dia bertingkah yang sama kayak Kadal, eh malah dikatain karbitan.
seorang dosen menyimpulkan bahwa "Ahmad Badarudin alias Kadal Buntung alias Kadal adalah species langka yang lahir dalam 1000 tahun sekali, bukan manusia dan juga bukan hewan, punya raga manusia tapi tidak manusiawi, bukan hewan tapi tidak mengerti aturan formal sebagai manusia yang profesional. otaknya bagaikan gear yang dimatikan selama 18 tahun. tombol switch on pada si Kadal tidak terlihat, otaknya akan aktif jika dirangsang dengan permen cicak. sungguh penemuan yang luar binasa!" ucap sang dosen panjang lebar, selebar senyum si Kadal pas denger penjelasan itu.
To Be Continued
KAMU SEDANG MEMBACA
Kadal Buntung
Humorcerita pelajar absurd bernama Kadal bersama temannya, Jono. berpetualang di sekolah untuk mecari jati dirinya, apakah ia Laki-Laki atau semi-Laki-Laki