HARAD

240 1 1
                                    

Harad adalah nama dari wilayah yang luas di Selatan Gondor dan Mordor. Harad dihuni oleh berbagai suku yang disebut Haradrim.

Zaman Kedua

Selama Zaman Kedua, para Haradrim terlibat kontak dengan Sauron dan Numenor. Bangsa Numenor sering menjelajahi pantai-pantai Dunia Tengah, termasuk pantai Harad. Pada abad ke-9 dari Zaman Kedua, pelaut besar Aldarion tercatata pernah menjelajahi pantai Harad jauh ke selatan dan hampir karam.

Bangsa Numenor, yang telah menjelajahi dan mendarat di pantai Harad, memberi dampak yang menguntungkan bagi orang-orang di negeri-negeri yang mereka jelajahi dengan mengajarkan banyak hal seperti tentang pertanian dan keahlian lainnya. Bangsa Numenor kemudian membuat permukiman di pantai selatan, termasuk membuat Havens dari Umbar di mana mereka membangun benteng besar itu di tahun 2280.

Setelah pemerintahan Tar-Ciryatan, Numenor mulai menempatkan diri sebagai penguasa di Dunia Tengah ditandai dengan tuntutan atas upeti berupa barang dan kekayaan yang menyebabkan penindasan pada kaum Haradrim.

Sauron pada awalnya tidak berani untuk memperluas kekuasaannya ke pantai di mana Numenor berkuasa. Tapi setelah penempaan Cincin-Cincin Kekuasaan dan munculnya para Nazgul, Sauron sedikit demi sedikit mulai menyerang permukiman Numenor di pantai-pantai bumi tengah.

Ar-Pharazon mendarat di Umbar dalam 3.261 dengan armada besar dan orang-orang di pantai melarikan diri begitu melihat kedatangan mereka. Pasukan Sauron menolak untuk melawan, dan ia membiarkan dirinya dibawa ke Numenor di mana ia lalu berhasil merusak Raja dan para pengikutnya. Ar-Pharazon, lalu membuat perang di Bumi tengah, dan mereka juga memperbudak kaum yang ada disana dan menggunakan mereka untuk pengorbanan manusia. Bangsa Numenor yang tinggal di Harad adalah sebagian manusia yang selamat dari kehancuran Numenor di 3.319. Mereka kemudian dikenal sebagai Black Numenor karena mereka tetap berada di bawah pengaruh Sauron. Tak lama sebelum Perang Aliansi Terakhir, dua bangsawan Numenor, bernama Herumor dan Fuinur, "naik menjadi kekuatan besar di antara Haradrim", tapi akhirnya nasib mereka tidak tercatat dalam sejarah.

Zaman Ketiga

Selama berabad-abad dari Zaman Ketiga, banyak Haradrim masih dikuasai oleh Black Numenor Lords, atau lebih jauh di utara oleh para Raja Gondor, tapi pada akhirnya, Harad jatuh di bawah pengaruh Mordor.

Harad Dekat, kemudian membentuk aliansi-atau bahkan semacam koalisi-dengan Corsair dari Umbar, dan terlibat dalam serangkaian pertempuran terus-menerus dengan Gondor di daerah Gondor Selatan atau Harondor yang disengketakan. Zaman dahulu perbatasan utara berada di sungai Harnen, tetapi pada waktu Perang Cincin meletus, semua daerah selatan sungai Poros berada di bawah pengaruh Haradrim.

Para Haradrim berada di antara pasukan yang dipimpin oleh Raja Penyihir- yang menyerang Osgiliath pada Juni 20, 3018 Zaman Ketiga, pada awal Perang Cincin. Mereka menguasai setengah Osgiliath timur, tapi Boromir dan Faramir menghancurkan jembatan yang melintasi Anduin dan mempertahankan setengah bagian barat kota. Haradrim terus muncul lebih banyak dari jalur Jalan Harad ke Mordor. Faramir dan Rangers Ithilien menyergap beberapa satgas dari Haradrim, tetapi mereka tidak bisa menghentikan laju pasukan mereka semua.

Resimen Haradrim juga bergabung dengan pasukan dari Minas Morgul yang berbaris ke Pelennor Fields. Pasukan Sauron mengepung Minas Tirith, dan para mumakil Harad digunakan untuk membawa maju menara-menara perang dan alat pendobrak untuk menembus pertahanan kota.

Salah satu pemimpin Haradrim pada saat Perang Cincin, Sang Abdi Hitam dibunuh oleh Raja Theoden dari Rohan di Pertempuran Pelennor Fields di Zaman Ketiga 3.019.

Setelah kebangkitan kembali dari Reunited Kingdom dari Gondor dan Arnor di Zaman Keempat, Harad jatuh di bawah kekuasaan Gondor.

Geografi

Harad terletak di sebelah selatan Mordor. Pegunungan Bayang-Bayang berada di perbatasan utara Harad. Sungai Harnen mengalir ke arah barat dari Pegunungan Bayang-Bayang ke Teluk Belfalas, Harad membentuk perbatasan dengan Gondor Selatan - sebuah wilayah gurun yang diperebutkan antara Gondor dan Harad. Jalan Harad membentang dari arah utara melalui Gondor Selatan dan terus ke Ithilien.

Di timur laut Harad adalah Khand, tanah yang juga mempunyai ikatan dengan Sauron. Tidak diketahui seberapa jauh ke timur atau selatan Harad menggeliat. Di barat, Harad dibatasi oleh Teluk Belfalas dan Laut.

Bagian paling utara dari wilayah Harad disebut dengan Harad Dekat dan bagian selatan adalah Harad Jauh. Di pantai ada pelabuhan alam dengan teluk sempit melengkung di sekitarnya. Daerah pantai di sekitar pelabuhan ini dikenal sebagai Umbar, dan pelabuhannya disebut Havens dari Umbar. Pelaut penyerang yang dikenal sebagai Corsair tinggal di sana. Di ujung timur pelabuhan adalah Kota dari Corsair.

Daerah Harad Jauh adalah wilayah yang terdiri dari sebagian besar hutan, walaupun ada juga gurun. Dalam Hutan Besar Selatan di Harad Jauh tinggal raksasa Oliphaunts, yang digunakan oleh kaum Haradrim sebagai kendaraan perang bergerak.

Lokasi di ujung selatan Harad terisolasi sampai batas tertentu dari sisa Dunia Tengah. Iklimnya jauh lebih hangat dan Cuaca yang lebih cerah. Ada binatang yang tidak biasa seperti Oliphaunts. Bahkan rasi bintang di langit malam Harad turun di belahan bumi selatan berbeda dari yang di utara bumi Tengah.

Sosial Budaya

Suku-suku Harad dibagi-setidaknya di benak orang-orang barat laut Dunia Tengah-menjadi kaum Harad Dekat dan Harad Jauh, walaupun ada banyak suku lain dari Haradrim, dimana mereka sering saling serang dan bermusuhan satu sama lain. Klan Harad Dekat berkulit cokelat, dengan rambut hitam dan mata gelap, sedangkan orang-orang Harad Jauh berkulit hitam. Juga setiap suku memiliki kepala suku, yang menjabat sebagai pemimpin mereka dan jenderal di medan perang. 

(JRR Tolkien-Tolkien gateway)

GONDOR & DUNIA TENGAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang