SAURON
Sauron adalah Letnan Kepala Morgoth, menjadi Penguasa Kegelapan yang lain dan akhirnya berjalan menyusuri jalan yang sama dengan Morgoth. Sauron adalah musuh utama dalam Zaman Kedua dan Ketiga.
Zaman Pertama
Sauron adalah mahluk Maia yang dikenal sebagai Mairon. Di awal zaman ia berada di antara orang-orang Aulë, penempa ahli di dunia. Namun, segera Mairon terjerat oleh Melkor (Morgoth), yang ingin memerintah dan menguasai semua Arda. Mairon ini berganti nama menjadi Sauron lalu mengabdi pada Morgoth dengan setia, dan bahkan di kemudian hari, setelah Morgoth dikalahkan dan terkunci di luar batas-batas dunia, Sauron mendorong dan memaksa manusia untuk menyembah Morgoth sebagai Dewa. Namun, sementara Morgoth ingin mengendalikan atau menghancurkan Arda, keinginan Sauron adalah untuk mendominasi pikiran dan kehendak dari makhluk mahluk penghuni Arda. dalam hal ini Sauron mungkin lebih praktis daripada tuannya Morgoth.
Selama Zaman Pertama, kaum peri Noldorin meninggalkan Alam Berkah Valinor di Barat (melawan nasihat kaum Valar) dalam rangka memerangi Morgoth, yang telah mencuri harta berharga peri, Silmarils. Dalam perang, Sauron menjabat sebagai letnan kepala Morgoth, perannya sangat menonjol diantara rekan-rekannya yang setara. Dikenal sebagai Gorthaur yang Kejam, Sauron pada waktu itu dijuluki master ilusi dan perubah bentuk, serigala jadi-jadian adalah hamba-hambanya, bos mereka adalah Draugluin, srigala jadi jadian dari shire, dan Thuringwethil, vampir beringas haus darah. Ketika Morgoth mencaplok kota manusia Angband, Sauron diarahkan untuk Perang melawan Peri. Ia menaklukkan pulau Peri Tol Sirion, sehingga belakangan dikenal sebagai Tol-in-Gaurhoth, Isle of Werewolves, pulau serigala jadi-jadian
Sepuluh tahun kemudian, Finrod Felagund, raja Nargothrond dan mantan penguasa Tol Sirion, meninggal di Beren; segera setelah itu, Luthien dan Huan si serigala mengalahkan Sauron di tempat itu dan menyelamatkan Beren dari cengkeramannya. Setelah kekalahan telak oleh Luthien, Sauron memainkan bagian kecil dalam peristiwa-peristiwa Zaman Pertama (mungkin bersembunyi dari Morgoth), dan setelah tuannya dikalahkan dan diusir oleh kaum Valar, Sauron bertobat dan memohon ampun. Tapi ia tidak bersedia untuk kembali ke penghakiman di barat, dan karena itu ia kemudian melarikan diri dan bersembunyi.
Zaman Kedua
Setelah sekian lama berbaring tersembunyi dan tidak aktif selama sekitar seribu tahun, Sauron kemuadian muncul dengan mengenakan wajah yang lain di Zaman Kedua. Ia Menyebut dirinya Annatar, Anugerah Dewa, ia berteman dengan Peri pandai besi dari Eregion, dan belajar dari mereka dalam seni dan sihir. Tapi tidak semua peri percaya padanya, khususnya Lady Galadriel dan Gil-galad, High King of the Noldor, tetapi hanya sedikit yang mendengarkan mereka. Para Peri menempa Cincin-Cincin Kekuasaan, tetapi Sauron secara rahasia menempa Cincin Utama di Gunung Maut untuk menguasai cincin yang lain, ia mencurahkan sebagian besar kekuatannya sendiri ke dalam Cincin itu.
Sauron kemudian hari dikenal sebagai Pangeran Kegelapan dari Mordor. Dia membangun Barad-dur, Menara Kegelapan, dekat Gunung Maut; membangun Gerbang Hitam Mordor untuk mencegah invasi; merusak jiwa sembilan raja fana manusia dengan member kepalsuan janji lewat pemberian Rings of Power dan mengubah mereka menjadi Nazgul (Hantu Cincin), yang setia kepadanya; dan membentuk pasukan besar-besaran dari Orc, Troll, dan Manusia Hitam (Easterling dan Southrons).
Kekuasaan Sauron mencapai puncaknya 700 tahun setelah ia menciptaan Mordor, di abad ke-17 dari Zaman Kedua. Segera setelah Sauron menciptakan Cincin, Celebrimbor dan Pembawa Cincin lainnya menyadari pengkhianatannya, lalu mengobarkan perang dengan dia. The War of the Peri dan Sauron adalah konflik berdarah yang menghancurkan Eregion dan menghancurkan banyak wilayah lain di Eriador. Celebrimbor dibunuh dan tubuhnya disate pada sebuah tombak dan dibawa berparade didepan legiun Sauron. Para Peri kalah dan didesak mundur hampir ke Blue Mountains, sementara kurcaci sekutu mereka (yang juga menolak Sauron) mundur ke balik tembok Moria di mana Sauron tidak bisa menyerang mereka. Sauron sudah menguasai hampir seluruh bumi Tengah, tetapi Numenor menanggapi permintaan bantuan Peri 'yang meminta Numenor mengirimkan pasukan pendukung. Pasukan gabungan lalu bersatu dan mampu mengalahkan pasukan Sauron di Eriador setelah saling gempur dalam pertempuran besar, Mordor dikalahkan dan Yang Dipertuan Kegelapan itu melarikan diri kembali ke Mordor dengan sedikit saja pengawalan.
KAMU SEDANG MEMBACA
GONDOR & DUNIA TENGAH
FantasyKisah hebat dari JRR Tolkien...Dunia Tengah..Gondor..dan konflik berkepanjangan dengan Mordor dan Sauron. Dari keruntuhan Numenor, lenyapnya Arnor hingga Perang Cincin.