NUMENOR

557 5 0
                                    

Numenor adalah negeri bangsa manusia keturunan Edain dari Zaman Pertama, pulau Elenna adalah anugerah yang diberikan Dewa sebagai tempat kediaman kaum manusia. Belakangan mereka takabur dan berbalik melawan Valar dan Numenorpun dihancurkan pada tahun-tahun terakhir Zaman Kedua.

Prolog

Ketika Matahari terbit untuk pertama kalinya diatas Dunia Tengah, ras baru memulai eksistensinya di tanah yang disebut Hildórien. Mereka adalah ras Manusia, Secondborn dari Children of Ilúvatar. Mereka yang berbaris dari Barat ke Beleriand selama Zaman Pertama disebut Edain dan membuktikan diri sebagai sekutu dekat dari kaum Peri,. Tiga wilayah utama dari bangsa Edain: yang pertama yaitu House of Beor, berdiam di Ered Luin, House of Haleth dan House of Hador, yang mendiami pegunungan Barat, masing-masing memiliki fitur yang berbeda dan cara hidup yang berbeda.

Dalam peristiwa yang terjadi pada Zaman Pertama, kedua kerabat ras Ilúvatar, manusia dan Peri, berjuang bersama-sama melawan satu musuh bersama yaitu Morgoth. Kedua belah pihak mengalami kerugian dan korban yang sama besarnya. Ketika pertempuran terakhir Zaman Pertama dimenangkan oleh kekuatan-kekuatan dari Valinor, kaum Valar menghadiahi bangsa Edain dengan memberi mereka tempat untuk tinggal di luar Dunia Tengah. Tempat itu disebut Elenna dan kemudian dikenal sebagai Pulau Numenor. Terletak di tengah antara Endor dan Aman, di sanalah keturunan dari tiga negeri dari Edain mendirikan Kerajaan Numenor di SA 32, yang akan berlangsung dan mendominasi seluruh Zaman Kedua.

Garis Elros

Dua pasangan yang terdiri dari manusia dan Peri sangat penting artinya bagi sejarah Numenor. Luthien dan Beren adalah yang pertama. Anak mereka, yang disebut Dior, menikahi Nimloth dari Doriath dan Elwing dilahirkan. Idril dan Tuor, yang kedua dari dua pasangan antara Manusia dan Peri, adalah orangtua dari Earendil si Pelaut. Elwing dan Earendil bertemu di Havens of Sirion dan dari mereka lahir keturunan kembar: Elros dan Elrond. Untuk yang berdarah campuran itu, Dewa Valar memberikan pilihan: untuk menjadi manusia atau sebagai Peri. Elrond memilih untuk tinggal di antara Peri sedangkan Elros bergabung dengan ras Manusia dan ia menjadi Raja pertama Numenor.

Keturunan Elros dari Numenor punya hak untuk mewarisi tongkat kekuasaan dan dengan demikian menjadi Penguasa Numenor. Dari pendirian hingga kehancuran Kerajaan, dua puluh lima raja dan ratu yang tercatat bertahta, semuanya adalah keturunan Elros. Garis darah ini juga memberi berkah tersendiri dengan anugerah usia hidup lebih lama daripada yang lain. Sementara usia bangsa Numenor sekitar 200 tahun, hidup penguasanya mencapai kelipatannya, 400 tahun. Di depan nama mereka, diberi kata dari bahasa Quenya,Tar, yang berarti "bangsawan" atau "mulia". Bahasa itu menunjukkan kesetiaan mereka pada aliansi dengan kaum Eldar. Ketika hubungan antara kedua ras semakin dingin, awalan itu tetap dipergunakan.

Raja Numenor dari Keturunan Elros :

Tar-Aldarion, seorang pelaut dan penjelajah Dunia Tengah

Tar-Ancalimë, Ratu Numenor

Tar-Minastir, mengalahkan Sauron bersama Gil-galad

Ar-Belzagar , penguasa pertama untuk mengambil nama Adûnaic

Ar-Adunakhor, melarang rakyat untuk berbicara dengan bahasa Quenya dan memutuskan hubungan dengan kaum Eldar

Ar-Pharazon, penguasa terakhir, sampai Kejatuhan Numenor

Pangeran Andúnië

Setelah Garis Elros, orang-orang yang memegang kekuasaan di Numenor adalah Penguasa Andúnië. Keturunan yang tertua dari raja keempat Tar-Elendil adalah seorang wanita, Silmarien. Karena kenyataan bahwa sang putra sulung memilih untuk tidak naik tahta dan malah kakaknya itu mengambil Sceptre sebagai Tar-Meneldur. Dia dianugrahi dengan gelar kehormatan "Lord Andúnië", yang diberikan untuk gelar turun temurun. Valandil adalah putra pertama Numenor dan yang pertama kali memakai gelar itu. Total ada Delapan belas Penguasa Andúnië, yang terakhir adalah Amandil, ayah dari Elendil. Terkenal karena persahabatan mereka dengan kaum Eldar, mereka dianggap pemimpin partai politik bernama Elendili.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Nov 09, 2015 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

GONDOR & DUNIA TENGAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang