Problem #1 : Menentukan Ide

1.2K 116 18
                                    

Hallo gengs!!

Ok disini gue mau jelasin cara untuk mendapatkan inspirasi nulis/ide versi gue karna tiap orang berbeda-beda buat dapat inspirasi. Catet loh gue cuma jelasin aja ngga ngajarin berhubung gue juga penulis amatiran yang masih belajar. Nanti kalau buku yang gue tulis udah dijual di gramedia dan jadi best seller baru gue ngajarin kalian *ngayal dikit.

Kalau penjelasan gue ini berguna alhamdulillah bisa membantu orang lain kalau bisa sebagai hadiah karna udah bantu lo ... ia lo yang baca ini gue ngga minta yang susah kok gue cuma minta satu cogan sepaket sama kesetiaannya *efek jomblo tapi kalau penjelasan gue ini ngga guna please jangan timpuk gue dengan sendal jepit.

Dimulai dari mana yah gue jelasinnya? Oh gue tau mau jelasin dari mana....

Pada zaman dahulu kala gue pernah cerita sama temen gue sesama author tentang masalah masing-masing gitu saat nulis dan dari sekian banyak masalah yang dia bilang, gue paling tertarik sama masalah nyari inspirasi nulis. Oke gue ceritain dikit pembicaraan gue sama dia.

"Lo kenapa ngga nulis di wattpad lagi?" tanya gue.

"Gue mau nulis cuma banyak banget masalahnya saat gue nulis" kata temen gue. nah disini gue bingung dia ada masalah keluarga atau gimana kok bisa ngga jadi nulis?

"Masalah apa maksud lo?" Tanya gue ke dia.

"Gini, guekan nulis terinspirasi dari keseharian gue sama ehem ... pacar gue. tapi kalau gue udah putus gimana mau cari inspirasi barunya coba" kata temen gue lagi. nah disini gue juga bingung awalnya.

Berhari-hari gue mikirin gue nulis selama ini dapat inspirasi dari mana yah? Secara gue jomblo sedangkan temen gue ngga bisa nulis hanya karna udah putus.

Dan setelah mikir berhari-hari eh ngga berhari-hari juga sih cuma sejam oke abaikan itu. Gue akhirnya tau kalau gue terinspirasi dari banyak hal.

First, gue biasanya terinspirasi dari kalimat yang paling sering muncul di sinetron yang gue nonton tau ngga kalimat apaan? Kalimatnya gini "tenang aku bisa ngejelasin semuanya ke kamu" kalau ngga percaya nonton aja sinetron pasti bakalan nemu kalimat kayak gitu.

Second, Gue juga pernah terinspirasi bikin cerita waktu gue liat keadaan sekitar. Misal, dijalan ada pasangan yang berantem gitu. Suara berantemnya besar bangett sampai-sampai berantemnya di liatin sama orang yang lewat termasuk gue, dan pertengkaran itu berhenti sampai si cewek ngelemparin sepatunya ke si cowok terus pergi gitu aja ninggalin tuh cowok dan sepatunya.

Dan banyak lagi sih tempat gue terinspirasi buat cerita. Bisa dari lagu, nonton drakor, liat keadaan sekeliling kayak contoh yang diatas itu, liat artis idola, dan banyak tempat kita bisa nyari inspirasi buat nulis. kalau gue nulisin satu-satu bisa keriting tangan gue.

Terus kalau udah dapat ide gue biasanya nentuin alur cerita gue dulu biar enak nulisnya semacam konsep buat cerita kedepan. Nah, ini penting nih. Karena biasanya, kebanyakan kalian nyandet di tengah jalan gara-gara keabisan ide kan? Ini termasuk bad habit author-author.

Saat kalian sudah menentukan ide apa yang kalian bawa, saat itu juga kalian seharusnya memikirkan ide dari prolog, konflik, ending secara rapi. But, ada yang bilang 'let it flow aja'. Terserah sih kalau kalian milih prinsip itu karena gue hanya menyarankan. Ok.

Kalau masalah alur sih, terserah aja yang penting masih enak di baca karna setelah membaca beberapa cerita di wattpad atau novel yang gue beli, alur dari mana aja bagus-bagus aja kalau cara menuliskan idenya bagus.

Contoh. ceritanya di mulai dari masa lalunya sama pasangannya terus dilanjutin dengan hubungannya dengan pasangannya itu saat ini. Kan kayak gitu udah menggunakan dua alur yaitu:alur mundur-maju. Itu tergantung yang buat cerita aja kok, kalau gue sih sukanya ceritain masa sekarang dulu terus nanti di flashback-in. Tapi itu tergantung yang buat cerita sih..

Dan ide buat konflik ini yang kadang susah banget buat gue. Tau kenapa susah? karna gue ngga tiap hari liat orang berantem di jalan jadi cara gue buat dapat inspirasi yang paling gampang buat konflik dengan nonton di drakor cukup di download aja, tapi walaupun inspirasi konflik susah di dapat jangan membuat konflik itu jadi cepat karna menurut gue dari semua buku yang udah gue baca itu ngga bakalan menarik kalau konfliknya dikit banget kayak kehidupan nyata aja ngga selamanya hidup itu indah pasti akan ada masalah #ea. Tapi jangan buat konfliknya terlalu banyak juga nanti reader-nya malah mikir "ini orang hidupnya susah mulu kapan bahagianya". Hahaha.

Menurut gue dalam cerita konflik juga menunjang buat bagus tidaknya buku tersebut. Misalnya, dari awal bacanya si cewek sudah menderita penyakit parah gitu. terus dapat lagi cowok buruk rupa terus dia dijual lagi ke om-om gendut terus nanti ada cowok tampan baik hati yang nolongin, eh ditengah jalan diculik lagi sama si om-om, terus dikejar cowoknya tapi mobilnya malah nabrak, terus meninggal. Kalau kayak gitu menurut gue malah gaasik. Juga membuat peminat berkurang karena membaca hanya ada konflik membuat boring.

Juga, kalian kalau mau nentuin konflik jangan yang pasaran. Misal, ada fandom gitu pergi ke luar negeri trs ga sengaja ketemu idolanya, trs deket, trs pacaran. Atau gak omeglean sm stranger, trs chat di kik, trs ternyata itu idola lo, trs meet up. Hell yeah, justru kaya gitu mengurangi minat membaca orang.

Hm, gue rasa udah cukup gue jelasin masalah bagian ide, inget loh gue cuma ngejelasin ngga ngajarin karna gue juga masih penulis amatiran yang masih belajar. Gue bukan penulis pro yang bukunya udah ada di mana-mana dan jadi best seller.

Thanks, dan semoga bermanfaat!

- 4 Juni 2016, by febrianiss.

Author's ProblemTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang