Problem #8 : Pembaca dan Feedback sedikit?

639 39 14
                                    

Ini adalah permasalahan penulis paling banyak ditemuin. Terutama untuk newbie.

Ada banyak kemungkinan cerita kamu jarang diminati,

1. Alur ceritamu mainstream dan gampang di tebak
2. Konflikmu jarang disukai orang
3. EYD yang berantakan
4. Bahasa yang berantakan
5. Cover tidak bagus
6. Sinopsis/summary tidak menarik
7. Kurang bersosialisasi

Hm, gue punya solusi dari kemungkinan-kemungkinan diatas (sepertinya).

1. Ceritamu mainstream

☆Solusi :
Rata-rata alur cerita yang sering ditemui membuat pembaca tidak tertarik lagi, berbeda dengan cerita yang jarang ditemui akan membuat pembaca penasaran dan akhirnya ia mampir ke ceritamu.

Contoh yang lagi marak-maraknya saat ini yaitu BADBOY yang bertemu GOOD GIRL. Banyak sekali temen-temen gue yang bosen kenapa badboy mulu?

Nah, buat kalian para author yang udah terlanjur suka sama karakter badboy.. alangkah baiknya menemukan ide bagaimana membuat alur yang baru tanpa harus meninggalkan tema BADBOY.
Contohnya, cerita punya ka intan walau Roland badboy tapi sama Dara jadi cute begitu:3
Atau gak punya ka Yosi yang Badboy Is A Good Papa. Tentu kalian penasaran kan badboy tapi jadi papa?

2. Alur cerita gampang ketebak
☆Solusi :
Ini fatal. Kalau ide mainstream masih gapapa. Tapi kalau alur yang udah mainstream alias gampang ketebak? Rata-rata pembaca akan langsung out.

Jadi diusahakan di setiap ending chapter bikin pembaca pensaran, sehingga mereka tidak akan langsung out atau jika cerita kalian on going, mereka akan dengan setia menunggu.

3. Konflikmu jarang disukai orang
-☆Solusi:
Apa hubungannya kemungkinan ini dengan membuat ceritamu banyak pembaca?

Nah, ini mempengaruhi banget.
Kalian harus pandai-pandai mengetahui apa yang sedang penghuni wattpad sukai. Konflik yang lagi disukai banyak pembaca akan sangat berpengaruh kesuksesan cerita itu.
Seperti :
- Perjodohan
- Badboy
- CEO
- Badgirl
- Possessive boy
- Affair
Dll.

Tapi kembali lagi, jangan sampai alurnya gampang ketebak.

4. EYD yang berantakan
☆Solusi:
Ini permasalahan yang sangat fatal, tal, tal. Sekali baca, terus lihat EYD berantakan, bakalan banyak yang langsung out. Karena menurutku, membaca suatu buku yang EYDnya sangat berantakan membuatku nggak nyaman bacanya.

Gak tau gimana cara nulis EYD yang benar?
• Cari di google
• Cari di wattpad, tutorial menulis yang benar
• Belajar pada author senior
• Belajar dari karya-karya author yang senior
Dll.

5. Bahasa yang berantakan

☆Solusi:
Ini gak terlalu mempengaruhi sih. Mungkin hanya 30% pembaca yang mempermasalahkan gaya bahasa.

Contoh,
Kalau genre kamu TeenFiction, usahain menggunakan bahasa yang gak terlalu baku (aku, lo-gue, lu-gua) karena menurutku kalau TnF pakai saya, itu akan membosankan. Kecuali caracternya emang dibikin nerd.

Selain itu, kalau diawal kamu udah nulis baku, jangan tengah-tengah kamu pakai gak baku. Aneh rasanya kalau dari kau terus chapter berikutnya lo.

Yah, taulah bahasa apa yang cocok untuk genre kamu.

6. Cover tidak bagus
70% pembaca rata-rata akan tertarik dengan suatu cerita dari covernya. Ya, minimal simple cover lah, bukan blur-an dari foto profil kamu.

Solusi kalau kamu gak bisa bikin cover, banyak tuh yang buka cover shop. Kebetulan cover shop worteloren lagi buka. Kuy pesan!

7. Sinopsis/summary tidak menarik
☆Solusi:
Ini juga mempengaruhi. Kalau kalian menulis summary langsung dari awal konflik sampai endingnya, tentu gak banyak yang minat. Misal, kalau di konflik memuncaknya si laki ini amnesia/meninggal, jangan ditulis di summary kalau dia bakal amnesia/meninggal. Kecuali kalau awal konfliknya lakinya emang amensia.

Coba deh buat summary dari secuil inti masalahnya.

8. Kurang bersosialisasi

Dan yang terakhir, kurang bersosialisasi.

Dulu, waktu gue jadi newbie, waktu followers masih 17, siapa coba yang bakal lirik ceritaku?

Nah, karena gue gak kehabisan ide.. gue promosiin cerita gue ke setiap wall followers, bahkan ke akun yang gak gue follow. Kalau bisa kasih iming-iming kalian bakal 'nge-feedback'.

Capek? Ya, namanya perjuangan. Tapi nanti bakal ada hasilnya kok.. kalau udah sukses banyak followers, gak usah begitu bakal banyak pembaca kok😉😉

Oke, itu aja. Maaf kalau ada kekurangan dan salah kata. Maaf juga kalau bahasaku kurang dimengerti dan berbelit-belit karena nanaz hanyalah manusia biasa.

Semoga bermanfaat..

By nanaz a.k.a expectonaz

Btw, gue bingung mau bahas apa di next chap. So, ada saran?

Author's ProblemTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang