Perang Vietnam

64 4 0
                                    

SAATNYA BELAJAR SEJARAH \(^^)/

BOLEH DI SKIP KALO PUSING BACANYA HIHI:3 TAPI BIAR GA BUTA SEJARAH, LEBIH BAIK DIBACA. ITUNG-ITUNG NAMBAH WAWASAN SEKALIGUS BIAR MENGHAYATI CERITA INI.



Perang Vietnam, juga disebut Perang Indocina Kedua, adalah sebuah yang terjadi antara dari sampai di . Perang ini merupakan bagian dari antara dua kubu ideologi besar, yakni dan .

Dua kubu yang saling berperang adalah Republik Vietnam (Vietnam Selatan) dan Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara) dan bersekutu dengan Vietnam Selatan, sedangkan - dan (2/11/1963-2/5/1975) mendukung Vietnam Utara yang berideologi .

Jumlah korban yang meninggal diperkirakan lebih dari 280.000 jiwa di pihak dan lebih dari 1.000.000 jiwa di pihak .

Perang ini mengakibatkan eksodus besar-besaran warga Vietnam ke negara lain, terutamanya , dan negara-negara Barat lainnya, sehingga di negara-negara tersebut bisa ditemukan komunitas Vietnam yang cukup besar.

Setelah berakhirnya perang ini, kedua Vietnam tersebut pun bersatu pada tahun .

Salah satu korban paling terkenal dari Perang Vietnam ini adalah Kim Phuc

Vietnam dijajah oleh sejak tahun sampai mencapai kemerdekaan pada tahun . Setelah bebas dari belenggu penjajahan , selalu menentang dan mengecam serangan pihak asing.

Pada abad ke-19, menjadi wilayah jajahan . Perancis menguasai setelah melakukan beberapa perang kolonial di mulai dari tahun 1840-an. Ekspansi kekuasaan disebabkan keinginan untuk menyaingi kebangkitan dan kebutuhan untuk mendapatkan hasil bumi seperti rempah-rempah untuk menggerakkan industri di untuk menyaingi penguasaan industri .

Semasa pemerintahan , golongan rakyat dibakar semangat dan ingin dari . Beberapa pemberontakan dilakukan oleh banyak kelompok-kelompok , tetapi usaha mereka gagal. Pada tahun , semasa dirundingkan, meminta untuk bersama-sama membuat perundingan agar dapat merdeka. Permintaan tersebut ditolak dan beserta sel

Setelah pemerintah tumbang, pemerintah menggalakkan kebangkitan pergerakan nasionalis di kalangan rakyat Vietnam. Pada akhir Perang Dunia II, Vietnam diberikan kemerdekaan oleh pihak Jepang. Ho Chí Minh kembali ke Vietnam untuk membebaskan negaranya agar tidak dijajah oleh kekuasaan asing. Ia menerima bantuan kelompok OSS yang akan berubah menjadi CIA nantinya.

Pada akhir Perang Dunia II, pergerakan Viet Minh di bawah pimpinan Ho Chí Minh berhasil membebaskan Vietnam dari tangan penjajah, tetapi keberhasilan itu hanya untuk masa yang singkat saja. Pihak Jepang menangkap pemerintah Perancis dan memberikan Vietnam satu bentuk "kemerdekaan" sebagai sebagian dari rancangan Jepang untuk "membebaskan" bumi Asia dari penjajahan barat. Banyak bangunan diserahkan kepada kelompok-kelompok nasionalis.


source ; wikipedia

Back In Time [Cancelled]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang