Nama gue Immanuel Han, lulusan Psikologi UI lima tahun lalu, dan udah kerja sebagai guru BK di SMA Nusa Bangsa sejak tiga tahun yang lalu. Sebenernya umur gue baru 27, dan gue nggak pengen dipanggil 'Pak' segini cepetnya, tapi apa boleh buat. Gak mungkin dong gue nyuruh anak didik gue buat manggil gue 'Om' atau 'Bang'? Bisa-bisa gue ditendang keluar sama Pak Kus.
Dan yeaaah, ada dua anak yang dari awal mereka kelas 10 selalu berantem: Adam sama Kei. Gue nggak pernah ngerti kenapa selalu si Kei yang cari gara-gara sama Adam. Pas gue telpon ke rumah dia sih, yang angkat selalu pembantunya. Gue rasa Kei anak brokenhome atau semacamnya dan butuh perhatian?
Sementara si Adam, gue rasa ayah dia keras banget ngedidiknya. Gue nggak tahu ibu dia kemana. Mau tanya juga keburu takut duluan gue. Habiiis, suara ayahnya Adam di telpon tuh berat banget. Kan gue langsung merinding. Hiiy!
Rencana gue untuk bikin Adam dan Kei baikan adalah dengan nyuruh Kei ngetutor dia. Keren gila, cuma dalam sebulan Adam bisa ngalahin Kei si juara bertahan! Gue seneng. Tapi pas Kei meledak di kantor gue, saat itu gue sadar nggak semuanya lancar bagi dia.
"―ntar saya traktir bapak kopi deh. Permisi Pak."
Gue mengerjap sadar, pas Adam udah nyeret Kei keluar. Bibir gue kering. Salah kah langkah yang udah gue ambil? Shit. Gue tau keadaan jiwa Kei labilnya ngelebihi cewek, dan sekarang dia meledak! Shit shit shit!
Gue cepet-cepet bangkit dan keluar, terus berhasil nemuin sosok Adam dan Kei yang menghilang ke lapangan belakang. Gue bergegas ke sana. Kali aja mereka mau baku hantam. Atau apapun.
... walau ternyata enggak.
Pas lihat mereka ngomongin masalah mereka, yang berakhir dengan ciuman, gue speechless. Baru nepuk jidat. Iya ya. Kenapa gue nggak kepikiran? Selama ini Kei cari gara-gara soalnya dia pengen diperhatiin Adam. Tapi siapapun yang kenal Adam kayaknya tau anak cowok itu level pekanya di bawah nol, sampai minus. Gah.
Gue biasa aja sih sama mereka yang kayak gitu.
Habisnya... gue sendiri sama sih, kayak mereka. Nggak ada yang tau karena selama ini gue nggak pernah bersikap nggak wajar, walau gue juga nggak pernah nggodain guru-guru cewek atau nanggepin murid-murid cewek yang jadi fans gue. Mau gimana lagi. Pertama kali gue tau kalau gue gay aja pas di UI, ketika temen cowok gue ngajakin dugem di bar khusus gay. Pengalaman buruk, kalo lo tanya.
Dan lo tau? Dua hari kemudian, gue nerima telpon dari ayah Adam. Dia minta ketemuan di kafe. Mampus. Jangan-jangan gue mau dibentak-bentak? Selama ini pas gue nelpon dia buat ngelapor kalau Adam kena masalah, tanggapan yang gue dapet selalu gumaman menggerutu, habis itu sambungan langsung putus sih. Pak Hadrian juga nggak pernah dateng tiap gue suruh ke sekolah. Anjir abis lah pokoknya.
Tapi toh, gue nunggu dia juga hari Sabtu ini, jam lima sore, di Starbucks.
"Pak Han?"
Gue kaget denger nama gue dipanggil dengan nada rendah, otomatis noleh. Dan lo tau? Gue tercekat.
Di samping gue udah berdiri seorang pria, kalau nggak umur 30 ya 40, dengan tatapan datar dan rahang tegas. Dia jenggotan, tapi tipis bacut, dan itu cocok sama kulitnya yang nggak putih-putih amat. Dia berdiri deket banget sampai-sampai gue bisa cium parfum dia. Gah.
"... eh, ya?" respon gue terdengar tujuh detik kemudian. "Pak Hadrian?"
"Tonda aja," pria itu kelihatan lelah, kemudian menyampirkan jas dia ke sandaran kursi dan meletakkan tas kerja di lantai. Ayah Adam melonggarkan dasinya sejenak sebelum duduk, sambil ngelirik gue.
Anjir! Ketauan gue udah merhatiin dia! Cepet-cepet gue fokus ke cangkir latte gue.
"Uh, oke, Tonda," gak tau kenapa gue jadi gugup. "Kalau gue―eh, maksud saya, uh... "
KAMU SEDANG MEMBACA
Chemistry [in ed.]
Romance[A] Gua kira Kei itu setan lepas dari neraka. Tapi ternyata enggak―dia yang ngelepas mereka dan sama-sama bikin rusuh hidup gua di dunia. [B] Adam itu cowok yang kelewat gak peka, otak udang pula!―oh, atau mungkin enggak. Gue yakin udang sendiri bis...