Gue risih pas jalan ke kelas dan anak-anak pada ngeliatin kita―gue dan ciprik satu itu, si Kei. Dia bilang mulai hari ini nebeng gue terus, biar hemat bensin dan nggak ngerusak dunia. Hemat sih hemat, tapi kalo sesekolah tau gue akur sama musuh bebuyutan gue tiba-tiba kan gak lucu. Pake jalan bareng pula.
"Lu jauh-jauh dari gua napa," gue nusuk bahu Kei yang masih aja nempel di samping.
"Oh gitu, habis dipake semalem gue langsung dibuang?" Kei cemberut dan astaga, dia gak sadar apa kalimat barusan ambigu banget?
"Ciprik, jaga suara lu!" gue nonyor kepala dia.
"Gah, jahat lo Dam!" Kei berseru, nepis tangan gue dan lari duluan ke kelas. Baru lima langkah, dia balik badan, teriak, "AWAS AJA NTAR MALEM LO NGGAK BAKAL GUE BIARIN TIDUR DI KASUR!!!"
Taiii, sengaja banget dia teriak-teriak! Gue bisa denger anak-anak di koridor cekikikan, setengahnya pasang tampang cengo gitu, dan gue cuma bisa nutup muka. Sumpah, demi semua tai di dunia, anak itu entah polos atau bego sih. Tapi plis, jangan sofa lagi. Punggung sama kaki gue ketekuk lantaran sofa Kei kekecilan buat gue pake selonjoran.
Bel masuk berdering, memotong pikiran gue.
Rasanya males banget belajar. Mending gue bolos, tiduran di UKS atau atap sekolah. Mumpung lagi musim hujan, jadi kalo siang ya nggak terik-terik amat, cenderung mendung gitu. Trus kan hawanya jadi bikin tambah ngantuk. Gue sendiri setengah sadar setengah enggak pas pelajaran bahasa Indonesia.
Tau-tau pas gue bangun, bel istirahat udah berdering dan anak-anak langsung kayak macan lepas, beringas gitu, berhamburan ke luar. Gue nguap, ngecek jam, terus bangkit. Gue cek kantong gue. Perasaan sisa uang kemarin masih ada, hmm.
"Adaaam!! Dicariin anak nih!"
Gue ngangkat muka, noleh ke sumber suara. Kei lagi di depan pintu kelas, nunjuk-nunjuk ke arah cewek yang nyaris sama tingginya kayak dia. Gue pengen ketawa pas sadar si Kei itu pendek banget buat ukuran cowok. Untung dia gak gendut, bisa-bisa gue gelindingin juga kek bola sepak.
"Dam!" Kei berseru lagi, walau di telinga gue lebih mirip ngerengek.
"Iyee, berisik!" gue ngehampirin mereka berdua, masih nahan senyum.
"Adam, aku pengen ngomong sesuatu ke kamu," cewek itu, entah siapa namanya, natap gue malu-malu.
Gue angkat alis. "Apaan?"
Si cewek kaget kayaknya, gue main todong gitu.
"Eh, uh, bisa ke tempat yang lebih sepi nggak? Aku malu kalau ngomong disini...," dia ngelirik ke arah Kei, terus nunduk lagi.
Gue juga ngelirik Kei yang mesam-mesem. "Lu nggak usah peduliin ciprik satu ini. Anggep dia monyet. Atau tembok. Gua gak peduli."
"Tai, awas lo ya!" Kei berusaha nonjok gue, tapi gue tangkep tinjunya.
"Berisik," gue natap datar ke dia, terus balik lagi ke cewek itu. "Jadi? Lu cepetan ngomong napa, gua laper."
"Hahahahaha, lo resek kalo lagi laper!" Kei ketawa gak jelas, tapi sukses bikin gue setengah nyengir. Gak tau kenapa sih. Gue rasa kabel otak gue belum nyambung habis tidur tadi.
"A-a-aku suka sama kamu Dam, mau nggak jadi pacar aku?" cewek itu nembak gue akhirnya.
Gue speechless. Kei juga langsung nutup mulutnya yang semula mangap. Kita berdua saling lirik, dan entah perasaan gue aja atau apa, tapi kayaknya muka Kei rada merah? Kok gitu? Gue yang ditembak kenapa dia yang malu-malu? Aneh bacut.
"K-kamu nggak perlu jawab sekarang Dam," cewek itu buru-buru nambahin, "Kamu pikirin lagi di rumah, ntar kasih tau aku kalau kamu siap."
Tch. Dikira PR apa, pakai dipikir lagi di rumah. Ogah gue. Pas gue masih berusaha memproses apa yang sebenernya terjadi, gue lihat cewek itu nunduk tapi ngelirik tangan kanan Kei. Dan itu bikin si ciprik kelihatan nggak nyaman kayaknya. Dia berusaha ngelepasin tangannya yang baru gue sadari masih gue genggam.
Oh ya. Kei.
"Sori," gue jawab cepet-cepet sebelum tuh cewek pergi. "Gua nggak bisa. Lagian gua udah terikat sama dia," sambil bilang gitu, gue angkat tangan Kei yang ada di genggaman.
Cewek itu kayaknya kaget setengah mampus, gak tau kenapa.
"K-k-kamu s-s-sama K-Kei p-p-pacaran???"
Gila nih cewek. Ide somplak dari mana tuh? Gue muter bola mata.
"Gak gitu," gue ngibasin tangan kanan, "gua udah janji mau fokus belajar biar naik kelas, dan Pak Han nyuruh nih monyet buat jadi tutor gua," terang gue panjang lebar. "Udah ah. Gua ke kantin dulu. Dah."
Sambil ngedumel gue jalan ke kantin. Yang bener aja, masa di masa-masa kritis kayak gini ada yang nembak gue? Ya kaliii gue sempet pacaran. Mending gue tidur atau main game atau nonton di rumah, ketimbang ngabisin duit buat cewek. Ayah juga bakal murka kalo tau gue semena-mena sama uang dari dia.
"Adam, s-sakit, tangan g-gue," terdengar rintihan yang bikin gue kaget. Oh iya, gue kan tadi nyengkram tangan Kei juga ya. Duh, bego.
"Sori, sori," gue buru-buru ngelepas tangan dia dan agak ngerasa bersalah juga lihat kulit dia jadi merah. Sumpah, sampai ngecap lima jari gue. "Gue nggak sadar. Sori prik."
Kei meringis doang. Dia natep gue, terus miringin kepalanya.
"Tapi seriusan, Dam, lo ngapain nolak Nia? Dia cantik loh padahal. Baik juga," kata Kei. "Lagian jarang-jarang kan ada cewek berani nembak lo frontal banget kek tadi."
Gue mendengus. "Kalo gitu lu aja pacaran sama dia."
"Ceilaaah, pake marah~" goda Kei, nyikut-nyikut rusuk gue. "Bukan gitu, tapi gue rasa lo nggak apa pacaran selama gue tutorin. Pak Han juga nggak ngelarang kan."
Gue muter bola mata, nyentil kening Kei rada keras, bikin anak itu mengaduh lagi.
"Kalo gitu anggep aja gua pacaran sama lu, puas?" bales gue masa bodoh. "Udah ah, laper gua." Dan gue tinggalin si Kei sendirian. Ribet amat sih jadi orang. Mungkin dia gak pernah ditembak kali ya, beda sama gue yang walaupun punya IQ di bawah rata-rata, tapi gue cukup sering nerima pengakuan kek tadi.
Belum pernah ada yang gue terima sih. Cewek terlalu rempong, menurut gue. Belum lagi kalo mereka pms atau apalah itu namanya. Untung ayah nggak nyoba nikah lagi. Bisa-bisa hidup gue direcoki juga sama wanita di rumah. Gah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Chemistry [in ed.]
Romansa[A] Gua kira Kei itu setan lepas dari neraka. Tapi ternyata enggak―dia yang ngelepas mereka dan sama-sama bikin rusuh hidup gua di dunia. [B] Adam itu cowok yang kelewat gak peka, otak udang pula!―oh, atau mungkin enggak. Gue yakin udang sendiri bis...