Walaupun gue baru oficially punya akun disini tahun 2016, gue sebenernya udah lama nge-stalking situs oren satu ini. Kayaknya menjanjikan, dan nggak kayak situs-situs lain, visualnya dan UI nya cukup bagus. Komunitasnya pun kayaknya supporting dan bersahabat.
Pertamanya gue silau, "Gile... Nih situs pasti isinya orang-orang yang nulisnya dewa." Gue pikir kalo gue join tulisan gue bakal tambah bagus.
Dan ternyata gue emang bener, tapi benernya cuman dikit.
Di balik what's hot list dan cover-cover mentereng a la desainer grafis profesional itu ternyata lama kelamaan terungkap, di dalamnya bersembunyi borok-borok berupa:
1.Roman Picisan
Cerita-cerita klise (baik itu fanfic atau original) yang kalau dibaca sekilas kayak copas satu sama lain, kadang ditulis sama orang yang nggak lulus pelajaran bahasa. Isinya paling banter cewek nerd yg suka sama bad boy, atau kalau mau lebih greget lagi ya Stockholm syndrome. Bahkan topik yang terhitung pelecehan seksual dan pemerkosaan juga dimasukin buat shock value atau seru-seruan. Padahal itu bersifat menyinggung dan sensitif banget, gak sepantasnya dimain-mainin.
2.Fanfic 1D. Fanfic 1D dimana-mana... Dengan cerita yang mirip-mirip poin nomor satu pula. Ini bukan fansite 1D. Dan kalau lu mau berargumen: "Kalo gak suka gak usah liat." Gimana gue bisa nggak liat kalo itu ada di mana-mana? Suruh merem?
3.Ganteng Ganteng Serigala versi Wattpad
Ribuan (atau jutaan) cerita werewolf dan vampir rasanya cuma punya 2-5 macem plot, mayoritas berkiblat pada Twilight dan mencoba menjadi Stephenie Meyer II. Poin nomor 1 juga berlaku buat cerita semacam ini.
4. Weaboo bermekaran bak bunga sakura di musim semi.
Orang yang sekedar menyukai dan terinspirasi dari manga dan anime itu bisa dimaklumi. Tapi yang tergila-gila? Nggak. Apalagi yang merasa dirinya keren karena menjiplak dan menggabungkan 2 atau lebih plot dari anime populer dan menyebutnya "Karya sendiri". Lalu memasukkan sepatah-patah dialog Bahasa Jepang yg gak perlu (lucunya, kadang setting ceritanya bukan di Jepang dan tokohnya bukan orang Jepang). Parahnya itu sama sekali nggak di-italic atau di-translate. Lu pikir semua orang ngerti?
5. Plagiat tak tahu diri.
Siapa yang nggak benci demit satu ini, nggak perlu gua jelasin lagi
Herannya kok bisa mereka survive di dunia Wattpad ini? Kadang banyak followers dan peminat ceritanya malah.
Mereka bisa nyolong tulisan dari Wattpad atau situs lain (yang seringkali nggak bisa di copas) Bahkan ada yang emang nulis di deskripsi ceritanya kalau dia ngambil cerita orang lain. Nggak, itu bukan penebus dosa. Kecuali lu punya izin dari penulis aslinya, itu sama aja lu ngumumin diri lu ke seluruh Wattpad: "Woi! Gue maling! Tapi gue ngaku, gue baik 'kan?"Nggak.
Inget kasus orang yang bercanda pura-pura bawa bom di bandara? Ya nasib lu kayaknya bakal lebih buruk. Tapi inget Gayus Tambunan? Ya, asal lu punya whiteknight sama followers yang bisa lu bego-begoin nasib anda mungkin bisa lebih baik selagi membuat penulis-penulis lain yang bekerja keras kesel sendiri.
6. Masih banyak lagi. Terutama tentang sistem dan komunitasnya.
Dan mereka di mana-mana.
Cerita-cerita itu laku! Banyak orang yang suka!Yah... Terus terang gue rada kecewa. Tapi apa boleh buat, dunia ini emang pada tempatnya mengecewakan.
Mungkin orang bilang gue iri, tapi gue sebenernya mau bilang "Kenapa?!".
Kenapa yang plagiat dan penuh klise itu begitu dipuja-puja di sini? Emang banyak juga sih yang beneran orisinil, kreatif, dan overall bagus, tapi berapa banyak? Ketutupan sama cerita-cerita murah kayak gitu.Dan gue juga ngerasa kok belum pantes populer atau apalah. Gue pernah nulis rant di suatu medsos dan seketika jadi populer, komennya ratusan... Gue shock. Padahal gue biasanya bikin status cuman satu dua like-nya. Sebenernya gue bisa aja ngikutin cara orang-orang di atas biar terkenal atau sengaja bikin tulisan kontroversial. Tapi gue nggak mau terkenal macam begitu.
Segini aja dulu rant gue di bab ini... Sampai jumpa di bab berikutnya! Topiknya akan lebih seru (?) lagi karena akan membahas salah satu tipe manusia kontroversial di wattpad...
Buat kalian, hal apa yang paling menyebalkan dari Wattpad?
KAMU SEDANG MEMBACA
Amuk Massa: A Wattpad Rant
Random(Indonesian) Kumpulan dari curahan jengkel hati yang membuncah akan hal-hal di Wattpad ini. Ditambah dengan taburan bahasa kasar dan sedikit rasa tak tahu diri. Mohon ditanggapi dengan kepala dingin. Saya takut diamuk massa.