Internet has taught us to have little to no shame. Dan bukti selama ini bicara; orang-orang telah mengorbankan rasa malu dan kemaluannya (ups) demi sekedar popularitas. Shame on you!!!
Pernahkah kalian menemui orang-orang tak kenal malu semacam ini di Wattpad?
1. Yang masang iklan sembarangan.
Ini halaman rumah gua di Wattpad a.k.a "conversation" di profil Wattpad gua, bukan papan iklan for you to use conveniently!!!
Kesel nggak sih setiap lu ngeliat notif isinya promosi orang yang lu gak kenal sama sekali dan bahkan gak pernah baca cerita lu se-kalimat pun?! Dan emang profil page yang isinya promosi orang enak diliat?!! Profil yang isinya promo semua itu juga bisa mengundang orang lain untuk promo sembarangan...2. Yang tak tahu diri luar biasa.
Misalkan, lu lagi pengen cari duit dan mutusin buat jualan sesuatu... Misalnya lu jualan kripik singkong. Lu susah payah tuh bikin kripik singkong; dari milih singkongnya, ngeracik bumbunya, sampe disain kemasannya dan masarin a la anak eksis di instagram. Pokoknya usaha keras lah.
Dan calon pembeli pun datang! Oh la la senangnya!!! Pembeli itu melihat produk lu... Membaca deskripsi produk dan komposisinya... Dia pun bilang:
"Aku juga jualan kripik singkong, mereknya 'Krpik Ashoy'. Dijamin enak penuh micin, beli punyaku yuk! Dijamin gak nyesel kakak... 😘😄😁👍👌"
Dan dia langsung pergi.
Tanpa beli.
Cuman buat ngomong gitu doang. What the fuck, bangsat?!
Nah, sering kan lu liat di Wattpad orang yang self-promo di cerita orang lain atau cerita lu dan itu super nyebelin. Seringkali tanpa baca sama sekali...
Adab sama sopan santun lu di mana, 'nyet? Masa' lebih ngertian gua yang hobinya nge-rant.
3. Ketika semua menjadi personal.
Pernah dikirimin pesan secara pribadi? Dari orang nggak jelas? Dan isinya promosi?
Ini mungkin masih bisa gue tolerir, tapi ya tetep aja... Agak menganggu. Rasanya kayak lu dapet surat kaleng... Itu aja.
Dan begitulah... Beberapa tipe manusia bangke yang gak tahu malu dalam promosi... Ada lebih banyak sih, tapi mendingan gua bikin buku taksonomi kecoa daripada ngurusin gituan.
Nah... Setelah baca, mungkin beberapa dari kalian bakal bilang:
"Terus gua gak boleh promo gitu?! Ntar cerita gua gak banyak yg baca!"
Lu boleh aja promo, promisi gak salah kok; asal tahu diri. Saran gue sih lu ikutan club resmi yang ada di Wattpad (kebanyakan Bahasa Inggris sih), atau nggak coba cari grup di sini yang lagi open member, bisa lewat LINE atau Facebook. Dengan memperluas jaringan pertemanan, maka audiensmu akan juga lebih banyak dan beragam. Mungkin juga bisa memberi masukan biar ceritamu lebih baik dan lebih banyak dibaca.
Selain itu cobain deh read for read, jadi lu minta cerita lu dibaca orang dan lu baca ceritanya juga. Sekalian terima aja tukeran feedback, biar ceritanya makin mancayyy. Asal jangan tukeran vote ya... Itu gak boleh lho sebenernya berdasarkan guideline Wattpad (makanya baca tuh guideline! Jangan cuman tau nulis sama ngeksis aja!)
Dengan dua cara di atas, lu tetep bisa promosi tapi dengan cara yang positif dan nggak ganggu. Selain itu hasilnya lebih nyata, bukan cuma asal bomb-vote, bisa dikasih feedback juga malah. Walaupun gak jamin sih, soalnya anak sini mah taunya beres doang.
Lalu yang paling penting... Jangan mikirin pamrih doang! Jangan mikirin gimana cara lu biar terkenal aja tanpa berinteraksi sama orang. Dunia ini prinsipnya timbal balik, and it's not all about you, egocentric piece of shit!!!
Dah, gua bingung mau ngomong apa lagi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Amuk Massa: A Wattpad Rant
Random(Indonesian) Kumpulan dari curahan jengkel hati yang membuncah akan hal-hal di Wattpad ini. Ditambah dengan taburan bahasa kasar dan sedikit rasa tak tahu diri. Mohon ditanggapi dengan kepala dingin. Saya takut diamuk massa.