Bab 17 Tanggal Terbit apa Tanggal Nikah?

14K 1.1K 108
                                    

"G-Gue m-masuk d-dulu."

"C-Cinta, s-saya beneran nggak bermaksud—"

"Nja, udah balik lu? Ya ampun, anak Emak ke mana aja sih seharian? Eh, ada cogan." Gue disikut Emak. Dasar emak-emak genit tahu aja ada bau-bau cogan. Padahal gue mau kabur, cepet-cepet masuk rumah biar nggak makin mupeng lihat wajah melas bin penuh rasa bersalah Mas Gema. Gemesh pengen nyipok ah.

"S-Saya Gemilang Fajar. Gema. Editornya Cinta."

Emak membalas jabat tangan Mas Gema antusias. Ah elah, Mak.

"Cinta? Si Nja-Nja maksudnya? Dih, kebagusan panggilan Cinta mah."

"Nja-nja?"

Gue tepok jidat. Kebongkar dah modus gue.

Emak nyikut gue lagi. "Nja, editor lu cakep gile," bisiknya bikin gue melotot.

Ya ampun, Mak. Orang yang lu bilang cakep di depan lu ini yang udah memerawanin anak gadis lu. Meski nggak bener-bener jebol gawang tapi—ah, sama aja kelez. Mas Gema udah pegang-pegang salah satu dari aset gue tanpa izin. Tandanya dia udah kelewatan—meski gue izinin sih kalo minta baik-baik.

"Cinta, nanti saya kirim email bagian yang harus direvisi tadi ya. Lalu kirim balik. Saya baca lagi, habis itu final kalau sudah bagus. Sesuai kesepakatan, nanti dipotong adegan yang nggak perlu agar lebih efisien, tanpa memengaruhi jalan cerita. Saya yakin tidak akan menimbulkan plot hole. Percaya sama saya, ya?"

Gue mengangguk pelan. Nggak mau ngomong deh. Serah dia mau nangkepnya gue ngambek atau marah dan sebagainya. Gue pengennya minta tanggung jawab, kawinin gue gitu. Tapi ya masa gitu? Ogahlah. Gue maunya kawin kalo emang siap beneran dan sudah sama-sama kenal, suka sama suka. Bukan karena paksa-paksa. Ya kali masih zaman perjodohan paksa, itu mah cuma di mattpad aja.

Apalagi yang udah dewasa dan berdikari kayak gue gini, gue bisa milih sendiri lah ya. Gue paham susahnya beradaptasi kalo gue nikah dini. Apalagi yang nggak kenal calon suaminya. Ih, teman hidup nggak boleh asal pilih kata Emak. Emak aja udah lama kenal Pak Saipul, masih perlu penjajakan dan pemantapan sampai tiga tahun lebih. Dalam sekejap mata dijodohin, nama belum hafal udah mau dikawinin? Mattpad kali.

Bukan gue melarang, ya tapi dilogika aja gitu. Kawin kan urusannya bukan berubah status aja, tapi semua-muanya. Ena-ena, komunikasi, motif dan tujuan kudu dipikir matang-matang. Seumur hidup itu kontraknya. Misal suatu saat gue baru tahu kentut suami gue super bau super nyebelin pas udah kawin, lalu petjah keributan dan berakhir perceraian—duh amit-amit dah—kan yang rugi siapa? Cowok mah mau celup di mana aja, nenek-nenek atau ayam kampung, kan nggak terdeteksi. Ya kali cewek udah dibobol bisa balik segel?

Itu baru sisi ena-ena. Masih banyak pertimbangan lain. Ngeri juga kalau kasus mattpad kebanyakan terjadi beneran. Penjahat kelamin kawin sama perawan, udah dihamilin lalu diselingkuhin. Si Cewek kabur, anaknya ketemu si bapak, CLBK lalalili. Realita mah, si bapak kalo jahat ya jahat aja, istri kabur ya kawin lagi. Kawinin simpanannya, bahagia selamanya. Dih, gue nggak mau yes. Tulisan itu bisa jadi doa. Gue nulis yang positif-positif aja dah.

Yang penting nikah kalau udah siap aja dan punya rencana ke depan. Biarlah perjodohan dini menimpa Dini dan Anandhi aja. Jangan sampe, mak-mak yang baca mattpad terinspirasi begituan. Die.

Gue sih lumayan penasaran dikit karena Emak nggak ada tuh rencana jodoh-jodohin gue. Awalnya sekedar baca-baca aja di mattpad. Tapi begitu tahu kerasnya kehidupan dan risiko-risiko yang mengikutinya, merinding ah gue jadinya. Gimana enggak? Anandhi aja bilang perjodohan dini itu sebuah kejahatan, masa anak negeri kita cita-citanya kawin muda. Masih sekolah pula. Melestarikan kejahatan dong. Kawin muda, cerai muda, hamil muda atau mati muda. 

Pinangan (Mas) EditorTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang