Gue meneguk habis teh pucuk yang baru aja gue beli di kantin sambil meluruskan kaki gue di ruang himpunan, setelah berpanas-panasan dan bolak balik loading barang paling enak adalah tidur-tiduran. Nasib jadi ketua bidang logistik untuk festival himpunan adalah harus rela pulang paling akhir untuk cek segala perlengkapan, review rencana kerja K3, review pembagian dan jalur transportasi, dan cek perkembangan dekorasi — untungnya untuk dekorasi ada Anggi yang bantuin gue, jadi gue gak harus terlalu detail untuk yang ini.
Gue baru aja pulang dari beli alat-alat perlengkapan yang ternyata belum sempat kebeli sama staff perkapnya. Biarpun Chaka dan Sani temen gue, tapi pas gue tau ternyata ada beberapa hal yang belum kebeli - tadi mereka sempat kena semprot, dan akhirnya langsung jalan keliling Depok demi selesainya tugas negara. Tapi namanya juga Chaka dan Sani, setelah mereka dapat barangnya - bukan sekalian di loading juga ke ruang himpunan, malah cuma diturunin dari mobil, dan abis itu mereka langsung cabut ke apartment Chaka yang terletak di Margonda Residence.
"Raga?" Gue langsung bangun dari posisi tidur begitu mendengar ada yang memanggil gue,"Eh sorry ya bikin kaget, lo belum pulang?" Gue yang tadinya lumayan takut - karena gak expect ada yang manggil gue di jam Maghrib begini langsung tersenyum lega.
"Lo lumayan bikin kaget sih, Jiw." Jawab gue, "Mau istirahat dulu sebentar, capek banget abis bolak-balik loading barang. Sekalian nunggu macet. Lo sendiri kok belum balik?"
"Tadi Anggi minta tolong untuk bantuin cek dekor." Jawabnya, matanya menunjuk ke kardus yang lagi dia bawa, reflek gue langsung mengambil kardus yang dia pegang, "Eh gak usah, Ga. Itu enteng kok...biar gue aja."
"Gapapa, biar sekalian capeknya. Ini kan juga harus disimpen di lemari barang-barang logistik. Ketuanya siapa?" Canda gue, dan kali ini Jiwa hanya balas dengan senyuman.
Namanya cukup unik, Anjiwani. Dipanggilnya Jiwa. Gue jarang banget sih denger nama orang "Jiwa" atau bahkan ada unsur-unsur "Jiwa"nya. Kalo boleh jujur, gue waktu maba sempet naksir sama Jiwa - dan bodohnya gue cerita ke anak-anak, yang sampe sekarang dijadiin bahan ceng-cengan sama mereka. Apalagi pas mereka tau kalo Jiwa ternyata jadian sama Erlangga, anak seangkatan yang jadi pujaan setiap wanita Fakultas Ekonomi.
"Tumben hari ini sendirian aja, biasanya sama yang lain." Kata gue, mencoba untuk basa-basi dan mencari topik sama Jiwa. Karena biarpun sekarang gue gak senaksir itu lagi sama Jiwa - biarpun gue tau dia single. Tapi tetep aja, kalo ada kesempatan ngobrol sama Jiwa, jangan sampai disia-siain.
Jiwa menghela nafas, dan gue mulai merasa kalo pertanyaan gue kayanya salah. "Gak tau, Ga. Pada gak ada kabar." Nadanya sedih, dan gue jadi gak enak sendiri sekarang sama dia. "Tadi sempet ketemu Mario sih, tadi mau gue ajakin pergi selesai rapat. Tapi ternyata dia udah ada plan duluan sama Bhagas, Tommy, dan Andri."
"Oh iya, tadi pas makan siang gue juga liat mereka di kantin. Belakangan ini kayanya Mario sering nongkrong sama mereka ya, Jiw?"
Jiwa mengangguk pelan, "Gue sejujurnya agak worry sih, Ga." Katanya tiba-tiba, "Bukan rahasia lagi deh, Bhagas, Tommy, dan Andri itu orangnya kaya gimana, permainan dan lingkungan mereka tuh kaya apa. Bukannya mau jadi teman yang posesif dan ngatur, tapi gue takut banget kalo Mario jadi terpengaruh sama mereka."
"Ngerti kok gue. Waktu maba gue dan yang lain kan sempet sering nongkrong sama mereka, sampe hampir setiap hari dinyinyirin, diceramahin terus sama Laras dan Anggi. Tapi namanya juga laki, kalo dibilangin malah gak mau dengerin."
"Terus?"
"Sampe akhirnya waktu itu Bhagas maksa Sani dan Jackson buat cobain ganja. Mereka tentu gak mau, tapi kayanya karena Bhagas udah mulai giting juga jadi agak maksa dan ngeselin gitu. Sempet agak ribut, dan darisitu kita mulai jauh dari mereka. Tetep baik, cuma gak nongkrong bareng lagi aja." Lanjut gue, "Eh ya ampun Jiw, jangan panik gitu dong mukanya. Gue gak maksud gimana-"
"Gak apa-apa, Ga. Gue emang anaknya suka kepikiran gini, gak mau aja Mario kenapa-kenapa." Potong Jiwa, "Duh sorry banget ya, gue malah jadi curhat colongan gini."
"Santai aja lagi, anggap aja gue mama Dedeh yang bisa lo curhatin terus, hahaha!" Sahut gue, biarpun gue tahu ini agak sedikit garing tapi gue berusaha membuat mood Jiwa baikan, kasihan banget lihat mukanya yang panik dan kepikiran gitu.
"Hahaha! Papa Dedeh dong jadinya, kalo lo mamah-mamah yang ada gue ngeri!"
Ternyata biarpun garing tetap bikin Jiwa ketawa lepas! Gue seneng banget lihatnya, selain merasa berhasil naikin mood Jiwa, lihat Jiwa ketawa tuh juga bikin adem - dan emang sih gak pas kalo gue gombal sekarang...tapi asli, Jiwa cantik banget kalo lagi ketawa lepas gini.
"Iya pokoknya kalo lo butuh curhat, remember to come to Papa Dedeh, okay?"Balas gue, dan lagi-lagi Jiwa tertawa, "Udah jam segini nih, balik yuk."
Jiwa langsung melirik jam tangannya, "Eh ya ampun, udah malem ternyata. Sorry ya gara-gara gue curhat sih ini." Katanya sambil bangkit dari duduk, dan mengambil tote bagnya.
"Enggak, enggak. Gue tadi juga sekalian nunggu macet kok, Jiw. Tapi kalo kelamaan dan kemaleman di kampus ngeri juga, takut ketemu yang aneh-aneh." Jawab gue yang dengan sigap mengambil tas ransel gue - abis ngomong kaya gitu gue malah jadi ngeri sendiri, "Lo bawa mobil, Jiw?"
"Bawa kok, Ga."
"Oke, cek lagi ada barang yang ketinggalan gak?" Jiwa menggeleng, dan dengan cepat gue langsung mematikan lampu, dan mengunci ruang himpunan. Sehabis itu kita berdua langsung cepat-cepat cabut dari gedung utama dan menuju pelataran parkir - selama perjalanan baik gue dan Jiwa gak banyak ngobrol, mungkin karena dua-duanya juga udah rada ngeri malem-malem masih di kampus, dan kebetulan kampus juga hari ini sepi banget.
"Mana mobil lo?" Tanya gue begitu kita sampai di pelataran parkir, dan Jiwa langsung menjawab dengan menekan kunci mobilnya, membuat dua lampu dari mobil Honda Jazz putih didekatnya menyala.
"Ini mobil gue, hahaha. Mobil lo parkir dimana, Ga?"
"Disitu." Jawab gue sambil menunjuk mobil Ford Ecosport abu-abu yang terparkir cukup jauh dari mobil Jiwa - gara-gara tadi mobil gue dipake buat beli barang-barang, makanya dapet spot parkirnya gak bagus.
"Perlu gue anterin gak, Ga? Siapa tahu lo takut jalan sendirian kesana."
"Hahaha! Engga kok, gue langsung lari aja nanti." Jawab gue, membuat Jiwa ikut tertawa, "Yaudah lo balik gih, Jiw. Lo hati-hati ya, jangan ngebut-ngebut. Cabut dulu." Lanjut gue, sambil mengangkat satu tangan mengajak Jiwa untuk high-5, sudah menjadi satu kebiasaan bagi gue dan teman-teman - kalo ada yang balik pasti high-5, brofist, atau kadang Anggi atau Laras suka meluk.
"Okay, Ga. Lo juga hati-hati ya." Jawabnya sambil membalas high-5 gue, "And thanks for today, thanks for listening to me. It means a lot"
Tanpa Jiwa sadari, justru kata-katanya sendirilah yang sangat berarti buat gue. Rasanya tuh seneng dan lega banget bisa bantu orang lain, dan apalagi buat gue - orangnya tuh Anjiwani Adelia.
"Anytime you need a friend, Jiw. I am all ears for you."
KAMU SEDANG MEMBACA
Jiwa & Raga
Teen Fiction⚠️UNDER REVISION -and then she knew, that you could become homesick for people too