Tiba lah saatnya untuk verifikasi nilai snmptn. Gue benerin nilai yang salah input, rela ngantri kayak nunggu sembako demi benerin nilai. Berbekal nekad, gue coba aja deh ngikut pdss.
Hari demi hari berlalu, waktunya verifikasi tiba.
'Bismillah' gue teken dah tuh tombol verifikasi. Tapi tetep, gue gak berharap lagi sama snmptn.Semenjak merenung, gue lebih rajin beribadah, di setiap do'a gue pasti minta jalan-Nya yang terbaik. Begitupula dengan hasil snmptn, apapun hasilnya gue harus terima. Bisa lanjut login ya syukur, nggak juga berarti bukan rezeki gue. Karena snmptn ibarat hoki juga sih.
21 Februari 2017
Tepat pukul 08.00 WIB, web pendaftaran snmptn dibuka. Temen deket gue bisa lanjut login, di situ gue ikut seneng karena temen berjuang gue bisa lanjut mendaftar. Semua emosi berkecamuk dalam hati. Badan gue ikutan lemes sambil nunggu server snmptn yang saat itu down.
Setelah berhasil masuk, gue masukin tuh NISN dan password. Hasilnya adalah.......
Langsung gue tunjukin hasil itu ke temen deket gue.
Dia bilang, 'Va coba lagi, aku yakin kamu lolos.'
'Nggak, itu udah disuruh berjuang sbm kok.'
'Coba lagi, Va. Cepet coba'
Gue turutin deh kata temen gue. Sebanyak tiga kali gue nyoba, hasilnya tetep sama. Dan entah kenapa perlahan air mata gue netes, ada rasa kecewa di hati gue walaupun sebenernya emang gue gak berharap snmptn. Gue bingung gimana cara ngomong sama ibu, karena pasti ada rasa kecewa di hati beliau.
Gue nangis di kelas sejadi-jadinya. Gak peduli lagi kalau diliatin sama temen-temen sekelas. Temen deket gue ikut nangis sambil meluk dan nenangin. Gue tau, di kelas bukan cuma gue yang nggak bisa lanjut daftar.
'Udah, Va. Mungkin jalan Allah bukan di sini, Allah ngasih di jalan lain. Snmptn bukan satu-satunya kok'
'Ayo Va kita hantam sbmptn sama UTUL UGM'
Di situ gue masih nangis, ditambah lagi kata-kata temen gue, yang bikin tersentuh dan berpikir.
Ya, mungkin Allah ngasih gue jalan bukan melalui snmptn. Mungkin Allah gak mau liat gue kehilangan semangat sbmptn kalau gue masuk ke deretan 50% dan lebih down saat gak lolos seleksi.
"Rencana Tuhan itu jauh lebih besar dibanding rencana manusia.
Jika kita tidak mengerti, marah, tidak terima dengan situasi yang kita hadapi, boleh jadi karena kita tidak tahu, bahwa Tuhan menyimpan rencana yang lebih indah bagi kita."
-Tere LiyeFKG, gue gak akan menyerah. Tunggu gue dapetin satu kursi di sana melalui jalur lainnya. Dan untuk kalian yang masuk deretan 50%, selamat yaaaaa!!!!😘😘😘
KAMU SEDANG MEMBACA
SNMPTN 2017
Non-FictionTidak berharap, namun ada rasa sakit menerima kenyataan bahwa itu tak jadi milikmu.