VIII // Grandma

336 49 8
                                    

Kok aku bingung ya mau mulai dari mana.. hihihi..

Di chapter sebelumnya, tepatnya chapter VI // Pregconition aku pernah ngebahas tentang nenek-ku.

Sebenernya aku udah ga punya bahan lagi buat diomongin, tapi ya chapter ini menurutku sedikit menarik karena nyeritain tentang nenek-ku.

Dari SD aku suka banget nyeritain tentang nenek-ku ke temen-temen. Dari cerita serem tentang pohon kresek, cerita tentang nenek-ku yang bisa liat masa depan, cerita tentang nenek-ku yang bisa nyembuhin orang. Segala macem cerita deh!

Biasanya aku manggil nenek-ku itu dengan sebutan Mbah Putri atau Mbah Ompong. Walaupun kalau dia senyumin kamu terus yang keliatan cuman dua gigi doang, dia masih tergolong mbah yang cekatan loh! Masih bisa nyetir mobil, masih bisa ikutan senam pagi bareng ibu-ibu rempong, dll.

Btw itu cuman perkenalan doang kok, yang seru nya baru aja aku mau mulai.

Mbah putri itu seorang indigo.
Ya, dia bisa ngeliat hantu, dia bisa ngobrol sama hantu, dia bisa nyembuhin orang. Tapi karena rumah nenek-ku di daerah perkampungan, beberapa orang nyebut dia 'Dukun' Hhhh...

Dari semenjak aku kecil, kalau ke rumah nenek-ku pasti selalu ada pasien. Iya, pasien. Dari dulu, mbah putri dipercaya bisa nyembuhin penyakit orang-orang, dari keseleo, flu, demam, muntaber, hmm kayaknya hampir segala jenis penyakit deh wkwk. Dengan cara diurut dan dikerokin. Aku sih awalnya gak percaya, tapi setelah aku mencobanya badanku merasa enakan #TestiAlaTo*ngF*ang.

Bener sih, orang-orang yang pernah diurut sama nenek aku biasanya bakalan balik lagi dan jadi langganan.

Menurut aku sih ada yang lebih sering daripada dikerokin dan diurut, yaitu lewat air mineral. Pasien bakalan dateng bawa botol air mineralnya sendiri. Terus dia ngasih ke nenek-ku. Setelah itu nenek-ku bakalan pergi ke kamarnya pakai kerudung terus duduk menghadap air minum itu. Di"baca"-in lah itu botol yang berisi air. Dibacain doa gitu, tapi aku gatau tepatnya dia baca doa apa, yang aku denger cuman basmallah doang, sisanya kayak orang kumur-kumur (Read : Baca nya cepet banget). Biasanya orang butuh airnya untuk minta kelancaran, kemudahan, dan kesembuhan.

Musyrik gak sih dengan hal-hal yang dilakuin sama nenek-ku ini? Tapi dia itu niatnya emang mau ngebantu doang kok. 

Waktu dia muda, dia pernah dimimpiin sama ibunya, dikasih tau kalau dia bakalan diwarisin sesuatu dan ibunya ngasih dia satu kantung bubuk gitu. Tiba-tiba pas bangun tidur, nenek-ku udah megang kantung bubuk itu padahal dia awalnya tidur dengan tangan kosong. Ternyata nenek-ku itu diwarisin kekuatan yang bisa nyelamatin orang banyak dan kekuatan yang bisa bikin orang bahagia.

Semenjak itulah nenek-ku ngelaksanain amanat yang dikasih ibunya sampai sekarang.

Selain pasien yang terkena penyakit tubuh, ada satu jenis lagi pasien yang sering dateng ke rumah nenek-ku. Yaitu pasien yang kesurupan.

Aku paling benci banget kalo lagi di rumah nenek-ku terus pasien jenis ini dateng. Biasanya aku dan saudara-saudara ku yang lainnya bakalan disuruh pergi ke kemar supaya "hal" itu ga masuk ke dalem tubuh aku maupun saudara-saudara ku.

Tapi hal pasien sejenis itu sih cuman terjadi dulu doang, karena dulu di belakang rumah nenek-ku ada pohon kresek a.k.a pohon beringin. Nah di pohon itu banyak penunggu-nya. Tapi sekarang pohon itu udah ditebang jadinya gaada korban kesurupan lagi.

By the way, untuk nebang pohon itu diperlukan tujuh kyai loh. Aku inget banget dulu rumah nenek-ku didatengin orang banyak cuman untuk nyaksiin secara live proses penebangan pohon kresek itu wkwkwk

Nenek-ku juga punya segudang cerita horror yang pantes buat dijadiin ide film loh hahaha. Sumpah, cerita horror yang dialami sama nenek-ku itu seru banget.

Dari cerita rambutnya ditarik-tarik sama tuyul, di genteng rumahnya ada mb kunti lagi nangkring, sampai cerita penunggu pohon kresek yang gamau pindah.

Nenek-ku ini juga bisa ngeliat masa depan lewat mimpinya. THIS IS WHY I TOLD YOU GUYS kalau aku ngerasa aku ngewarisin hal semacam ini. #NgarepModeOn

Perkataan nenek aku juga keramat gitu. Ucapan dia itu pasti bakalan jadi kenyataan. Jadi gaada satupun anaknya yang ngebantah perintah dia, semuanya penurut. Termasuk aku, cucunya.

Pernah suatu saat, waktu orang tua aku lagi pergi keluar kota terus aku dititipin sama nenek-ku. Kakak aku itu suka banget berdiam diri di kamarnya. Dia sampe lupa kalo ada nenek-ku di rumah. Terus pas dia turun ke bawah buat nyari makanan, dia ketemu nenek aku sekalian salim.

Terus saat dia baru aja mau ngelangkah keatas, nenek aku bilang "Jangan ke atas, nanti ditemenin kuntilanak". Tapi tetep aja kakak aku naik ke atas ke kamarnya. Terus sejam kemudian dia banting pintu kamarnya, setelah itu kedengeran suara pintu lagi beberapa kali dan akhirnya dia lari ke bawah. Kan bikin orang khawatir gitu ya, akhirnya nenek aku nanya kenapa.

Dan dia bilang kalau tadi dia denger suara cewek ketawa dari kamar aku (Kamar kakakku dan aku itu sebelahan, apalagi ada celah gitu jadi kegiatan apapun bakalan kedengeran). Terus dia buka pintu kamar aku ternyata gaada orang, akhirnya dia lari kebawah. Terus nenek aku bilang "Tuh kan, mbah bilang juga apa. Kamu ditemenin."

And i was like 'ok mbah.'

Nenek aku itu seorang tata rias pengantin. Iya, dia yang suka merias orang-orang kalau mau menikah, dari gaunnya, make-up, sampai dekorasi tempatnya.

Ada sebuah cerita, udah lama banget sih ini. Nenek aku terima order-an sepasang pengantin, acara pesta pernikahan mereka itu berlangsung jam tujuh malam. Saat sebelum magrib, cowoknya itu pamit ke calon istrinya kalau mau ngerokok bentar di belakang rumah, tapi sampai setengah tujuh malam si cowok itu ga dateng-dateng, dicari kemanapun gak ketemu. Sampai hampir seminggu udah dinyatain hilang kan ya, terus calon istrinya akhirnya dimimpiin sama calon suaminya yang hilang itu.

Di dalam mimpi-nya, cowok itu bilang "Saya ada di belakang rumah, kok pada gaada yang ngeliat saya sih. Saya masih disini." Dan mimpi itu masih terus-terusan menghantui istrinya. Tapi sekarang aku gatau kabarnya gimana lagi, terakhir yang aku tahu ya suaminya masih belum ketemu juga. Nenek aku bilang kalau dia diumpetin sama jin. Hih..

Oh ya, waktu itu saat aku lagi di kamar ngobrol bareng ibu aku, aku nanya "mami percaya sihir gak? Kayak harry potter gitu." Lalu ibu aku jawab "Iyalah, mami sendiri yang ngalamin." Aku disitu langsung kayak speechless antara kagum sama penasaran.

"Dulu waktu mbah dapet amanat dari ibunya itu, dia itu juga dapet mantra kalo setiap mimpi. Mami juga masih inget mantra-mantranya. Mbah kan dulu buta huruf, jadinya mbah yang nyebutin mantranya terus mami yang nulis di bukunya. Karena tiap hari mami bacain mantranya buat mbah, mami jadi afal."

Terus aku nanya ke ibu aku, nyuruh dia buat bacain salah satu mantra. Akhirnya dia baca, cepet BANGET kayak orang baca mantra gimana sih? Aku kan minta bacain mantra yang lain ya, tapi dia gamau bacain katanya cukup dia sama adik ibuku aja yang tau.

Ternyata adik ibuku yang mana merupakan tanteku itu pakai salah satu mantra. Mantra kecantikan. Maka nya tuh gak heran dia selalu keliatan cantik, aura wajahnya tuh selalu enak buat diliat.

Aku bangga banget jadi cucu nenek-ku. Aku juga berharap pengen ilmunya nurunin diri aku. HAHAHA.

Intinya, nenek aku itu punya ilmu putih dan dia lah orang yang ngebuat aku makin yakin dengan hal-hal fiksi yang selama ini orang bilang "ah lo mah terlalu berkhayal. Gituan cuman ada di film."

I've just proved it, guys. Magic is real. Tergantung kamu nya percaya atau engga :)

***

Yaaayy!!
Finally aku update ya setelah sekian lama. Sebelumnya emang aku udah ganti cerita ini jadi "complete" tapi kemudian aku mikir kalau mungkin aja bakalan ada cerita-cerita baru lagi, tapi bakalan sedikit out of topic, jadi aku ganti lagi ceritanya jadi on going.

Eh iya, ini juga chapter terpanjang aku ya? Wkwkwkwkk.

MAKASIH BANYAK GAK NYANGKA CERITANYA UDAH 2.3K READERS!! Aku kira gabakalan ada yang baca, sampai-sampai banyak yang ngirim messages ke aku kalau mereka menantikan chapter terbaru dari aku, karena itulah aku jadi semangat nulis lagi.

My Darkest SideTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang