[002] Cari Gambar Dimana?

1K 85 6
                                    

Reader: Enaknya dimana ya kalo cari gambar? Suka bingung cari gambar yang jarang dipake orang nih. Soalnya, kalo cuma dari google itu-itu aja, ntar gambarnya samaan lagi sama cover orang lain.

Kabar gembira buat kamu semua yang pada bingung cari gambar kece dan gak semua orang punya. Ada lumayan banyak website keren yang isinya gambar-gambar beresolusi tinggi. Jadi ga perlu takut cover kalian hasilnya pecah atau burem.

Chek it out!

1. Google
Haduh, dijaman sekarang mana ada sih yang gatau Google? Gambar-gambar sedunia masuk deh kesitu. Macemnya banyak banget, tinggal ketik apa yang kita mau, muncul dehm sesimple itu. Tapi kenapa orang masih cari yang lain?
A. Gak semua resolusinya bagus. Nah untuk mengatasi masalah ini, saat kamu ketik keyword gambar yang kamu cari, cantumkan kata "HD" nanti gambar yang keluar rata-rata beresolusi tinggi.

Contohnya: nature HD, tumblr background HD, dsb.
B. Sering banget samaan sama cover orang lain. Kalo ini cara mengatasinya ya cari website lain. Emang cuma Google Images doang? Kalau kamu berfikir begitu, mulai saat ini kalian harus open mind nih.

2. We Heart It
Ber suka banget pake website ini guys, banyak banget gambar kekinian yang di update dalam web ini. WHI juga udah punya aplikasi kok, jadi kamu bisa download di Play Store. Gambarnya random kok dan sesuai sama keyword yang kita tulis. Tapi, ada beberapa keyword yang ga masuk juga disini, jadi kalau nulis keyword harus bener ya.

3. Tumblr
Ber disini sukanya cari gambar-gambar ilustrasi sih. Kalo ada yang minta Ber buatin cover ilustrasi, Ber larinya kesini nih. Keren-keren kok gambarnya, tapi Ber jarang pake web ini hehe.

4. Unsplash
Kesukaan bangett. Gambar disini emang ga sebanyak Google, tapii semua resolusinya tinggi, beneran ga boong. Truly bagus gengs, kamu ga perlu susah cari gambar yang resolusinya bagus, di web ini SEMUA HD. Kamu harus coba ke web ini ya.

5. Pexels
Di Pexels ini banyak banget menyediakan images yang temanya seni atau foto yang artistik. Gambarnya juga bagus-bagus kok, tapi untuk ilustrasi setelah Ber telusuri cuma dikit. Cobain deh.

6. Magdeleine
Baguss banget gambar-gambarnya guys, beneran. Tapi Ber saranin ya, kamu ga usah search disana, daripada sebel sendiri. Karena hasilnya kalo gak "Ga ada" ya palingan cuma satu atau dua yang muncul. Mending kamu save aja foto yang muncul di gallery-nya, itu udah bagus-bagus sih menurut Ber.

7. StockSnap
Bingung deh mau bilang apa lagi, kata-kata bagus Ber udah abis noh diatas. Pokoknya ini bagus. Ga bisa lagi mendeskripsikannya, mending kamu cek sendiri biar tau.

8. Jay Mantri
Dalam situs ini, juga nyediain foto yang berkualitas dan beresolusi tinggi guys. Tapi Ber sarankan kalo disini jangan cari gambar orang ya karena jarang. Disini lebih menyediakan foto objek kek pemandangan, bunga, dan lainnya.

9. DevianArt
Siapa hayo yang belum tahu? Banyak yang udah tahu dong ya. Disini banyak banget gambar-gambar gitu, biasanya Ber ke DevianArt kalo cari png atau ilustrasi aja. Dia juga udah ada aplikasinya kok di Play Store.

***

Next, kuy kita bahas keyword nya.
Perlu nih kita tambahin keyword yang pas buat cari gambar yang kita mau. Karena kalau kita pakai keyword itu-itu aja hasil gambar yang keluar juga gitu-gitu aja. Contoh keywordnya illustration, photography, tumblr, dan pastel.

Jadi, misal kamu mau cari gambar cewek, tulis aja di mesin pencarinya gini,
Girl photography atau girl illustration (kalo mau gambarnya kek kartun-kartun gimana gitu).
Buat yang belum tahu pastel, jadi pastel itu semacam warna ya guys bukan jajanan itu wkwk. Warna pastel itu biasanya warnanya lembut kalem gitu, Ber suka (gananya).

Tapi, keyword yang Ber tulis itu gak semuanya bisa di web yang Ber tulis diatas. Kamu cobain aja deh biar tahu sendiri.

Kadang kalo Ber bingung gitu, nulis keyword nya sesuaiin aja sama gambar yang mau dicari. Kek misal Ber mau cari cewek sedih, ya Ber tulis aja Sad girl photography.

Reader: Ber, udah nyari nih tapi tetep ga ketemu gambar yang gue pengen.

Kalau segala keyword udah kalian cobain dan tetep ga ketemu, mungkin gambar yang kalian cari emang ga ada atau sulit dicarinya. Jangan ngeyel deh ya, kalian coba cari objek yang lain yang berkaitan dengan cerita yang mau kalian buat. Jangan stuck sama satu objek aja, yakali di cerita kamu yang ada cuma satu objek doang. Open your mind, kamu pasti bisa. Atau kalau emang udah bener-bener mampet, kamu coba deh tanya orang lain enaknya pake gambar apa buat cover kamu.
Kamu juga boleh kok tanya Ber wkwk, beneran kok, siapa tahu Ber bisa bantu yekan.

Udah sih itu aja yang mau Ber bahas kali ini.

See you~

Jangan lupa voment ya💞

Milky Way: Cover Tutorial And TipsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang