Sekolah

938 31 5
                                    

Setiap Negara memiliki system pendidikan yang beda-beda, termasuk juga Korea Selatan dan Indonesia.
Ternyata, ada beberapa hal yang bikin siswa-siswa di Korea Selatan dan di Indonesia memiliki perbedaan, yaitu:
1. Jam sekolah,
2. Seragam,
3. Fasilitas yang diperoleh dari sekolah.

1. Jam sekolah
Rata-rata sekolah di Korea Selatan Untuk siswa SMP = 08.00 - 16.00
alias menghabiskan waktu 9 jam sekolah.

Untuk siswa SMA =08.00 - 21.30/22.00 alias menghabiskan waktu 15 jam sekolah!

Belum lagi biasanya sepulang sekolah mereka ikut les juga untuk persiapan ujian ke perguruan tinggi karena persaingan masuknya ketat banget. Setidaknya mereka akan pulang ke rumah pada tengah malam.
Nggak heran, makannya angka stress dan bunuh diri para siswa di sana sangat tinggi. Serem banget kan? 🙁

Kalau di Indonesia kita rata-rata masuk sekolah pada pukul 06.30/07.00 - 13.00/15.00.
Ya kurang lebih cuma 8 jam aja nih sekolahnya, setengah dari jam sekolah para siswa di Korea Selatan.
Bersyukur lah kita masih sempat buat main dan nongkrong bareng temen-temen sepulang sekolah.

2. Seragam
Sekolah di Korea (Selatan) :
-Siswa SMP baru diwajibkan pakai seragam.
-tiap sekolah punya seragam yang beda-beda.

Kalau di Indonesia:
-Ketentuan pakai seragam sekolah di Indonesia dimulai sejak SD bahkan TK
-Kita pakai seragam yang sama semua antar sekolah.

3. Fasilitas
Sekolah Korea (Selatan) :
-Memberikan jatah makan untuk para siswanya,Karena jam belajar yang lama.
- Yang unik di sekolah Korea Selatan yaitu banyak sekolah yang membuat peraturan bahwa 'Sepatu harus dilepas dan disimpan di loker saat masuk di gedung sekolah, kemudian siswa akan ganti menggunakan sandal yang telah disediakan'. Biar sekolah tetep bersih dan kaki siswanya nggak bau~kayaknya~.

Sekolah di Indonesia:
-Para siswa biasanya membawa bekal atau beli makanan di kantin.

.
.

Menurut kalian, enakan jadi anak sekolah di Korea Selatan atau di Indonesia?

Vote n comment...

Korea = IndonesiaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang