Usia

552 22 1
                                    

Usia di Korea lebih 1 tahun dari perhitungan umur Internasional.
Ini beberapa faktornya:

1.  Baru Lahir sudah 1 Tahun
Perhitungan umur di Korea pun ngga sama dengan di kita (indonesia).  Contohnya gini :
- Jo Kwo (Korea) lahir tanggal 11 September 1996 sekarang (2017) usia Jo Kwo 22 tahun.
- Joko (Indonesia) lahir tanggak 11 September 1996  sekarang (2017) usia Joko 21 tahun.

Kok bisa gitu?Jadi gini...

Di Korea waktu kita lahir itu kita sudah 1 tahun.
Karena 1 tahun itu dianggap sebagai usia didalam kandungan Ibu kita.
Walaupun ibu kita mengandung cuma 9 bulan atau ada juga yang sampe 10 bulan aja tapi tetep diitung nya 1 tahun.
Inget ! 1 TAHUN . Jadilah bayi yang baru lahir itu umurnya 1 tahun.

2. Tahun Baru Lunar (Ulang Tahunnya Warga Korea)
Kalo gue cari di internet Tahun Baru Lunar itu kaya Imlek (atau emang imlek?).
Jadi setiap Pergantian tahun Baru Lunar,umur SEMUA orang Korea ditambahkan 1 tahun dalam artian bahwa pas tahun baru lunar datang, semua orang korea ber ulang tahun, jadilah umur mereka bertambah.

Tapi  nanti begitu saatnya ulang tahun (sesuai dengan hari lahir), usia kita ngga ditambah lagi karena udah ditambahkan pada waktu tahun baru Lunar.

Contohnya :
(Misal 2017 tahun Lunar nya tanggal 10 Februari)
Jo Kwo dan Joko yang di nomor 1 tadi?
Dalam umur korea mereka sekarang berumur 22. Sebelum 10 Februari, mereka masih 21 tahun.
Tapi mulai tanggal 10 Februari nanti Jo Kwo dan Joko dianggap berusia 22 tahun.
Nah nanti pada tanggal 11 September 2017 pas mereka merayakan ulang tahun, mereka tetap 22 tahun. Gak nambah lagi umurnya.
Ngerti kan ???.

Orang Korea menggunakan umur sebagai patokan tata krama dan bahasa yang harus digunakan.
Kalau berbeda tahun,bulan atau bahkan MENIT pun sangat menentukan.
Mereka harus menyebut orang yang lebih tua dengan sebutan tertentu. Sebutan tersebut dikenal sebagai Kinship Terms (istilah kekeluargaaan).

Beberapa istilah kekeluargaan paling sering kita temui di dunia fandom Korea.
contohnya :
- Oppa =kakak laki-laki untuk perempuan
- Hyung = kakak laki-laki untuk laki-laki
- Eonni = kakak perempuan untuk perempuan
- Nuna = kakak perempuan untuk laki-laki.
- Seonbae/seonbanim =  Senior
- Hubae = Junior

Untuk seonbae dan hubae ini istilah tingkatan profesi / di sekolah.
Kinship jenis Eonni, oppa dan Hyeong juga bisa dipakai untuk orang yang bukan satu keluarga tetapi dekat/akrab.

Contohnya :
- Gue kenal dengan Iu, karena gue deket sama Iu gue manggilnya Iu eonni.

- Tapi kalo gue manggil Suzy cukup dengan Suzy-ssi, itu artinya gw ga kenal sama Suzy tapi manggilnya dengan sopan.

- Terus Kalo gue manggil Sulli harus degan embel-embel ‘seonbae’ jadinya “Sulli Seonbae!!!” gitu..
Ya lo tau kan gue itu adik kelasnya sulli.

Terus gue kan udah ngerti nih kenapa dikorea ditambah 1 umurnya... tapi kok ada member dari idol group yang Lahir di tahun yang sama tapi mereka tetep ngeggunain Kinship Terms kaya ‘hyung’ gitu,itu kenapa?

Karena.....

3.  MMS (Musim Masuk Sekolah)
Ada kasus yang terjadi kaya gini.. beberapa idol grup yang lahirnya cuma beda bulan kaya tadi,
KAI lahir 14 januari 1994 sedangkan Sehun lahir 12 April 1994 , tapi sehun manggil KAI dengan sebutan Hyung.

Contohnya lagi kyuhyun lahir 3 Februari 1988 manggil ryewook (21 Juni 1987) dan kibum (21 Agustus 1987) ga pake hyung padahal tahun lahir nya kyuhyun lebih muda.

Nah.. kalo kasus kaya gitu terjadi bukan hanya karena beda bulan atau tahun saja tapi lebih ke (MMS) Musim Masuk Sekolah.
Di Korea musim masuk sekolah adalah Bulan Maret jadi setiap anak yang berusia 6 tahun sebelum maret boleh masuk sekolah.

.
.

Ok maaf kalo ada yang salah
Mohon dimaklumi.

Vote n comment...

Korea = IndonesiaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang