Mentoring oleh Bellezza05
▪TANDA APOSTROF (PENYINGKAT)▪
Tanda apostrof disebut juga dengan tanda penyingkat.
Menurut EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), tanda apostrof merupakan tanda baca yang menggunakan alfabet latin (tertentu) dengan menunjukkan penghilangan bagian kata atau bagian angka tahun.
Tanda apostrof disimbolkan dengan (') yaitu penutup tanda petik tunggal dan juga dengan simbol prima ('), meskipun memiliki fungsi yang berbeda.
Penggunaan tanda apostrof menurut EYD terbagi dua, diantaranya :
1. Sebagai penghilangan bagian kata.
Contoh :
• Elle yang cantik nan seksi 'lah tiba. ('lah = telah)
• Yang suka menyepam 'kan Elle sunat pakai gergaji. ('kan = akan)
• Yang 'lum mencintai Elle dijamin menyesal. ('lum = belum)
• Yang belum mencintai Elle sudah menyesal, 'kan? ('kan = bukan)2. Sebagai penghilangan bagian tahun.
Contoh :
• 01 Mei '00. ( '00 = 2000) Tanggal lahir aku uyyy.... Bukan kode, sudah lewat soalnya.
• Cintaku kesasar di tahun '90. ('90 = 1990)A/N :
Tanda apostrof yang aku jelaskan di sini hanya berdasarkan untuk penggunaan di bahasa Indonesia. Jika di bahasa Inggris akan ada penambahan lagi.
Oke, cukup sampai di sini penjelasan mengenai tanda penyingkat dalam bahasa Indonesia. Mungkin masih banyak ditemukan penggunaan (') lainnya.
Tetapi, setelah membaca materi yang aku posting ini, semoga kita bisa lebih mengerti makna (') dalam tanda baca.
Jadi, kalau buka koran atau baca novel terus melihat tanda tersebut, kita bisa langsung tahu, itu namanya apostrof. Apostrof itu untuk menyingkat kata.
Semoga materi yang kusampaikan ini dapat berguna. Dan jika masih ada timbul tanda tanya besar di kepalamu, ayo silakan bertanya.
Q & A :
Q : Yang 'lum = belum itu jarang digunakan ya?
A : Jarang, tapi bukan berarti tidak ada, 'kan.
Q : Di setiap kata kan mesti ada tanda apostrofnya ya?
A : Iya, selama itu adalah singkatan. 'kan = bukan/akan, terutama untuk kata ini. Namun dengan catatan, berbeda jika; melupakan, kan ini tidak perlu dispasi dan tidak menggunakan tanda apostrof.
Q : Tapi kalau misalnya di dalam cerita chattingan gitu, itu tetap pakai tanda apostrof? (Jadi seperti dalam bahasanya dia sendiri)
A : Itu terserah saja. Digunakan juga lebih baik. Tapi bukannya kalau membuat cerita walaupun berisi tentang chattingan dengan menggunakan EYD yang benar, bukannya lebih bagus?
Apalagi di dalam berbicara dengan bahasa biasa, kita juga sering berbicara dengan singkatan akan/bukan = 'kan. Contoh : "Kamu nggak/tidak marah, 'kan?"
Nah, bukannya lebih bagus. Bahasanya luwes tapi penulisannya masih menurut EYD.
Q : Hai Bebebku, dari yang aku tahu dari Kak Dessyya, katanya dalam KBBI V penyingkatan kan itu tidak diberi apostrof. Dengan demikian kita ambil jalan tengah saja, bahwa kedua penulisan benar sampai salah satunya digugurkan. (copas omongan dia hihi). Benar tidak?
A : Hai juga bae, maaf sepertinya aku kurang setuju dengan pendapat itu. Karena menurut KBBI tanda apostrof ('/') untuk menghilangkan/menyingkatkan kata atau angka. Contoh :
Akan = 'kan dan 1999 = '99Q : Kak, kalo 'kan itu merupakan tanda apostrof dari akan, 'kan?
A : Aku mengerti maksud dari pertanyaan kamu. Tapi, 'kan bukan merupakan tanda apostrof. Tanda apostrof itu seperti simbol prima ('). Jadi, jawaban dari pertanyaan kamu itu, 'kan bisa singkatan dari akan dan juga bukan.
Q : Eh, berarti tanda apostrof itu pakai petik tunggal dulu ya (') ?
A : Iya Kak, karena tanda apostrof itu yang ini (') simbol prima atau ini (') tanda petik penutup tunggal.
Q : 1. Sebagai penghilang bagian kata.
Aku bingung sama yang 'kan itu kak, jadi kalau akan itu tidak diawali tanda petik? Nah, kalau bukan pakai tanda petik sebelumnya?
Seperti :
Kau memang jomblo abadi bukan?
= Kau memang jomblo, 'kan?Kau akan terkena kutukan para jomblo.
= Kau 'kan terkena kutukan para jomblo.Nah, lalu tanda yang benar itu (') atau (')?
A : Halo, sebelumnya aku minta maaf karena baru bisa jawab ya. 'kan (akan) dan 'kan (bukan) memang sama-sama menggunakan tanda apostrof bila disingkat, karena tanda apostrof berguna untuk menyingkat/menghilangkan kata atau angka.
Memang, banyak penulis yang jarang menggunakan apostrof pada kalimat/dialog dengan 'kan (akan). Mereka lebih cenderung menulis kata akan tanpa menyingkat.
Mungkin tujuannya agar para pembaca yang tidak tahu mengenai tanda apostrof itu tidak kebingungan membedakan. Atau mungkin juga, dia pribadi tidak tahu bahwa kata akan juga bisa disingkat dan penulisannya dengan menggunakan tanda apostrof.
Selanjutnya, tanda apostrof disimbolkan dengan (') yaitu penutup tanda petik tunggal dan juga dengan simbol prima ('), meskipun memiliki fungsi yang berbeda.
Q : Makna kan itu apa ya?
A : Makna kan itu bukan atau akan.
Kolom komentar juga terbuka lebar untuk kalian. Oke, cukup sekian dan terima kasih.
KAMU SEDANG MEMBACA
Ruang Belajar
RandomMedia pembelajaran bagi anggota Twinkle Pen yang dishare untuk menjadi pembelajaran juga bagi teman-teman Wattpad lainnya. Semoga dapat membantu. Amazing cover by @Alohomoraaccio