THE BASICS

15.9K 1.3K 13
                                    

T H E

B A S I C S



I am well aware about how noob I am in case of writing. But that doesn't stop me to create this. Soalnya cukup banyak orang yang nanya gimana cara gue nulis.

Jadi, gue nggak ambil gambaran umum berbagai teknik nulis. No. This is just the way I write. Makanya writing techniques ini sangat subjektif ke teknik yang gue pakai aja.

Gue rekomen kalian buat baca dulu writing tips buatan mbak Shireishou karena dia bahas banyak banget writing skills yang sangat mendasar dan menurut gue udah cukup detail buat pemula.

Udah enam tahun gue nulis. And, even though I'm not a beginner anymore (well not really), I'm always be student in case of writing.

Di sini, gue nggak akan terlalu bahas tentang EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) yang benar atau hal-hal yang biasanya udah ada tipsnya di internet (jadi cuma mention dikit aja), karena gue cuma jelasin gimana cara gue menulis serta beberapa saran kepenulisan.

Mohon dipahami bahwa bahasa penyampaian yang gue pakai di sini sebagian nggak sesuai dengan EBI. Kenapa? Karena... repot haha.

Pertanyaan seputar menulis yang nggak gue jawab, mungkin karena jawabannya cuma satu: Googling aja. Karena jawabannya udah ada di Google.

Tolong jangan promosi cerita kalian di sini. It's rude. It even violates Wattpad's Code of Conduct (peraturan Wattpad yang kalian setujui pas bikin akun Wattpad) for spamming, in case you haven't know.

Other than that, gue harap ini bermanfaat.

First, let's start from the basic: your mental and purpose as a writer.

Troia's Writing 101Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang