Puisi 21

2.9K 37 0
                                    

Tanah Air Ku
Karya: NailaFaradilla

Saya akan tetap—selalu mencintai tanah air ini.

Tanah air ku tidak ku lupakan...

Engkau berkata, tidak pernah atau bahkan takkan melupakan tanah air tercinta ini, tapi kau sukses disana, di negeri orang, dan akhirnya tidak pernah balik dan menengok negeri ini. Apakah kau tidak merindukan? Apa kau tidak ingat dimana tempatmu terlahir dan dibesarkan?

Kan terkenang selama hidupku...
Engkau berkata mau mengenang negeri ini selama perjalanan hidupmu, tapi kau malah mengenang negeri ini dengan kemirisan dan kalian malah membanggakan bahkan mengenang negeri orang. Kau tega membuat negeri ini terinjak, bahkan dijajah bangsa sendiri? Apa itu yang patut dikenang?

Biarpun saya pergi jauh...
Biarpun engkau pergi jauh bahkan sangat jauh dan kau tak menapakkan kaki di tanah ini—meninggalkan negeri ini, tanah dimana kau terlahir dan dibesarkan, pergilah...

Tidak kan hilang dari kalbu...
Engkau berkata, sekalipun engkau pergi kau tidak akan menghilangkan nama negeri tercinta ini di dalam kalbu mu, menggebu, bahkan menjadi rindu. Rindu pada negeri ini setiap engkau pergi jauh, setiap tak menapakkan kaki di tanah air ini rindu terus menggelitiki mu pada negeri ini.

Tanah ku yang ku cintai...
Engkau berkata, kau mencintai tanah air ini! Buktikanlah rasa cintamu pada negeri ini! Jangan malah membuat negeri ini semakin miris! Bagaimana negeri ini bisa harmonis? Kalau kalian saja tak rindu dan tak mencintai negeri ini!

Engkau ku hargai...
Engkau berkata akan menghargai tanah air tercintai ini, tapi terkadang kau tak menghargai jasa-jasa para pahlawan, perjuangannya sampai titik darah penghabisan demi membuat rakyatnya terbebas dari penjajah dan membuat merah putih berkibar bersama hembusan angin dengan indahnya...

Saya sadar, saya hanya seorang pemuda bangsa yang sok berpatriotis!
Saya sadar, saya hanya pemuda bangsa yang belum tahu apa arti merdeka yang sesungguhnya!

Demi tanah air ini
Aku mencintai Indonesia ku sepenuhnya!

***

Mohon untuk yang baca, plisss jangan lupa juga untuk vote nya huahaha😂

Terima kasih banyak💚

Puisi: Aksara BerceritaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang