Berjumpa kembali

12 2 0
                                    

BAB III (Berjumpa Lagi)
“Ini belok kanan sampai Sil” Bude-nya bersahut gembira.
“Dih iya sih, Esil lupa deh”
Ini adalah setelah lima tahun lalu Esil ke Brebes pasalnya lebih sering Bude-nya yang ke Jakarta karena ada juga saudaranya yang diBanten jadi sekalian, alhasil Esil pun lupa dengan denah rumah Bude-nya, tapi tidak masalah yang penting udah sampai kok.
Yuk kenalan dulu sama keluarga Bude-nya Esil, gak mau? Biar aku paksa lagi, jadi Bude-nya Esil tinggal dirumah yang alhamdulillahnya sudah lengkap dari lantai sampai genteng, ada 4 kamar tidur didalammya yang sudah ada kasurnya, kamar mandi juga ada dan sudah berair, dapur sudah ada beserta seperangkat alat memasak, serta ruang tamu yang sekarang kebetulan belum ada tamunya Esilkan saudara, bagaikan rumah sendiri, ada juga ruang santai keluarga lengkap sama televisi dan satu lagi ruang musik yang pemiliknya sekarang dijabat oleh anak sulungnya, oiy ruang makan bersama dapur yah.
Bude tinggal bersama Pakde dan ketiga buah hati mereka , ada mas Iro, mbak Ewi dewi sih sebenernya tapi lidah Esil sudah terlanjur kaku, dan adek Anto. Esil suka main sama mbak Ewi yang lebih tujuh tahun usianya dari Esil. Kalau adek Anto nakal tapi lucu suka bikin Esil ngakak-ngakak, terus kalau mas Iro cool, tapi jail bin iseng bin nakal bin ngeselin bin ngangenin. Ujung-ujungnya yah, gak apalah kan saudara ya harus saling merindukan biar silaturrahmi tetap terjalin, setuju kan?.
”Hallloooo Esil....Esil”
Suara riuh itu terdengar setelah pintu depan terbuka dan salam serta jawabannya terselesaikan, Esil malu-malu mendekat lalu mencium tangan mereka satu-satu kecuali adek Anton yang harus mencium tangan miliknya, ada yang ketinggalan tadi sempet cium pipi kanan dan kiri sama mbak Ewi yang super cantik.
“Mamah, Papah, mana?” Mas Iro antusias bertanya.
“Gak ikut mas, Esil sendirian kesini” Maaf, nadanya sedikit sombong, dengan sedikit aktivitas yaitu menggulirkan tas ransel dan oleh-olehnya diatas sofa yang ada.
“Bisa lo yah” Maaf kalo yang ini agak syirik dengan banyak aksen Brebesnya, pasti tahu kan?.
“Bisalah mas, lagian udah gede kalau bingung tinggal nanya, terus udah ada Google Maps jadi aman dan untung ada Bude yang tadi nelpon” Esil berhenti sampai disini setelah penjelasan panjangnya itu dirasa akan membongkar sebuah rahasia besar, tapi mulutnya gatel dan akhirnya keluarlah.
“Tadi tuh Esil nyasar” Nadanya sedikit kesal campur terharu.
“Wkwkwkkw. Hahhahh. Ckckkckckckck” Seisi ruangan ngakak-ngakak karena Esil terselamatkan coba kalau ilang semuanya pasti nangis-nangis.
Sebuah gelas lengkap dengan termosnya melaju lambat dari arah paling kiri ruangan, mungkin karena berat atau memang kecepatan pembawanya yang mulai turun akibat usianya yang sudah diatas rata-rata dari orang yang berada disini. Mbok Juju dengan sopan meletakkan minuman paling spesial diatas meja tamu dan dengan kecerewetannya berhasil membuta Esil bertekuk lutut dan langsung menghabiskan separuh dari yang ada digelas ukuran limabelas cm itu. Esil juga cium tangan mbok Juju barusan, beliau udah lama membantu pekerjaan Bude-nya jadi udah kenal, rumahnya deket anaknya banyak katanya ada yang ganteng kakaknya si bungsu. Mungkin nanti bisa kenalan.
Esil mau cerita kenapa dia datang seorang diri, simak baik-baik yah takut keluar disoal essai. Beberapa bulan lalu sebelum Ramadhan Esil sempet janji mau ke Brebes, walau gak sampe upacara persumpahan, Mamah dan Papah Esil tidak ikut karena saudara dari Balikpapan akan berkunjung, tapi nitip salam ko sama nitip oleh-oleh juga,  jadi dengan nekat dan alhasil kesasar Esil telah melunasi hutangnya.
“Esil kabarin Mamah” Teriakan Bude-nya membludak ke seisi ruangan.
“Iyah, siap” Langsung membuka kunci Handphone-nya
Ttuuutt..tutt...tut...
“Halo, Assalamu’alaikum Mamah”
“Mama menjawab salam Esil lancar” (Wa’alaikumsalam)
“Kamu dimana, udah sampai belum, kenapa baru kabarin Mamah, Esil baik-baik kan, Sil?” pertanyaan itu satu nomor yah nilainya tigapuluh. Hee, panjang banget.
“Mamah, satu-satu” Esil membalasnya puas.
“Esil udah nyampe kok, semuanya aman Mah, Esil bersama semua perangkat pendukung sehat wal’afiyat”
“Aamiin” Adek Anto melengkapi.
Dan semua ngakak, Mamah Esil juga soalnya kedengeran kayak orang ketawa dari telpon, maaf kalau salah, yang penting Mamah gak nangis kan.
“Bude-mu mana sil?” Mamah Esil terdengar gak sabaran ingin bertemu sang kakak.
Duapuluhlima menit berlalu begitu asyik bagi Bude dan Mamahnya, uneg-uneg mereka berhasil tersampaikan dengan tuntas, tinggal handphone Esil yang sekarat dan minta dicharge yang akhirnya membuat percakapan dua bersaudara itu berakhir.
Pakde Esil emang orangnya pendiam tidak terlalu banyak bicara, jadi dari tadi cuma khusuk mendengarkan sambil senyum dan tanya seadanya, tapi Pakde baik, baik banget.
“Esil istirahat dulu, ayok mba anterin ke kamar”  Mba Ewi emang paling pengertian.

You is my supermanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang