46

187 6 0
                                    

***

Kita mudah sekali mengatakan seseorang sombong, hanya karena seseorang tidak mengenal kita. Hanya karena seseorang tidak melihat kita. Hanya karena seseorang tidak membalas pesan kita. Kita senang menghakimi orang lain dengan ukuran kita sendiri. Tanpa pernah berpikir: apakah orang itu memang nggeh dengan kita?  apakah seseorang itu tidak punya kesibukan lain?  apakah kita sedang tidak memaksakan kehendak?

Kadang beberapa orang lupa. Bahwa ukuran yang ada pada diri mereka, tidak bisa disamakan pada orang lain. Bisa jadi sebenarnya, kitalah yang sombong.  Kita tidak bisa menghargai kesibukan orang lain.  Kita tidak bisa menerima kenyataan kalau orang lain malas berkomentar masalah kita.  Kita tidak bisa menerima kalau kita tidak diterima. Kita suka memaksakan, sementara orang lain juga punya hidupnya sendiri.

Sebelum menghakimi, memberi cap buruk pada orang lain.  Mengatakan orang lain sombong, dan hal-hal buruk lainnya.  Apakah kita pernah berpikir, sudahkah kita memikirkan perasaan orang yang kita hakimi?  Sudahkah kita benar-benar bisa menghargai ruang orang lain.  Atau jangan-jangan kita hanya sedang memaksakan kemauan kita, yang tidak memikirkan mau orang lain apa.

Apakah setiap orang harus menjadi pahlawan untuk kita? Ataukah kita yang harus jadi pahlawan untuk diri sendiri.

***





























Quotes Inspiration ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang