Poin 21 : Riset dalam Fiksi

1.5K 108 5
                                    

Pemateri : Bellamiachi

📢 PENGERTIAN 📢

Riset berasal dari kata 'RESEARCH' dalam bahasa Inggris. Menurut KBBI V bermakna:
Penyelidikan (penelitian) suatu masalah secara bersistem, kritis, dan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengertian, mendapatkan fakta yang baru, atau melakukan penafsiran yang lebih baik.

👍 PENTINGNYA RISET👍

Meskipun cerita kita adalah fiksi, riset tetap diperlukan agar:

1. Cerita kita logis
2. Pembaca mampu masuk ke dalam cerita
3. Pembaca percaya cerita kita bisa terjadi

💜KAPAN HARUS RISET💜

Di awal pembuatan cerita, sebaiknya riset hal-hal utama. Misalnya karakter tokoh, setting waktu, dan setting tempat. Setelah itu seiring berjalannya cerita, bisa ditambahkan riset untuk hal lain, misalnya makanan, bahasa, agama, budaya, musim, profesi, dan lainnya.

🌈YANG PERLU DIRISET🌈

🌈 KARAKTER

Karaktermu harus logis. Jika seorang pelajar dibuat berkarakter bad boy yang tawuran, merokok, pakai narkoba, janganlah dibuat dia juara OSN Matematika. Kapan belajarnya? Yang ada siswa macam itu diskors atau dikeluarkan dari sekolah.

Sesuaikan karakter tokohmu dengan jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan, agama, latar belakang budaya dan keluarga.

🌈 PROFESI

Telitilah profesi tokohmu. Jangan sampai kamu menulis dokter umum memeriksa gigi atau seorang bidan melakukan operasi caesar.
Kalau perlu bertanyalah pada orang yang berprofesi itu.

🌈 TEMPAT dan WAKTU

Jika kamu membuat cerita bertempat di Gunung Himalaya, akan aneh jika ada banjir di sana.

Jika kamu membuat latar waktu tahun 1945, akan janggal jika masyarakatnya menggunakan ponsel.

Sesuaikan tempat dan waktumu dengan:
- Musim
- Sistem pemerintahan
- Makanan
- Geografis (gunung, laut, sungai, dan lain-lain)
- Benda-benda yang ada

🌈 KEBUDAYAAN

Berkaitan erat dengan TEMPAT dan WAKTU. Jika kamu menulis tentang budaya merayakan Halloween di Amerika, tentu aneh kalau setannya adalah Kuntilanak.

Selain itu, perhatikan bahasa atau dialeknya. Bahasa Jawa di Solo berbeda dengan Bahasa Jawa di Banyumas atau Surabaya.

🙅BAGAIMANA UNTUK FANTASI

Sekalipun menulis fantasi, riset tetap harus dilakukan. Misalnya mau menulis negara A perang dengan negara B, setidaknya risetlah strategi bertempur.

WRITING DISCUSSION 6 Oktober 2017

Catatan Materi Menulis BSWClubTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang