Pernah nggak sih ngalamin ini; ketika kita udah punya ide, lalu coba buat menulis, tapi selalu aja niatnya tertunda pas mau nyelesain naskah? Kayak ada aja hal yang tiap hari menjauhkan hubungan kita sama cerita. Berasa sampai lagi LDR-an saking jarangnya komunikasi bareng tokoh lagi. Pernah nggak?
Aku terinspirasi buat ngangkat topik ini setelah baca status Kak @ beberapa waktu lalu di FB. Isinya gini, "Awalnya udah ada, endingnya udah ada, konfliknya udah lengkap. Tinggal alurnya dan waktu menulisnya belum ada." Sama juga sama keluhan Kak @ , yang katanya lagi mager banget dan susahnya buat bangkitin semangat nulis itu kebangetan banget.
Aku rasa kita semua juga ngerasain apa yang Kak Icha sama Kak Lena rasain. Kita sering nyalahin waktu. Apa-apa kesalahan selalu bawa waktu. Cerita kita yang sampai sekarang belum update, yang disalahin siapa? Waktu. Kasihan banget si waktu jadi kambing hitam mulu.
Yah.. memang kadang kita terlalu sibuk sampai nggak tau cara buat nge-handle waktu itu gimana. Tapi lagi-lagi, itu dilempar ke pribadi kita masing-masing. Seberapa tanggungjawabkah kita sama komitmen yang kita buat? Jadi stop salahin waktu! Waktu ya tetap gitu, pada hakikatnya bakalan jalan terus. Tinggal cara kita ngejarnya itu gimana. Bisa menyeimbangi atau malah ngos-ngosan di belakang. Intinya masalahnya bukan sama waktu kan? Terus masalahnya itu di mana?
Kalau udah kayak gitu, ini akar masalahnya ya cuma satu.. MALAS. Iya, malas. Bukan writer's block, stuck, blank, dan bahasa keren dari malas lainnya. Karena malas, kita jadi nggak disiplin ngerjain naskah. Karena malas, kita jadi terus tarik ulur waktu buat mulai nulis cerita. Dan karena malas juga, kita jadi ngegantung tokoh-tokoh cerita kita. Cukup membahayakan bukan? Karena pada dasarnya malas itu nggak baik buat kesehatan.
Jadi gimana dong jalan keluarnya? Apa ada tips buat kita tetap disiplin 'nyentuh' si naskah?
Ya pasti ada dong. Semua masalah pasti ada solusinya. Oke simak tips buat disiplin di bawah ini, yang bisa aku bawa.
> Perjelas Komitmen (First of all)
Sebelum meneruskan niat buat nulis, coba tanya sama diri kamu sendiri; sebenarnya kamu nulis itu buat apa sih? Cari pengalaman? Sekadar ngisi waktu luang? Hobi?
Munafik namanya kalau seorang author memublikasikan cerita di wattpad karena emang cuma niatan yang di atas itu aja. Di relung hatinya yang paling dalam pasti ada satu hal yang jadi alasan buat dia semangat nulis: DITERBITKAN!
ON EDITING
SEBAGIAN CERITA DIHAPUS UNTUK KEPENTINGAN PENERBITAN
PROSES PENERBITAN
OPEN PRE-ORDER
SUDAH TERSEDIA DI TOKO BUKU SELURUH INDONESIA
Astaga, siapa yang nggak pengen kata-kata itu tersemat di ceritanya? Aku bahkan ngetiknya sampai gemetaran. Sekarang kita udah punya tujuan nulis yang sama kan?
Jadi, ketika semua bentuk malas itu menyerang kita, coba ingat-ingat lagi komitmen di atas! Coba bersantai sambil berandai-andai sebentar. Penuhkan kembali amunisi yang udah sempat kosong. Lalu dengan amunisi yang penuh itu, udah siap kan buat lanjutin cerita?
> Buat kerangka tulisan
Kerangka tulisan atau outline itu adalah garis-garis besar dari jalannya cerita yang ingin kita buat. For sure, outline itu penting banget. Mungkin di luar sana banyak penulis yang ngakunya bisa nulis tanpa outline--dengan kata lain outline disimpan di kepalanya dia. Tapi menurut aku nih ya, itu berlaku cuma buat penulis yang memang 100% dunianya teralihkan sama tulisan. Kalau buat kita, yang masih pontang-panting di real life, kayaknya terlalu munafik kalau bilang itu mungkin. Coba lengkapin outline kamu mulai sekarang. Tulis jalan awal, tengah, sampai tamatnya ceritamu di satu buku. Nggak perlu panjang lebar, garis besar untuk tiap chapter saja. Karena, waktu kita udah kelewat lama nggak nyentuh naskah, kita jadi nggak lupa sama fokus kita sebenarnya kemana. Hanya sebagai "jaga-jaga" dan itu nggak ada salahnya buat diselesain duluan. Apalagi itu akan menjadi hal yang perlu banget, agar tulisan kita nantinya memiliki arah dan target yang jelas. Jangan sampai naskah nuntut, terus tokoh-tokohnya ngambil gitar, dan nyanyi bareng lagu Armada "Mau dibawa ke mana hubungan kita" kan kasihan mereka:'D
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Materi Menulis BSWClub
Não FicçãoKumpulan materi kepenulisan dari awal grup terbentuk sampai sekarang dan seterusnya. Sebelumnya bernama: Jendela Kata Community Copyright © 2016 oleh BSWClub