03] Dampak Positif Dan Negatif Dari Bullying

206 20 0
                                    

Hallo, guys.

Gimana, kabarnya? Baik? Pasti baik lah.

Okey, pertama! Gue bakal singgung lagi masalah bully. Emang sih, kalau kita udah bahas masalah bully, sampai lebaran monyet pun nggak bakal selesai. Kenapa? Karena bully itu bisa di lakukan secara nggak sadar oleh kita. Dan gue yakin banget, di antara kalian semua PASTI! Pernah melakukan tindakan bullying secara nggak sadar.

Pasti kalian pernah manggil temen kalian, dengan panggilan yang aneh, kaya misalnya manggil nggak sesuai namanya.

"Eh, nyet! Sini lu nyet!"

Atau ...

"Ih, gendut. Dari mana aja lu gendut?"

Iya, kan! Pasti kalian pernah bikin nama temen kalian jadi bahan ejekan, atau bikin plesetan dari nama temen kalian. Nah! Hal ini kalian lakukan secara nggak sadar kan. Mengingat, temen yang kalian bully itu udah di anggap sahabat lah, temen Deket lah, sodara lah, dan lain sebagainya. Padahal secara nggak sadar kalian Telah nge-bully dia secara nggak langsung.

Emang sih, temen kalian itu nggak terganggu tapi secara diam-diam hati temen kalian itu sakit. Kalau misalnya hati mereka sakit. Who care? Nggak ada yang peduli. Karena soal hati cuma kita yang bisa atur. Cielah! Bijak banget gue. Wkwkw.

Jadi, TOLONG! Mulai sekarang jangan bully mereka secara nggak langsung, okey! *Mata melotot*

Dan berikut adalah dampak positif dan negatif tindakan bully ;

Dampak Negatif Tindakan BULLY

•) Munculnya berbagai masalah mental seperti depresi, kegelisahan dan masalah tidur (lihat grafik di atas).

•) Masalah ini mungkin akan terbawa hingga dewasa.

•) Keluhan kesehatan fisik, seperti sakit kepala, sakit perut dan ketegangan otot (lihat grafik di atas).

•) Rasa tidak aman saat berada di lingkungan sekolah.

•) Penurunan semangat belajar dan prestasi akademis.

•) Dalam kasus yang cukup langka, anak-anak korban bullying mungkin akan menunjukkan sifat kekerasan.

SEE?! Dampaknya serem banget kan! Huft ...

Dampak Positif Tindakan BULLY

•) Lebih kuat dan tegar dalam menghadapi suatu masalah.

•) Termotivasi untuk menunjukkan potensi mereka agar tidak lagi direndahkan.

•) Terdorong untuk berintrospeksi diri.

Walaupun, ada dampak positif nya, tapi hal itu tetap nggak bisa memberi mu HAK! Untuk nge-bully mereka. Ngerti?! Jadi, gue harap LO" semua yang suka nge-bully berhenti! Sekarang juga!

***

Huft ... Capek banget ngetiknya, sampai keriting nih jari. Wkwkw. Seperti biasa, semoga bermanfaat cahpter ini. Oke!

Jangan lupa vote PLEASE! *Mata keluar* dan juga COMMENT! Kalian mau bahas apa lagi di chapter berikutnya. Okey.

Gue Gina, bye. 😚

Sen, 09 Oktober.

ALL About Zaman Now (INTERVIEW Penulis Lain)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang