Tibanya di semester 2 berarti dua tahun sudah kita sama-sama jalani cinta beda agama ini. Kita sudah yakin dan sama-sama ingin bersatu. Namun dapatkah kita bersatu atas nama Tuhan suatu saat nanti?
Jawabannya adalah Tidak! Sampai kapanpun Islam takkan pernah bersatu dengan Kristen. Itu sudah jelas, Layaknya Palestina dan Israel. Begitulah gambaran umat Islam dan Kristen di dunia.
Sampai kapanpu takkan bisa bersatu, takkan bisa....Tomat hanyalah kenangan, kenangan bersamanya selama 2 tahun takkan hilang dari otak ini sampai Tuhan mengambilnya kembali. Suka duka yang telah kita alami, hujan yang dia terpa hanya dengan selembar rompi tipis karena seusai bertanding demi menjemput gue yang terjebak banjir tengah malam dirumah salah satu teman gue, Uang jajan nya yang rela dia tabung dan simpan cuma buat beliin gue boneka ungu, Uang jajan yang rela dia kasih ke gue cuma buat service handphone yang gue banting cuma karena gue kesel, Surprice-surprice kecil yang coba dia berikan saat hari ulang tahun gue, ataupun annive kita, Uang hasil arisan yang digunakan untuk keperluan pribadi gue dan yang ga terlupakan sampai saat ini adalah saat dia memberikan gue surat cinta menggunakan huruf steno(huruf rahasia yang digunakan sekeretaris) tidak akan pernah hilang dari ingatan gue. Gimana ekspresi lucu dan khawatirnya untuk membuat gue tertawa saat ngambek akan selalu disini, dihati dan diotakku.
[Mengapa kita berbeda?
Mengapa ada banyak agama di di dunia jika Tuhan itu memang hanya satu??
Mengapa sepasang cinta yang tulus tak bisa bersatu hanya karena agama??
Bukankah Engkau penuh kasih??
Namun mengapa kasih itu menjadi hambar dan kosong hanya karena perbedaan agama??Akupun tak mau terjebak dalam masalalu, dan akupun tak ingin menghadapi masa depan tanpamu..
Tuhan, apakah yang sudah dipersatukan oleh cinta dapat dipisahkan oleh agama??
Bukankah Engkau penuh cinta dan kasih?
Jika memang Engkau mengatur jodoh tiap umat-umatMu, mengapa harus kau atur dia ada di skenario hidupku, padahal Kau tahu kita berbeda..
Bukankah Ismail dan Ishak berasal dari Ayah yang sama, lalu mengapa keturunannya berbeda??
Lalu salah siapa?
Salah siapa Tuhan??
Bukankah Engkau Esa??Maafkan aku Tuhan,
Sempat memberontak rencanaMu, berusaha mencocokkan keinginan ku dengan RencanaMu yang Agung..
Kau telah terlalu baik, menjagaNya sehingga aku bisa melihatnya hingga saat ini..
Jaga dia selalu untukku Tuhan, satukan kami di Surga Mu nanti..
Aku sayang dia..]