Di dalam kisah kehidupan, janganlah engkau lalui dengan berlari, berjalanlah. Karena hidup bukanlah tentang sebuah pelarian, tapi hidup itu tentang sebuah perjalanan.
Banyak orang berkata:
Jangan pernah menyianyiakan waktumu untuk mengingat apa yang telah kau perbuat, jangan lagi mengingat apa yang telah kau lepaskan, janganlah lagi kau menoleh kebelakang. Tetaplah bergerak, terus maju kedepan. karena hidup itu bergerak maju, bukan bergerak mundur.
Aku tidak sependapat dengan itu.Terkadang ada waktu dimana kita perlu kembali menoleh kebelakang, bukan untuk mengulang apa yang telah lalu. Jikalau kita mengulang semuanya, bukan tidak mungkin nanti kita akan melakukan kesalahan yang sama dan berakhir sama pula.
Tapi kita menoleh kebelakang untuk kembali melihat dan merenungkan kesalahan yang telah kita perbuat. Dan menjadikan itu sebuah pelajaran agar kita tidak lagi mengulang kesalahan yang sama di masa mendatang.Jangan pernah sekali-kali kau memiliki keinginan untuk kembali mengulang perjalanan yang telah kau ciptakan. Jangan pernah kau berfikir ingin lagi memulai nya dari awal.
Jangan!
Ibarat sebuah kisah, sebuah cerita. Ketika kau telah membuat sebuah cerita dan kau melakukan kesalahan. Jangan kau tulis cerita itu dari awal lagi. Coba kau teruskan cerita yang kau buat tadi tanpa harus melupakan kesalahan yang telah kau lakukan. Biarkan itu sebagai cambuk bagi dirimu sendiri, agar kau tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kali.