Prolog

69 6 2
                                    

Gue berjalan menyusuri koridor sekolah yang bisa dibilang cukup ramai, orang-orang berdesakan mengambil buku di loker, anak-anak cowok berlari-larian, yang cewek sibuk menggosip sambil duduk di lantai yang entah sudah berapa lama tidak di pel. Sapaan yang saling ditukar terdengar oleh telinga gue. Mengeratkan buku yang ada tangan, gue berjalan lebih cepat.

Bersyukur karena gue invisible di mata orang-orang. Seorang cewek anti sosial berkacamata tebal, tapi tetap aja, bokap gue bilang gue itu cewek paling cantik kedua setelah nyokap. Bodohnya gue mempercayai apa yang beliau omongin, walaupun semua bokap-bokap di dunia juga bilangnya gitu.

Gue udah mikir, nanti di rumah gue bakal tidur mampus sampe besok pagi, selain karena tugas yang gak begitu numpuk dan deadline masih jauh, gue juga gak ada kerjaan. Biasanya gue bakal nonton YouTube di kamar sampe pagi, cuma gue mau merawat mata gue supaya minus gak nambah, tapi selalu aja sepik.

Derap kaki terdengar di belakang gue persis, bikin gue was-was. Puncak kekhawatiran gue berakhir saat ada tangan kekar yang melingkari leher gue dan seorang cowok jalan berdampingan sama gue. Sial. Bener aja semua cewek tatapannya ke gue, mereka cengengesan ada juga yang menatap gue iri. Tetapi yah, mungkin kejadian ini sudah terkenal satu sekolah dan sudah sering sekali terjadi. Rello sialan.

"Lavaaa! Love you," ucap dia tiba-tiba. Gue memutar mata malas dan menepis tangannya. Lalu berjalan melewati dia.

"Jangan tinggalin aku dong!" rengeknya di belakang gue. Dia Rello, seorang cowok yang otaknya sudah miring. Semenjak masuk SMA, dia mulai dekat-dekat sama gue, bahkan dari mos saja dia udah berani-beraninya ngerangkul gue. Mungkin itu kurang sinting, lebih sintingnya dia setiap hari ngintilin kemanapun gue pergi, gak ada bosen-bosennya. Dan yang tersinting, dia cinta sama gue, gue gak mengkonklusikan itu sendiri, dia sering nyatain itu lewat 'love you(s)' nya yang gak bercanda.

Gue heran, kenapa ada cowok yang suka sama cewek macem gue ini? Gue cantik? Gak. Badan gue bagus? Gak, gue sering ngemil sambil nonton YouTube jam 2 pagi. Tinggi badan gue ideal? Haha, dibandingin sama Rello yang hampir tiap hari nge-gym tuh udah kaya tiang listrik sama pisang berjalan. Mungkin ini salah satu sebabnya dia suka banget ngerangkul gue. Awal-awal dia ngerangkul gue, dia gue maki abis-abisan. Tapi itu gak ngebuat dia jera. Justru malah dia makin suka ngerangkul gue dan bikin gue kesal karena sifat isengnya yang bikin gue pusing. Akhirnya belakangan ini gue udah pasrah kalo dirangkul, tapi gue juga gak capek buat nepis tangannya yang dipastiin 100% bakalan bertengger manis lagi di leher gue setelah gue tepis.

"Aku anterin pulang yah, Lava," ucapnya melas. Mukanya yang ganteng itu menjadi sangat imut dan minta di cubit. Coba aja dia gak ngedeketin gue dan nunjukin seberapa ngeselinnya dia, mungkin pandangan gue ke dia akan berubah.

"Gak," tolak gue mentah-mentah. Karena sudah keseringan di tolak sama gue, dia menghiraukan itu. Dia gak takut sama gue.

"Temenin aku makan bentar, dong. Beneran abis itu aku gak gangguin kamu buat seharian ini!"

Tawaran yang cukup menarik. Biasanya dia bakal gangguin gue, sekedar ke rumah gue buat nganterin martabak yang super enak. Tadinya gue mau makan banyak pas dia pulang, sialnya nyokap sama bokap gue justru ngajak dia makan bareng di dalam. Gue jadi harus jaga image dan makan sedikit. Berakhir dengan dia ngobrol sampe ketawa-ketawa sama orang tua gue, gue dikacangin. Kadang diajak ngomong juga gue cuma nimpalin sedikit, fokus ke martabak dan ambil banyak selagi pada gak ngeliatin gue.

Selain itu, dia juga selalu menuhin notif LINE gue yang biasanya selalu gue matiin notifikasi dia, di hari berikutnya dia nodong hape gue dan nyalain notif dia. Semenjak itu terpaksa gue harus nyalain terus dan bales dia dengan ogah-ogahan karena gak mau hape gue dipegang-pegang lagi sama dia, bisa gak suci.

"Dimana?" tanya gue.

"Di kantin, yuk!" dia cepat-cepat memutar tubuh gue yang Rello rangkul lagi ke arah sebaliknya kita berjalan tadi, karena kantin ada di dalam sekolah. Gue langsung berhenti, membuat dia berhenti juga dan menatap gue bingung, "Janji gak gangguin gue sampe besok?" tanya gue.

Dia terkekeh dan mengacak rambut gue gemas, "Iya, sayang. Janji,"

"Gak ada sayang-sayangan, gila," omel gue dan berjalan melewati dia ke kantin. Meskipun masih nggak percaya kalo dia gak bakal gangguin gue sampe besok, gue tetep aja nurut ke kantin. Ga boong, gue juga laper sedikit, dan ini waktunya gue manfaatin dia buat jajanin gue. Jahat? Bodo. Salah dia ngajakin gue ke kantin, kan?

Gue duduk di salah satu bangku di pojokan kantin, biar terhindar dari keramaian. Gak ada maksud lain lagi. Rello berlari kecil ke arah gue, yang buat dia keliatan kocak.

"Wow, kamu demennya main di pojokan ya? Oke," ujarnya salah sangka. Sial! Harusnya gue tau kalo Rello itu mesum, sering banget dia nanya ke gue pembalut itu ditempelnya dimana, katanya dia sering ngeliat pembalut di kamar mandi yang dia pake bareng sama kakaknya. Emang, dia kan sinting. Gue gabakal jawab lah! Gue juga pasti tau dia itu udah tau fungsi dan letak pembalut, huh.

"Serah lo," ucap gue malas. Dia terkekeh dan nyubit pipi gue. Apa sih yang sebenernya bikin dia cinta mati sama gue? Karena gue anti sosial yang dia pikir bakal gampang dia dapetin? Tapi kalau dipikir-pikir gue gak se anti sosial itu kok, gue masih punya sahabat. Tapi dia lagi rapat jurnalis hari ini pulang sekolah. Tetep aja sih kalo dibandingin sama Rello, gue masih jauh anti sosial di bawah dia, dia punya temen banyak, punya fans banyak, dia gak ekskul basket atau futsal seperti kebanyakan cowok-cowok kece lainnya. Dia lebih tertarik untuk buat otot dan dia mau bikin abs, katanya biar bisa di elus-elus sama gue. Rello gila. Gue gak bakal mau lah! Selama ini gue gak pernah nyentuh dia, dia yang selalu nyentuh gue. Bukan nyentuh ngapa-ngapain, paling cuma gandeng tangan, atau cuma ngerangkul. Ternyata dia masih tau batas, dia gak sepenuhnya gila. Dia gak pernah nyium gue atau pegang-pegang tubuh gue, dia gapernah meluk gue karena gue pernah bilang 'meluk orang yang gak mau dipeluk itu gak sopan' saat dia mau meluk gue karena gemas.

Setidaknya Rello masih tau sopan santun.

Gue sadar, gue gak tau apa-apa tentang dia. Selain karena gue gak pernah mau nanya karena gengsi, juga karena setiap bertemu selalu saja Rello yang banyak omong. Gue cuma diam, gimana mungkin mau nanya. Misalnya saat Rello bercerita kucingnya hamil pas kabur dari rumah, gue gak mungkin tiba-tiba nanya kan nama nyokap atau bokapnya siapa? Huh. Meskipun sedikit penasaran, tapi gue harus tetep jaga image, jangan bikin orang mikir kalo gue ini gampangan yang mau-mau aja diapa-apain sama Rello. Tapi sebenernya Rello gapernah ngapa-ngapain gue juga, sih.

"Kamu mau makan apa? Aku pesenin, eh, aku traktir, deh," ucapnya yang bikin gue senyum kecil terus dia buru-buru histeris, "Yaampun, Lava! Kalo di traktir buat kamu senyum sih, aku rela nraktir kamu tiap hari!" Ucapan itu bikin gue ngilangin senyum gue sebelum dia semakin gila dan berdecak kesal, "Samain kaya lo, deh. Yang enak ya!" perintah gue.

"Siap, bos!"

***

LavarelloTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang