Beberapa bulan dari kejadian itu viola sedikit demi sedikit berubah dia menyerahkan semuanya pada Allah dia tak lagi memandang fauzan jika bertemu atau pelajaran yang di isi fauzan berlangsung. Dia hanya menyebut nama fauzan dalam sujud panjang nya di sepertiga malam,dia meminta yang terbaik kepada Allah . Dia sudah berubah menjadi viola yang sabar, kalem, dan menjaga pandangan.
Fauzan sudah wisuda dan lulus dengan nilai terbaik. Sekarang kesibukannya menjadi dokter di salah satu rumah sakir besar di kota itu, dan sekali-kali dia mengajar dinia malam.
Fauzan prof:
Sudah beberapa hari ini aku perhatikan viola kok seperti berubah, dia yang dulu sering memandangku dengan tatapan memuja akhir-akhir ini dia tidak lagi seperti itu, aku jadi sedikt bingung tapi aku bersyukur mungkin dia sudah paham cara menjaga pandangan. Aku berencan akan segera menghitbah Zahra setelah semua urusan ku dipesantren dan rrumah sakit beres
Autor prof;
Pagi yang cera fauzan melakukan aktifitas sarapan bersama abah dan ummi nya. "fauzan gimana pekerjaan mu di ruma sakt le?" Tanya kiayi yusuf. " Alhamdulillah bah lancer" jawab fauzan. " le ada yang ingin abah bicarakan kamu nanti malam ada waktu?." " insyaallah bakda isya fauzan bisa bah,." " ya sudah nanti habis isyak kita bicara" kata kiayi yusuf, sebenarnya fauzan penasaran dengan apa yang ingin disampaikan abah nya dia ingin bertanya tapi dia urungkan mengingat jam sudah menunjukkan angka 7, dia tidak mau terlambat ke ruma sakit. " abah umi fauzan berangkat dulu, assalamualaiku" " waalaikum salam" jawab ayah dan umi nya bersamaan.
Di asrama viola sedang bersaiap-siap berangkat kulia dia adajam kulia pagi. " sal uda belum, natitelat lo" kata viola yang menunggu sahabatnya yangtenga membereskan buku yang akan dibawa, " iya ayo berangkat" merekapun berangkat kuliah bersama. "eeh betar de hp ku bunyi ni" viola langsung mengambil hp nya dan di lihat nomer yang tidak di kenal menghubungi nya. " assalamualaikum" kata viola " waalaikum salam, viola kamu kemana aja." Kata orang di sebrang sana, viola yangbingung balik bertanya. "iyabenar aku viola ini siapa ya?" "masak udah lupa sama aku,,, ini aku adam.." kata orang sebrang sana, viola langsung menghentikan langkah nya." Oow maaf ya dam aku lagi ada kuliah ni kapan-kapan kita sambunglagi, assalamualaikum" kata viola segara memasukkan hp nya kedalam tas dan melanjutkan langkah nya. 'kenapa kamu harus muncul lagi di saat aku telah melupakan mu dam' kata viola dalam hati.
Flassback on;
Viola sedang dudu di taman sekolah masi di temani dengan buku dia suka banget membaca apapu itu jenis buku nya, tidak heran kalau dia sangat pandai dalam segala bidang pelajaran. " vio,, kamu disini ternyata." Kata serang anak yang sudah duduk disamping nya. "adam,,, ada apa dam ?." kata viola sambil tersenyum manis kearah laki-laki yang di panggil adam itu. " enggak ada apa-apa aku cumakangen aja sama kamu." Katanya santai , tidak tau kah dia efek dari ucapan nya itu. Viola langsung menunduk kan kepalanya karena merasa malu dan dia merasakan pipinya panas dan memerah. Maklum viola sudah sangat lama memendam rasa kepada adam, sudah sejak kelas 10 dia sering memperhatikan adam diam-diam saat dikelas. "kamu ada-ada aja si dam." Katanya masi sambil menunduk, hati nya ber bunga-bunga. " vi,,, kamu ada waktu gak nanti istirahat ?" Tanya adam . "emm,,, emang kenapa?" Tanya viola penasaran. "ada yang ingin aku omongin,, bisa?" " oooh iya bisa" " aku tunggu di kantin ya." "ok" kata viola sambil menutup buku dan berjalan menuju kelas.
Bel istirahat berbunyi viola bergeges menuju kantin, dia gak sabar bertemu adam. "hei dam". Sapa viola. "hey vi,,, duduk,,, aku udamesenin ni bakso kesukaan mu." Mereka menikmati makanan bersama, setelah selesai barulah adam membuka suara. "viola,, langsung aja ya," adam member jedah sebentar. "sebenarnya aku sudah tau sejak lama kalau kamu menyukai ku dan sering memparhatikan aku diam-diam." Kata adam sambil menatap viola, yang di tatap terlihat bingung dan kaget karena adam bisa tau. " sebenarnya aku sudah punya pacar, dan dia sangat pencemburu, dia sering melihat mu diam-diam memperhatikan ku, dia sangat marah dan dia mengira antara kita ada hubungan yang istimewa, aku sudah berkali-kali mengatakan padanga kalau aku tidah ada hubungan apa-apa dengan mu tapi dia tidak percaya, kita sering bertengkar gara-gara masalah ini." Kata adam panjang lebar. Viola hanya diam menyimak kelamjutan perkataan adam. " jadi aku harap kamu tidak melakukan itu lagi mulai hari ini, aku mohon lupakanlah aku, aku yakin cewek secantik dan sepintar kamu pasti banyak banget yang suka." Kata adam, " ooh maaf kalau selama ini perbuatan ku membuat kalian gak nyaman, kau minta maaf, uda ya aku balik dulu ke kelas, terima kasi bakso nya." Kata viola sambil berdiri dan berjalan cepat meninggal kan kanti tanpa mendengar tanggapan adam. Viola benar-benar merasa malu dan bodoh, mengpa dia haru jatu cinta pada orang yang sama sekali tidak mengharap kan nya.
Mulai hari itu dia mengubur dalam-dalam perasaan nya untuk adam. Bahkan dia sengaja menghindari berpapasan dan berbicara dengan adam dia terlanjur malu.
Flassback off
KAMU SEDANG MEMBACA
MENDAMBAMU HANYA SEBATAS DO'A
Spiritualkisa hijrah viola dan bagiamana dia menemukan cintanya, apakah viola mampu bersabar menunggu cinta dari suaminya?