Hai. Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh Ukhty Soleha :-D .
Apa kabar? Semoga kita tetap dalam keadan fitrah dan sehat walafiat. Amin.
Jamaah.. Oi .. Jamaah .. Ustadzah nongol lagi nih :-P
Inget! Cuman Ustadzah kw . Kwkkwkw :-D
Baiklah Ukhty soleha, kemarin kita telah membahas pengertian tentang muslimah.
Masih inget nggak?
Oke, aku kasih pengertian lagi. Muslimah sejati adalah, salah satu wanita solehah yg senantiasa beriman pada Allah, berakhlak mulia, pandai menjaga kehormatannya, takut mengerjakan dosa, dan memperhatikan kecantikannya namun semata-mata hanya untuk suaminya saja.
Na'am! Aku sekarang akan menjelaskan apa saja sih ciri-ciri? Atau karakteristik? Atau langkah-langkah menjadi Muslimah sejati seperti yang kita idam-idamkan?
Walaupun kayaknya, rata-rata Muslimah pasti sudah tahu!!
Cuman iya... Aku sudah kehabisan bahan ceramah.
Oke mohon abaikan.Berikut penjelasannya Ukhty :
1. Beriman dan bertakwa pada Allah.
Beriman.
Beriman adalah percaya, yakin, mengakui, serta mengamalkan seluruh ajaran atau perkara-perkara yg ada di dalam Islam.Atau, kata mudahnya nih!!
Menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.
Seperti firman Allah dalam QS. An-Nisa': 34
Artinya: "Maka wanita yg solihah adalah yg taat, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, dikarenakan Allah telah menjaga mereka".
2. Senantiasa menutup aurat.
Hal ini adalah yg sangat penting dan wajib !!
Karena, muslimah jaman now masih banyak yg melalaikan.
Eh, aku sudah pakai jilbab nih! Berarti sudah menutup aurat lho ya!
Kamu masih salah. Memang kamu memakai jilbab, tapi lihat! Celanamu masih jeans, sempit lagi, sampai pahanmu berteriak 'minta tolong'. Jilbabmu masih transparan, kadang-kadang tak menutupi dada. Sehingga lekuk tubuh masih ada. Sehingga belum dikatakan menutup aurat.Jadi... Hijrah itu harus 'kaffah' total. Jangan setengah-setengah, jangan itung-itungan. Nanti Allah kasih nafas setengah, baru tahu rasa lho!!
Kalau udah berniat berhijab, pakaiannya harus longgar, tak memperlihatkan bentuk tubuh iya!!Aku punya cerita!
Suatu hari Rasulullah pernah menegur Asma binti Abu Bakar ra. ketika Beliau datang kerumah nabi dan menggunakan busana yg agak tipis. Rasulullah seketika memalingkan muka, dan berkata. "Wahai Asma! Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (Beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan)". [HR. Abu Dawud dan Al-Baihaqi]
3. Menjaga lisan.
Nah ini nih, yg paling sulit teruntuk kaum Hawa.
Entah itu, ghibah, menyombongkan diri, menghina, mencaci, dan lain-lain.
Jadi, mohon Ukhty memperhatikan betul ucapan!
Karena mulutmu jalan surgamu.Mulut dapat membawa 2 pilihan.
1) Kebaikan. Jika sanantiasa saling menasehati satu sama lain, berdakwah ,dll.2) Keburukan. Ghibah, ngomong kotor, menghina , dll
Ini nih yg paling bahaya!
Ukhty, menjaga lisan juga sangat penting, karena semua nantinya kelak akan dimintai pertanggung jawaban sesuai dengan cara kita mengontrol , memenejemenkan dan mengatur tentang ucapan-ucapan lisan. Jadi berkata baik atau diamlah!!"Sesungguhnya seorang hamba yg mengucapkan suatu perkataan yg tidak difikirkan apa dampak-dampaknya, maka akan membuatnya terjerumus ke dalam neraka yg dalamnya lebih jauh dari jarak Timur dengan Barat". [At-Tirmudzi].
Pembahasannya masih masih panjang, tapi kita sambung besok ya!! Insyaalah. Mata udah 0,5 watt :-D