TERUNTUK KALIAN YANG DEPRESI :)

1K 153 99
                                    

Bagi kamu yang didiagnosis menderitanya, artikel ini mungkin bisa menggambarkan seperseribu dari apa yang kamu rasakan. Bagi kamu yang tidak pernah mengalaminya, ini mungkin akan membuatmu lebih memahami perjuangan para penderitanya. Siapapun kamu, semoga artikel ini bisa membantu!

1. Penderita depresi juga bisa punya masa kecil yang “normal”

Mereka bukan orang yang kepalanya kepentok waktu bayi.

2. Banyak juga, kok, yang besar di keluarga harmonis.

Mungkin ada dari kita yang selama ini mengira bahwa para penderita depresi pasti tumbuh di keluarga tak harmonis, atau dibesarkan oleh orang tua yang kejam dan kurang perhatian. Tapi, seseorang juga bisa menderita depresi walaupun keluarganya “sempurna”. Seorang penderita depresi juga bisa punya ayah dokter, yang pintar, baik hati, lembut, dan penolong. Seorang penderita depresi juga bisa berasal dari keluarga yang berkecukupan, baik secara ekonomi maupun spiritual.

Kedekatan batin dengan ayah dan ibu akan sangat mendukung kesehatan mental seseorang. Hal itu tidak serta-merta membuatnya kebal dari depresi.

3. Mereka berprestasi di sekolah.

4. Saat sudah dewasa, mereka bisa kerja di tempat oke…

Mereka bisa meniti karir sampai jenjang yang begitu tinggi.

Depresi di tempat kerja adalah hal yang umum. Apalagi, stres akibat pekerjaan juga bisa menjadi penyebab depresi seseorang. Memang benar, orang yang menderita depresi akan menemui tantangan ekstra dalam kehidupannya sehari-hari. Namun, menderita depresi bukan berarti seseorang berhenti menjadi cerdas, visioner, atau pekerja keras.

5. Mereka bisa sangat mapan — atau bahkan terkenal.

 Mereka bisa sangat mapan — atau bahkan terkenal

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

6. Mereka pun mampu punya hubungan cinta yang tulus dan menyenangkan.

Mereka juga bisa mencintai seseorang. Sebagaimana manusia pada umumnya, orang yang depresi juga punya kapasitas untuk mencintai. Mereka pun bisa merasa bahagia karena dicintai.

Seseorang yang depresi juga bisa senang mendengarmu memuji rambutnya atau wangi tubuhnya. Ketika dia mencintaimu, seseorang yang depresi pun akan berusaha membuatmu bahagia.

7. Jadi, kenapa mereka depresi?

Kenapa seseorang bisa depresi?

Banyak yang bilang bahwa penyebab depresi adalah ketidakseimbangan kimia dalam otak. Tapi, sebagaimana dijelaskan Harvard Medical School, realitasnya lebih kompleks daripada itu.

Rentan-tidaknya seseorang terhadap depresi banyak ditentukan oleh cara pandangnya terhadap hidup, bagaimana ia menangani masalah, serta gen dalam tubuhnya. Trauma masa kecil (tidak selalu hal-hal dramatis seperti perceraian orang tua — bisa juga trauma pada orang tua yang memarahi dengan kasar dan menyalah-nyalahkan) juga bisa menyebabkan seseorang lebih rentan terhadap depresi. Selain itu, depresi juga bisa terjadi pada penderita penyakit kanker, Parkinson, Alzheimer, lupus, dan kelainan hormon endokrin.

Picsart TutorialTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang