BAB I : Alkisah (Random Story of Candrilla)

329 5 1
                                    

Part 1
Candrilla Absurd

"Ma, Candrilla bunuh diri aja?" gue ngomong dengan mimik keseriusan  dengan tekad bulat yang udah gue siapin jauh-jauh hari.

Ntah darimana kekuatan omongan itu berasal. Mungkin setan telah merasuki kediaman gue. Dengan entengnya ucapan tabu keluar dari mulut gue yang mungil nan tipis ini. Gak lah. Niat ini uda lama bersemayam di hati sanubari gue. Tersimpan kokoh di memori otak gue. Cuma belum berani gue lakuin aja. Nyali gue ciut. Gue pikir gue beneran nekad.

"Ada² aja kamu?"mama cuma nanggapi dengan muka biasa aja. Datar.

"Candrilla serius ma. Kan kalo Candrilla mati masalah kita bakalan selesai dikit-dikit. Mama tinggal ngeyelesaikan sisanya itupun gak banyak kan. Kan kalo Candrilla mati juga bakalan dapat uang sumbangan. Mama bebas, kita gak terus²an berantem kayak gini" mengalir sempurna tanpa cela ungkapan hati yang sekian lama terpendam. Gue lelah berada di posisi begini. Selalu begini. Setiap ada masalah, pasti gue jadi tumbal. Gue jadi pelampiasan amarah. Mau sampai kapan begini.
Nyokap gue cuma terdiam ntah karna berpikir ide gila gue ini ada benarnya juga  atau karna gak setuju sama omongan gue barusan. Gue bicara apa adanya. Cuma itu jalan keluar yang gue punya. Gue uda mati beka. Kalo aja Tuhan ngejatuhin duit segoni isi 30kg tapi jangan receh ya. Makmur sentosa. Gue gak bakalan sepusing saat ini.

"Toh kalian juga gak bakalan sedih kalo Candrilla mati!"mama hanya berlalu meninggalkan gue ke dapur. Bukan sekali dua kali memang gue  rapalkan kata² sakti itu. Tapi gak ada gubrisan. Gue harus gimana?

Bunuh diri. Solusi yang menurut gue bisa nyelesaikan masalah. Tapi begitu banyak kesempatan yang ada, kenapa gak pernah terjadi. Hati, logika dan perbuatan rasanya gak seikatan. Ada tarik menarik, ulur-mengulur. Pergulatan batin.

Gue pernah bilang niatan gue ke adik kecil gue.
"Kalo kakak mati kamu senang gak?"
"Kakak jadi hantu donk? Jelek ihh serem. Tapi keren, kakak bisa terbang donk. Ajak aku nanti ya kak. "

Ggrrr.. 
Ngomong sama anak kecil emang payah. Bukannya nemu solusi malah minta ikutan. Baim harus apa Ya Allah? Ehh bukan. Candrilla harus apa Ya Allah? Bukan sekali dua kali hidup gue dirundung masalah tapi sering. Selama ini gue bisa ngatasinya sendiri. Tapi kali ini gue bener² uda gak bisa. Gue gak sanggup. Banyak hal yang uda gue korbanin buat nyelesaikan masalah terdahulu. Bukan gue gak ikhlas. Rasanya saat terpuruk begini dan gak ada yang bisa bantuin loe, apa yang loe rasain. Dimana yang katanya sodara? Dimana yang katanya teman atau sahabat? Halah omong kosong.

Kalian mungkin berpikir masalah gue mungkin biasa aja. Masalah sepele. Permasalahan rumah tangga biasa. Masalah keluarga. Tapi kalian gak tau gimana berusahanya gue biar bisa tetep kuat kayak sekarang ini. Manusia emang harusnya gak punya batas kesabaran. Gue cuma lelah. Jenuh sama tiap kenyataan yang harus gue hadapi. Orang² yang gue harapin bisa nguatin gue ternyata sama sekali gak bisa diandelin. Apa yang kalian rasain kalo kalian ngomong tapi mereka malah bilang. "Gak mau tau. Sudah cukup!" sakit hati gak? Kesal gak? Kecewa gak? Padahal selama ini kalian juga berjuang demi mereka. Sampe apapun yang kalian punya kalian korbankan. Miris.

♠♠♠♠♠

Alunan nada dering dari smartphone yang cuma tinggal satu-satunya harta gue miliki berbunyi, menggema memenuhi ruang kamar. Dengan rasa malas gue dekati benda kecil mirip sabun batangan. Gue lagi badmood.

"Assalamualaikum" dengan sedikit terisak gue masih ingat ngucapin salam..
"Hmm". Jawab suara di seberang sana. Gue lagi gak pengen bercanda. Tapi untungnya gue cepat sadar sama kesalahan gue.

"Assalamualaikum yank" gue ulangi salam gue. Pacar gue sensitif kayak kulit bayi. Hatinya terlalu tipis untuk dinodai dengan sedikit kekurangan kata tanpa yank. Yang tadinya dia goodmood bakalan jadi unmood. Gak peduli gue lagi nangis, salto-salto, guling-guling, teriakan, bahagia atau gimanapun kata sakral itu gak boleh dilupakan untuk diucapkan. Lagi marahan aja gue mesti pake kata itu kok. Yank. Sayang. Yang yang yang pala loe peyang.

Bunuh Diri!? Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang