Sering banget ada yang nanya soal cara mengatasi rasa malas untuk menyelesaikan cerita. Kalo kata anak mobel lejen jawabannya EZ VROH, alias mudah. Lalu bagaimana caranya? Sini biar saya beberkan satu satu tipsnya.
1. Jalan jalan
Cobalah jalan jalan dengan pacar teman. Mungkin bisa membangkitkan inspirasi atau ide untuk menulis. Paling nggak kalo kamu gagal menulis cerita, kamu sudah sukses menulis riwayat buruk pertemanan, kalo ketahuan.
2. Nongkrong
Ide kadang bisa datang di tempat nongkrong. Coba perbanyak nongkrong di tempat baru seperti tempat pijat, tempat judi, atau tempat mabuk. Seenggaknya cerita itu bakal mengalir dengan sendirinya. Kalo bukan dari tulisanmu, tetanggamu siap bercerita dibelakangmu.
3. Berendam
Cobalah sesekali menulis di luar kebiasaan. Kalo biasanya kamu nulis sambil duduk atau tiduran, kamu bisa mencoba menulis sambil berendam. Biasanya dengan menulis di luar kebiasaan seperti ini, akan memberikanmu sebuah ide segar yang luar biasa. Contohnya : Hidup Seperti Eceng Gondok.
4. Bergunjing
Bergunjing atau bergosip adalah kegiatan yang biasa di lakukan emak emak rumpi atau bapak bapak kepo di sela kesibukan mereka. Kegiatan ini sebenernya memberi faedah tersendiri dalam sebuah penulisan. Seperti munculnya sebuah ide ide baru dari gunjingan tersebut. Kalopun nggak dapet ide baru, seenggaknya kamu bisa dapet musuh baru karena bergunjing.
5. Tidur
Tidur adalah hal paling aman buat dilakukan. Saya sendiri ketika menemukan kebuntuan dalam sebuah penulisan, maka saya akan segera tidur. Biasanya setelah tidur otak kembali segar. Dan setelah segar, biasanya lapar. Cobalah untuk mengisi perut. Dan biasanya kalo sudah kenyang, hawanya jadi ngantuk lagi. Dan begitu aja terus dan seterusnya.
Demikian beberapa tips mengatasi Writeblock yang sering mengganggu aktifitas menulis, menurut versi saya. Lalu bagaimana dengan kamu?
KAMU SEDANG MEMBACA
MENULIS DENGAN MUDAH
NonfiksiMenulis itu tidak susah, dan susah itu tidak menulis.. Yuk cari tau bagaimana mudahnya menulis dengan mudah..