AOA atau Ace of Angels adalah girband Korea yang bernaung dibawah label FNC Entertainment. AOA terdiri dari 7 + 1, yaitu Jimin, Choa, Yuna, Younkyung, Mina, Hyejeong, Seolhyun dan Chanmi. Khusus Youkyung, dia tergabung dalam sub-unit bernama AOA Black dan tidak tampil di grup utama. AOA mengawali debutnya pada tanggal 30 Juni 2012 dengan lagu ”Elvis” yang merupakan bagian dari single pertama Angels’ Story. Mereka pertama kali mempromosikan lagunya tersebut dipanggung M!Countdown, 9 Agustus 2012. Dua bulan kemudian, mereka merilis single kedua berjudul “Wanna Be”.
Cukup sukses dengan debutnya, akhirnya AOA membentuk sub-unit pertamanya dengan nama AOA Black yang berkonsep sebuah grup band. Sub-unit tersebut diisi oleh ChoA (Vokal, Gitar), Jimin (Leader, Rap, Gitar), Yuna (Vokal, Keyboard), Youkyung (Drum) dan Mina (Bass, Rap, Maknae). AOA Black mengawali debutnya pada tanggal 26 Juli 2013 dengan single perdana “”MOYA”. Usai mempromosikan sub-unitnya, AO comeback dengan single ke3 “Red Motion” pada tanggal 15 Oktober.
Pada tanggal 16 Januari 2014, mereka kembali dengan lagu terbarunya “Miniskirt”. Berkat lagu tersebut mereka meraih popularitas dan lagu tersebut berhasil menempati posisi pertama di panggung SBS Inkigayo pada 9 Februari. ini merupakan kemenangan pertama diprogram musik sejak debut pada tahun 2012. Sukses dengan konsep barunya, AOA akhirnya meluncurkan album mini pertama berjudul ‘Short Hair’ yang dirilis pada tanggal 19 Juni 2014. Sedangakan album mini kedua ‘Like a Cat’ rilis 5 bulan kemudian atau tepatnya tanggal 11 November. AOA juga memulai debutnya di Jepang dengan single “Miniskirt” pada tanggal 1 Oktober 2014.
AOA kembali mengeluarkan album mini ketiga berjudul ‘Heart Attack’. Album mini tersebut dirilis pada tanggal 22 Juni 2015 dengan konsep “Sporty”. Lagu tersebut berhasil menempati posisi pertama di MBC Show Champion, SBS The Show dan Music Core.
Pada awal tahun 2016, AOA akan segera comeback dn AOA Black juga akan mengeluarkan karya terbarunya. Namun, menjelang akhir bulan Januari, justru AOA membentuk sub-unit baru bernama AOA Cream dengan member Yuna, Hyejeng dan Chanmi. AOA Cream mengawali debutnya pada tanggal 12 Februari dengan lagu “I’m Jelly Baby”. Empat bulan kemudian atau tepatnya tanggal 16 Mei, AOA kembali meluncurkan album mini keempatnya berjudul ‘Good Luck’. Pada tanggal 15 Oktober 2016, Yookyung diketahui keluar dari agensi dan grup karena kontraknya sudah habis. Meskipun begitu Yookyung berkomitmen akan ikut membantu saat AOA Black comeback pada masa yang akan datang.
Sejak debut tahun 2012 lalu, AOA belum sekalipun merilis album penuh pertamanya. Setelah penantian 4 tahun lebih, akhirnya AOA meluncurkan album studio pertama berjudul ‘Angle’s Knock’. Album tersebut resmi dirilis pada tanggal 2 Januari 2017 dengan 2 lagu andalanya yaitu “Bing Bing” dan “Excuse Me”.
Nama Grup : AOA (에이오에이)
Label : FNC Entertainment
Jumlah Anggota : 7
Debut : 9 Agustus 2012
Lagu Debut : Elvis
Fanclub : ELVIS
Sub-unit :
AOA Black (2013)
AOA Cream (2016)Choa
KAMU SEDANG MEMBACA
Profil & Fakta member BB Dan GB
Casualek. popers Read! untuk menambah pengetahuan kamu tentang member GB Dan BB korea selatan