Chapter 8. Bagaimana Ketika Kamu Dilanda Rindu?

38 0 0
                                    

Rindu bisa menyerang siapa saja. Terlebih bagi mereka yang tengah jatuh cinta. Dua insan yang tengah dilanda cinta, dan terpisah oleh jarak, ruang dan waktu tentu menyebabkan kerinduan yang mendalam. Perasaan campur aduk yang kerap kali tak bisa dijelaskan dengan kata-kata ini, seolah tertahankan dan ingin segera bertemu dengan orang yang kita rindukan.

Tapi, tahukah kamu: Mengapa perasaan rindu itu bisa terjadi? Apa yang menyebabkan perasaan campur aduk ketika tengah merindukan seseorang?

Bagi kalian yang sering merindukan seseorang atau sedang dilanda rindu yang begitu berat, Berikut adalah penjelasan ilmiah -singkat tentang kerinduan yang kerap menyerangmu.

Rindu ibarat rasa yang bercampur aduk, yang terkadang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Mungkin, dihari pertama ketika kamu berpisah dengan orang yang kamu sayangi, kamu hanya merasakan sebatas rindu biasa. Namun, semakin lama dan semakin tidak bertemu kamu akan merasakan kerinduan yang amat dalam dan ingin segera bertemu.

Rasa rindu erat kaitannya dengan hormon dalam tubuh kita. Ketika seseorang tengah jatuh cinta, akan terjadi reaksi peningkatan hormon dopamine yang mempunyai pengaruh terhadap rasa sakit, hasrat dan bahagia. Sehingga ketika bersama dengan orang yang kita sayangi, akan timbul rasa bahagia. Produksi hormon dopamine ini juga dapat mempengaruhi produksi hormon serotonin yang mengendalikan tingkat stress, nafsu makan serta suasana hati. Inilah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit ketika berjauhan dengan orang yang kita sayangi.

Rasa rindu pada pasangan memang tidak bisa tergantikan oleh sahabat atau keluarga. Ketika seorang pria dan wanita tengah jatuh cinta, akan ada ikatan emosional yang berkaitan dengan hormon oksitosin. Hormon inilah yang menjadi kunci kesetiaan seorang pria. Ketika seorang pria tengah menjalin komitmen dengan pasangannya, maka ia akan menjaga jarak dengan wanita lain yang bukan pasangannya.

Itu alasannya kenapa saat rindu, solusi terbaik sebenarnya hanyalah bertemu lantas berpelukan dan ciuman (WARNING! Hanya boleh dilakukan bagi pasangan halal) dapat menjadi obat pereda rasa rindu. Mengapa? Dalam buku yang berjudul The Science of Kissing: What Our Lips Are Telling Us karya Sheril Kirshenbaum, mengungkapkan bahwa kedekatan fisik (pelukan atau ciuman) dapat memicu hormon cinta (serotonin, dopamine, oksitosin) pada taraf maksimal. Sehingga saat seseorang berpelukan atau berciuman dengan orang yang mereka rindukan akan sangat melegakan.

Eits, lalu ketika tidak bisa bertemu terhalang oleh jarak dan waktu bagaimana yang seharusnya kamu lakukan ketika rindu tengah melanda? Berikut saya paparkan beberapa cara meredakan rindu untukmu para pejuang LDR:

1. Saling Percaya

Sikap saling percaya harus dijadikan pondasi utama. Inilah modal kalian untuk bisa tetap bertahan dalam jangka waktu lama. Tak jauh beda dengan menjalani hubungan pada umumnya, landasan utama LDR adalah sikap saling percaya. Ya, kalian sangat memerlukan sikap ini ketika nanti jarak mulai menyusup masuk ke dalam hubungan kalian. Saling percaya merupakan pondasi utama di dalam hubungan yang harus dipunya. Tak perlu merasa cemas berlebihan, kalian hanya harus menaikkan porsi rasa saling percaya dengan menambahkan takarannya. Jika kalian sudah saling percaya, saat rasa rindu itupun tiba maka tidak aka nada rasa untuk melampiaskan ke orang lain. Tidak aka nada niat sedikitpun untuk selingkuh. Saling percaya juga menghindari pertengkaran-pertengkarean kecil akibat mencurigai pasangan atau karena cemburu saat keluar tidak memberi kabar.

2. Jaga Komunikasi

Jagalah komunikasi agar terus berjalan. Pasti akan ada saat-saat di mana komunikasi kalian terganggu, dan saat inilah rasa pengertian dibutuhkan. Hindarilah untuk memikirkan hal-hal negatif dan membuat kesimpulan lain yang aneh. Jangan mendasarakan panggilan yang tidak dijawab sebagai ukuran cinta pasanganmu untukmu. Cobalah untuk membangun rasa nyaman dan berbicaralah dengan nada positif saat kalian berbicara. Sehingga saat rindu, jarak tidak menjadi penghalang untuk melepas kerinduan kalian.

SEBELUM KAU HALAL BAGIKU ✏Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang