Sendok Yang Patah

402 26 0
                                    

Kenapa sendok di gelas berisi air terlihat bengkok?

Coba kalian taruh sendok di gelas yang di isi air, dan lihat sendok dari pandangan yang berbeda, kamu akan melihat gagang sendok terlihat bengkok atau patah saat masuk air, ambil lagi sendok itu dari gelas dan lihat apakah sendoknya bengkok, jadi apa yang terjadi disini?

Sendok terlihat bengkok karena, cahaya tidak selalu bergerak pada kecepatan yang sama, "tunggu sebentar, bukannya cahaya bergerak pada kecepatan yang konstan/tetap? (Teori dasar Einstein), well.. teori enstein di lakukan di sebuah vakum (ruang hampa udara), dimana kecepatan konstan cahaya disana sekitar 186,000 miles/second, sedangkan kita nelakukan percobaan di media yang berbeda, yaitu air.

 teori enstein di lakukan di sebuah vakum (ruang hampa udara), dimana kecepatan konstan cahaya disana sekitar 186,000 miles/second, sedangkan kita nelakukan percobaan di media yang berbeda, yaitu air

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Saat cahaya melewati material transparant seperti air, udara atau kaca, cahaya tidak bergerak pada kecepatan yang sama seperti di vakum.

Gagang sendok terlihat bengkok karena perubahan kecepatan cahaya diantara air dan udara, kamu bisa melihat sendok karena adanya pantulan sinar matahari dari permukaan air.

Confusing? sama author juga fusing.😂

Intinya jika sinar ini melalui udara ke air, cahaya bergerak pada kecepatan yang berbeda, jumlah kebengkok-an tergantung pada kecepatan cahaya yang melewati satu material ke material lainnya.

sudut dari perubahan cahaya yang melewati udara ke material transparan di sebut Refractife Index.

Confuse? Take a Tea for better reading🍵

Sains Jaman NowTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang